4 Cara Meningkatkan Performa Android (Anti Lemot) Tanpa Root

Cara meningkatkan performa Android - Memiliki perangkat Smartphone Android yang super cepat, anti lemot, anti ngelag, nyaman digunakan untuk browsing, untuk streaming, untuk main game online dan untuk aktivitas lainnya dengan Android tentu dambaan semua orang miskin seperti saya yang tidak mampu membeli Smartphone Android mahal dengan spesifikasi kelas dewa.

Bagi orang berduit, memiliki Android super cepat dan canggih bukan hal yang sulit, cukup membeli jenis android yang dibekali oleh processor handal dengan kapasitas RAM super besar, maka apapun akan bisa dilakukan dengan Android.

Beda dengan orang yang ekonominya kelas bawah seperti saya yang hanya mampu membeli Android murahan dengan spesifiksi pas-pasan. Jangankan untuk hal-hal yang extream, digunakan untuk browsing saja terkadang ngelag.

Tapi itu dulu bro, sekarang sudah gak zamannya pakai Android lemot sekalipun Android murahan, karena banyak sekali cara untuk meningkatkan performa Android. Seperti yang akan saya share kali ini yaitu cara meningkatkan kinerja atau performa Smartphone Android tanpa root dan tanpa aplikasi tambahan apapun.

Cara Meningkatkan Performa Android tanpa root

Pada dasarnya system linux yang merupakan system yang digunakan oleh Android tidak beda dengan windows. Ketika pertama kali di instal semua fitur-fitur didalamnya diseting dimode standart atau mode tengah-tengah, tidak begitu tinggi tidak juga begitu rendah, tujuannya agar Android tersebut bekerja sesuai dengan spesifikasi standartnya.

Nah apabila kita menginginkan system kerjanya lebih maksimal tentu perlu perlakuan khusus atau dengan kata lain perlu mentwiknya agar fokus pada performa saja bukan pada appearancenya.

Baca juga: 5 penyebab Smartphone Android lemot dan cara mengatasinya.

Dibawah ini adalah 4 cara untuk meningkatkan performa sebuah Smartphone Android tanpa root, tanpa aplikasi tambahan lainnya:

1. Aktifkan opsi pengembang atau menu developers

Ini merupakan langkah awal yang nantinya kita sebagai pemiliki Android akan berlaku seperti pengembang atau pembuat. Jadi kita bebas melakukan apa saja, merubah setingan dasar yang sudah ditetapkan oleh pengembang aslinya.

Walau tetap ada konsekuensi kalau salah dalam melakukan penyetingan maka Android kita bisa jadi error, walau nantinya tetap bisa kita kembalikan lagi kesetingan awalnya.

Bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang atau menu developers pada Android?

Caranya sebagai berikut:
  • Masuk kesetingan atau setelan
  • Ketuk pada About atau Tentang
  • Ketuk pada Informasi perangkat lunak
  • Ketuk sebanyak 7 sampai 8 kali pada Nomor Versi atau Nomor Bentukan.

Mungkin beda merk android akan ada sedikit perbedaan dalam mengaktifkan mode pengembang, yang jelas ketuk saja tiap tulisan yang ada di dalam fitur About beberapa kali sampai ada salah satunya yang menampilkan informasi sekian kali ketuk lagi Anda akan jadi pengembang.

2. Matikan atau perkecil skala animasi jendela, animasi transisi dan animasi animator

3 jenis skala animasi tersebut berfungsi untuk mempercantik gerakan saja, memang dengan aktifkan skala animasi setiap kali kita mengoperasikan menu di Android akan terlihat lebih cantik dan luwes. Namun, hal ini dapat memberatkan kerja dari RAM, atau akan mengambil RAM lebih banyak yang mestinya bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

Bagaimana cara memperkecil atau menonaktifkan skala animasi di andorid?

Caranya sebagai berikut:
  • Masuk ke setelan
  • Masuk ke opsi pengembang atau mode developers
  • Setelah berada di opsi pengembang gulir kebawah temukan 3 skala animasi yang dimaksud dan gunakan skala terkecil atau matikan saja sekalian. Pada defaultnya biasanya diseting di skala animasi x 1.

Setelah 3 jenis skala animasi tersebut diatur di skala paling kecil atau dinonaktifkan maka kita akan merasakan perbedaan saat membuka atau mengakses menu dan fitur-fitur diandroid, jadi lebih cepat namun terkesan kaku. Itu bukan masalah, justru RAM di android akan semakin banyak memiliki ruang cadangan.

3. Nonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Banyak pengguna Android yang tidak sadar kalau sebenarnya ketika Smartphone Android sedang tidak digunakan ada beberapa aplikasi yang aktif dan berjalan dilatar belakang. Selain menguras kinerja RAM juga bisa menguras kuota apabila aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet.

Bagaimana cara menoaktifkan aplikasi yang berjalan sendiri di latar belakang pada Android?

Caranya sebagai berikut:
  • Masuk ke setelan
  • Masuk ke opsi pengembang atau mode developers
  • Gulir kebawah cari tulisan Aplikasi yang tidak aktif
  • Akan tampil semua aplikasi yang aktif dan tidak aktif. Nah tugas kita adalah memilih semua aplikasi yang aktif dan menonaktifkannya apabila dianggap tidak perlu apalagi yang memang tidak pernah digunakan sama sekali tapi statusnya aktif.

Pasti setlah semua apliksi yang berjalan dilatar belakang dinonaktifan Anda akan merasakan perbedaan yang mencolok, Android akan terasa lebih ringan karena ruang RAM menjadi lebih besar.

4. Hapus aplikasi yang tidak penting

Hal ini yang paling sering diabaikan oleh hampir semua pengguna Android. Menginstal Aplikasi yang tidak penting baik secara disengaja atau tidak disengaja dan membiarkannya terinstal padahal aplikasi tersebut tidak penting bahkan sama sekali jarang digunakan.

Perlu diketahui semakin banyak aplikasi yang terinstal akan semakin memperkecil persedian RAM, walau ruang penyimpanan baik internal atau external masih banyak.

Untuk cara menghapus atau menguninstal aplikasi di Android saya rasa semua pengguna Android sudah tau, tapi agar penghapusan aplikasi-aplikasi tersebut benar-benar sempurna ada baiknya membaca artikel saya sebelumnya dibawah ini:

Demikian cara meningkatkan kinerja dan performa Smartphone Android yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER