Cara Sederhana Mengunci Sinyal EDGE 3G 4G di Android

Cara sederhana mengunci sinyal EDGE 3G 4G di Android - Berada di daerah yang miskin sinyal tentu bisa bikin pusing, selain komunikasi dan aktivitas yang memerlukan sinyal terganggu, juga bisa membuat Android cepat panas dan baterai Android jadi lebih cepat habis.

Sinyal yang tidak stabil (lemah) memang jadi kendala utama bagi para pengguna Android yang kesehariannya bergantung kepada sinyal untuk menjalankan aktivitasnya. Sinyal yang sebentar-sebentar berubah terkadang jadi EDGE, terkadang jadi 3G, terkadang jadi 4G akan membuat koneksi terputus-putus dan otomatis aktivitas pun menjadi terganggu.

Nah disini saya akan memberikan tips sederhana untuk mengunci sinyal di jaringan tertentu agar koneksi tetap lancar walau sinyal pas-pasan.

Cara mengunci sinyal di android

Pada defaultnya system penerimaan jaringan diseting di mode otomatis, sehingga akan berubah sendiri apabila menemukan sinyal jaringan yang dianggap paling kuat. Untuk mengatasinya kita harus mengunci sinyal dijaringan tertentu yang menurut kita paling kuat dan paling stabil.

Berikut cara mengunci sinyal di Android EDGE, 3G dan 4G

Sebelum melakukan proses penguncian sebaiknya teliti dulu jenis jaringan apa yang menurut kita paling kuat? misalnya ketika menerima sinyal EDGE koneksi tetap berjalan walau kecepatannya hanya pas-pasan. Itu akan lebih baik daripada menggunakan jaringan 3G atau 4G tapi sebentar-sebentar menghilang.

Kalau sudah menemukan jaringan yang dianggap paling kuat dan ingin menguncinya agar tidak berubah lagi, silahkan ikuti petunjuk berikut:
  • Buka telepon lalu dial *#*#4636#*#*.
  • Akan masuk ke mode Menguji atau Test.
  • Pilih Informasi perangkat.
Pada pilihan Setel Jenis Jaringan yang Disukai pilih jaringan tunggal, misalnya:
  • GSM only, maka system penerimaan sinyal di Android hanya akan menerima jaringan EDGE saja.
  • WCDMA onli, maka system penerimaan sinyal di Android hanya akan menerima jaringan 3G saja.
  • LTE only, maka system penerimaan sinyal di Android hanya akan menerima jaringan 4G saja.

Jadi jangan pilih jenis jaringan dobel atau lebih, seperti LTE/WCDMA. itu akan menyebabkan perubahan otomatis terus-menerus.

Setelah kita memilih salah satu jenis jaringan maka otomatis system di Android akan menguncinya dengan tanda sinyal hilang sebentar lalu muncul jenis jaringan yang kita pilih tadi.

Gimana mudah bukan? Itulah cara sederhana mengunci sinyal di Android yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER