Monday, July 16, 2018

Cara Mengetahui dan Menghapus Akses Aplikasi Pihak Ketiga Di Akun Gmail

Tahukah Anda kalau tahun lalu Google sempat mendapat kritik karena mengakses kotak masuk pengguna untuk menampilkan iklan yang relevan kepada mereka. Bagusnya setelah mendapat kritikan dari berbagai LSM siraja mesin pencarian ini segera menghentikan kegiatannya. Namun sayangnya celah itu dimanfaatkan oleh aplikasi pihak ketiga yang dengan seenaknya mengakses kotak masuk seseorang.

Yang dimaksud pengguna itu adalah Anda dan saya, juga semua orang yang memiliki akun gmail. Banyak yang secara tidak sadar mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk ikut masuk dan membaca semua pesan yang masuk ke emailnya.

Dari laporan terbaru menunjukkan bahwa tidak hanya komputer dan aplikasi saja, tapi pengembang aplikasi pihak ketiga dapat membaca email orang. Walau mereka tetap menyangkal kalau sudah masuk tanpa izin, karena sebelumnya telah meminta persetujuan dan pengguna tersebut secara tidak sadar telah menyetujuinya.

Google juga telah memberikan klarifikasi kalau akses yang diberikan kepada aplikasi pihak ketiga tidak secara menyeluruh, Tapi, menurut pemikiran kita untuk tujuan apa seseorang ikut membaca pesan masuk kalau tidak punya niat kurang baik.

Nah menyiasati hal diatas, kita sebagai pemilik akun gmail harus segera melakukan tindakan pencegahan jangan sampai sesuatu yang sangat pribadi bisa dilihat oleh orang lain. Langkah yang bisa kita ambil adalah dengan membatasi atau bila perlu menghapus saja akses dari aplikasi pihak ketiga tersebut.

Cara Mengetahui dan Menghapus Akses Aplikasi Pihak Ketiga Di Akun Gmail

Akses aplikasi pihak ketiga apa yang dimaksud disini? Tentu belum banyak yang mengetahui, kalau ketika kita mendaftar suatu layanan yang meminta akun Gmail sebagai verifikasi, disitu kita sudah dengan tidak sengaja menyetujui atau membolehkan pengembang dari aplikasi tersebut ikut masuk dan ikut membaca pesan masuk di email kita.

Atau ketika kita mau menginstal sebuah aplikasi Android, banyak diantaranya yang menawarkan dulu kesepakatan, karena kita kurang teliti membaca perjanjian persyaratan layanan, maka pengembang aplikasi pihak ketiga terebut punya alasan kuta karena sudah diberikan izin.

Anda perlu contoh? Silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Aplikasi yang dapat mengakses akun

Gambar diatas diambil dari akun saya, dan yang saya tunjukan hanya 4 aplikasi dari 30 lebih aplikasi yang sudah saya hapus.

Pada awalnya saya juga sempat bingung, kenapa ke email saya sering masuk iklan-iklan seperti iklan dari tokopedia, dari lazada dan lain-lain.

Ternyata setelah saya teliti dan saya ingat-ingat, sewaktu mendaftar akun ke toko-toko online tersebut saya menggunakan akun gmail saya dan secara tidak langsung pula telah memberikan izin kepada mereka untuk ikut mengakses akun saya.

Lalu bagaimana cara mengetahui dan menghapus akses aplikasi pihak ketiga di akun gmail?

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Login ke akun gmail masing-masing lewat alamat https://myaccount.google.com/ atau bisa juga masuk lewat email lalu pada foto profile klik tombol Akun Google.
  2. Setelah masuk ke akun Google silahkan klik pada Info Pribadi & Privasi.
  3. Disamping sebelah kiri cari tulisan Aplikasi yang dapat mengakses akun.
  4. Setelah muncul nama-nama aplikasi yang dapat mengakses akun, Klik kelola Aplikasi.
  5. Nah disetiap aplikasi Anda akan melihat izin apa saja yang telah Anda berikan ke Aplikasi-aplikasi tersebut.
  6. Untuk menghapus atau mengelola klik pada nama aplikasi.
  7. Periksa satu demi satu izin aplikasi dengan teliti.
Dan sebagai saran tambahan Anda diwajibkan rutin memerika izin aplikasi karena sering dengan tidak sengaja memberikan izin.

Seperti beberapa hari kebelakang saya menginstal game PES 2018 yang merupakan game kesukaan saya sejak remaja, ketika saya lihat izin aplikasinya ternyata bisa mengakses akun saya walau tida secara penuh seperti yang telah saya berikan kepada Google.

Demikianlah cara mengetahui dan menghapus akses aplikasi pihak ketiga dari akun gmail. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Cara membuat banyak email tanpa perlu verifikasi nomer HP.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon