Cara Mengatasi Masalah Verifikasi Rekening Bank Untuk Menerima Pembayaran Google Adsense

Artikel cara mengatasi masalah verifikasi rekening bank untuk menerima pembayaran akun Google Adsense ini saya tulis berdasarkan pengalaman seorang sahabat terbaik saya, dimana beliau mengalamai masalah gagal memverikisasi bank yang penyebabnya terbilang sangat sepele, yaitu katanya hanya karena lambat melakukan verifikasi.

Kejadian lengkapnya yang menimpa sahabat saya adalah sebagai berikut:

Sekitar 5 bulan kebelakang beliau menambahkan metode pembayaran dengan memasukan nama dan nomer rekening miliknya. Setelah nama dan nomor rekening dimasukan, muncul pemberitahuan yang intinya Google telah mengirim sejumlah uang kurang dari RP 1000 ke rekening tersebut. Dan sebagai pemilik rekening harus memeriksa berapa sebenarnya uang yang dikirim oleh Google lalu memasukannya atau mencocokannya di menu verifikasi sebagai langkah akhir verifikasi.

Kalau jumlah yang dikirim oleh Google sudah disesuaikan dengan nominal yang ada pada menu verifikasi rekening dan tidak ada kesalahan, maka rekening tersebut sudah sah menjadi penerima pembayaran UTAMA nantinya kalau penghasilan kita sudah mencapai ambang minimal pembayaran yang ditetapkan oleh kita sendiri atau sesuai dengan setelan default yaitu $100 atau 1.300.000.

Nah karena sahabat saya merasa kalau untuk mencapai ambang minimal masih sangat lama, maka beliau tidak segera melakukan verifikasi. Beliau baru mau melakukan verifikasi setelah lebih dari 5 bulan menerima kiriman percobaan dari Google tersebut.

Namun diluar dugaan ketika beliau mau melakukan verifikasi malah dialihkan ke halaman lain yang pada halaman tersebut terlulis: "Anda harus menghubungi dukungan untuk memverifikasi rekening bank ini. Atau, Anda dapat menghapus rekening ini dan menambahkannya lagi untuk mengulang proses verifikasi".

Tentu siapapun akan bingung pada awalnya ketika menghadapi masalah seperti itu, apalagi kalau sama sekali belum punya pengalaman. Dan pastinya kejadian seperti itu bisa terjadi kepada siapa saja.

Kalau pembaca mengalami kejadian yang sama dan bingung mengambil langkah untuk mengatasinya, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan mengtasi masalah yang sedang Anda alami.

Cara Mengatasi Masalah Verifikasi Rekening Bank Untuk Menerima Pembayaran Google Adsense

Berikut cara mengatasi masalah verifikasi rekening bank untuk menerima pembayaran akun Google Adsense

Disini saya asumsikan kalau penyebabnya karena 2 hal, yaitu:
  1. Anda melakukan kesalahan memasukan nominal di kolom verifikasi(Sengaja atau tidak disengaja).
  2. Lambat melakukan verifikasi seperti yang dialami oleh sahabat saya sehingga Google telah menangguhkan langkah verifikasi untuk rekening tersebut.

Nah kalau Anda merasa melakukan kesalahan seperti yang saya sebutkan diatas, cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Menghubungi dukungan Adsense

Dalam hal ini berarti Anda harus berinteraksi langsung dengan pihak adsense, dan pasti akan ada beberapa pertayaan yang harus Anda jawab dan harus sesuai. Agar pihak Google meyakini kalau memang benar bahwa Anda lah pemilik rekening tersebut.

Karena tujuan Google mengirimkan setoran peercobaan adalah supaya nantinya tidak terjadi kesalahan, atau dengan kata lain Anda lah orang satu-satunya yang akan menerima setiap setoran pembayaran setiap penghasilan akun Anda mencapai ambang batas minimal.

Artikel bantuan: Memverifikasi setoran percobaan dari Google.

Namun untuk berinteraksi langsung dan menjawab beberapa pertanyaan yang ditulis dengan bahasa inggris bukan sesuatu yang mudah. Rasa takut yang berlebihan sudah pasti kita rasakan, karena kalau salah dalam memberikan jawaban, bukan hanya verifikasi akan dibatalkan, akun Google adsense kita sendiripun terancam dihentikan.

Nah kalau Anda tidak berani melakukan langkah pertama, bisa dicoba cara kedua yang yakin 100% tidak akan gagal, karena sudah 2 kali saya praktekan dan berhasil.

2. Menghapus dan menambahkan lagi rekening bank

Sebenarnya yang saya jelaskan sekarang kalau Anda jeli membaca keterangan, tidak perlu membaca artikel ini, tinggal masuk saja ke dasboard adsense masing-masing lalu hapus dan tambahkan lagi rekening bank, mau pakai rekening yang sama atau mau ganti rekening terserah Anda.

Namun masalahnya ketika mau menghapus rekening bank yang verifikasinya ditangguhkan, tidak tersedia tombol atau cara untuk menghapusnya. Jadi bingung bukan? diketerangan tertera "Atau Anda bisa menghapus rekening ini lalu menambahkannya lagi", tapi tidak ada fitur menu untuk menghapusnya.

Supaya tidak bingung mencari tombol untuk menghapus rekening yang ditangguhkan verifikasinya, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:
  • Login ke Google Adsese.
  • Cari menu pembayaran disitu Anda akan melihat rekening bank yang ditangguhkan dan statusnya adalah rekening utama.
  • Tambahkan metode pembayaran baru, ada disampingnya.
  • Masukan nama dan pilih nama bank dan masukan nomer rekening. Disini bebas (ngarang saja) kalau Anda tetap mau menggunakan rekening lama yang ditangguhkan. Tapi kalau mau menggunakan rekening baru, Anda harus memasukan nama dan nama bank harus benar.
  • Setelah selesai memasukan nama pemilik rekening, nama bank dan memasukan rekening maka akan muncul keterangan kalau Google telah mengirim sejumlah uang sebanyak kurang dari RP 1000 ke rekening Anda untuk langkah verifikasi akhir.
  • Langkah selanjutnya rubah status metode pembayaran baru tersebut menjadi UTAMA, ada menu dropdown dibawah itu.
  • Selanjutnya lihat status Bank yang ditangguhkan, tentu sudah berubah bukan yang UTAMA lagi, dan disitu akan ada tombol untuk menghapus.
  • Hapus bank tersebut dan sampai disitu sebenarnya sudah selesai kalau Anda mengganti rekening lama yang ditangguhkan dengan rekening baru, tinggal menunggu kiriman dari Google yang biasanya kurang dari 5 hari lalu verifikasi.

Tapi kalau Anda tetap mau menggunakan rekening lama yang statusnya masih menggantung karena belum terverifikasi, silahkan ikuti langkah berikut:
  • Buat lagi metode pembayaran baru.
  • Masukan nama pemilik rekening, nama bank, dan nomor rekening.
  • Setelah selesai dan menerima notifikasi kalau Google telah mengirim sejumlah uang, silahkan rubah lagi statusnya menjadi UTAMA.
  • Lihat bank yang Anda buat sebagai pengganti tadi maka statusnya akan menjadi bukan UTAMA lagi dan segera hapus.

Muncul pertanyaan, apakah tidak akan timbul resiko? Saya yakinkan tidak akan terjadi apa-apa, verifikasi akan sukses dilakukan dengan bank yang menjadi metode pembayaran UTAMA Anda.

Itulah cara mengatasi masalah verifikasi rekening bank yang digunakan untuk menerima pembayaran akun Google Adsense yang bisa saya sampaikan.  Semoga bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

3 comments

Terimakasih sudah mau meluangkan waktu untuk membantu dengan cuma" tidak mengharapkan imbalan apapun.

Balas

Sama-sama mas, semoga adsensenya semakin banyak viewer dan klik iklannya ya :)

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER