Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows Firewall di Windows 7

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows Firewall di Windows 7

Jumpa lagi sahabat pembaca setia artikel-artikel di blog Flyin DVB ini. Masih seputar tips dan trik komputer, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang apa itu firewall dan bagaimana cara mengaktifkan atau menonaktifkannya. Dan karena selama ini saya masih setia sebagai pengguna windows 7 maka yang akan saya jelaskan disini adalah cara mengaktifkan dan menonaktifkan windows firewall di windows 7.

Apa itu Windows Firewall?

Windows Firewall adalah sebuah sistem keamanan yang diberikan secara gratis kepada setiap pengguna windows oleh microsoft. Dimana cara kerja dari Windows Firewall ini adalah untuk mengontrol lalulintas antara aplikasi yang terinstall di komputer ke internet. Firewall akan otomatis memblokir koneksi apabila ditemukan lalulintas yang dianggap tidak aman.

Jadi sangat dianjurkan untuk setiap pengguna Windows agar tetap menggunakan firewall untuk menjaga sistem operasi dari berbagai serangan virus berbahaya yang berasal dari internet. Karena kita tau kalau kebanyakan virus-virus jahat berasal dari internet, atau berasan dari situs-situs yang kita kunjungi yang pada kenyataanya situs-situs tersebut sudah dipasang virus untuk merusak sistem operasi dengan berbagai alasan dan tujuan.

Apa alasan orang ingin mengaktifkan Windows Firewall?

Seperti yang saya jelaskan diatas, tujuan pengguna windows mengaktifkan Windows Firwall adalah untuk menjaga agar komputernya terhindar dari virus yang berasal dari internet. Juga karena alasan tidak ingin menggunakan Firewall pihak ketiga yang biasa disertakan oleh hampir semua anti virus pihak ketiga.

Apa alasan orang ingin menonaktifkan Windows Firewall?

Biasanya seseorang berniat menonaktifkan Windows Firewall atau Firewall bawaan windows itu sendiri memiliki 2 alasan, diantaranya:
  1. Windows Firewall dianggap terlalu mengganggu, sehingga sekalipun lalulintas internet kita anggap normal dan wajar, tapi terkadang Windows Firewall tetap membloknya karena mendeteksi ketidak wajaran.
  2. Berniat menginstal Firewall dari pihak ketiga, sehingga memang diwajibkan kalau kita berniat menginstall firewall dari pihak ketiga, maka Windows Firewall harus dinonaktifkn terlebeih dahulu. Agar tidak terjadi bentrok antara firewall bawaan windows sama firewall dari antivirus pihak ketiga.

Baca juga: 10 Anti virus terbaik saat ini dan sepanjang masa.

Cara mengaktifkan windows firewall di windows 7

Untuk mengaktifkan windows firewall di windows 7 silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Klik Mulai atau Start atau logo windows yang berada dipojok paling kiri layar komputer Anda.
  • Klik pada Control Panel.
  • Klik pada System and Scurity.
  • Klik pada Windows Firewall.
  • Klik pada Turn Windows Firewall on or off.
  • Seting seperti gambar dibawah ini:

Cara mengaktifkan windows firewall

Setelah melakukan semua langkah diatas maka windows firewall sudah aktif dan akan mengontrol semua lalulintas aplikasi ke internet.

Cara menonaktifkan Windows Firewall di Windows 7

Sebelum memutuskan untuk menonaktifkan windows firewall,saya sarankan agar menginstal antivirus yang memiliki firewall sesudah penonaktifan berhasil, karena ini sangat tidak aman untuk komputer yang biasa dipergunakan untuk mengakses internet.

Dan untuk menonaktifkan windows firewall silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:
  • Klik Mulai atau Start atau logo windows yang berada dipojok paling kiri layar komputer Anda.
  • Klik pada Control Panel.
  • Klik pada System and Scurity.
  • Klik pada Windows Firewall.
  • Klik pada Turn Windows Firewall on or off.
  • Seting seperti gambar dibawah ini:

Cara menonaktifkan windows firewall

Nah sekarang komputer Anda sedang tidak memiliki firewall, dan saya sarankan untuk tidak mengakses dulu internet sebelum menginstall antivirus dan firewall.

Demikianlah cara mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Firewall di windows 7, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER