Wednesday, July 11, 2018

Cara Menemukan Duplikat File Pada Drive Komputer Atau Laptop

Cara Menemukan Duplikat File Pada Drive Komputer Atau Laptop
Kalau bicara tentang duplikat file saya rasa hampir ada di semua perangkat komputer, karena yang namanya manusia sudah pasti tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya lupa, termasuk diri saya sendiri. Seringkali saya mendownload atau membuat ulang sebuah file padahal file tersebut sudah ada dan sudah pernah dipergunakan sebelumnya, karena lupa di drive mana file tersebut menyimpannya. Nah tentunya hal tersebut tidak hanya terjadi kepada saya, pastinya Anda juga makanya masuk ke artikel ini pasti sedang mencari cara menemukan duplikat file di dalam drive komputer Anda.

Duplikat file selain akan merugikan ruang drive yang seharusnya bisa digunakan untuk menyimpan file lain, juga bisa mengganggu kinerja perangkat komputer itu sendiri. Karena ketika kita melakukan pencarian file prosesnya akan lebih lama yang disebabkan oleh adanya beberapa nama file yang sama. Oleh sebab itu sangat disarankan kepada siapa saja pengguna komputer untuk selalu rajin memeriksa dan menghapus duplikat file tersebut.

Muncul pernyataan, bukan tidak mau menghapus duplikat file, tapi justru karena susah mencarinya, jangankan untuk mencari banyak file duplikat, mencari satu duplikat file saja kalau kita kerjakan secara manual bisa makan waktu sangat lama, bahkan bisa sampai berjam-jam.

Iya kalau dikerjakan manual, beda lagi kalau dikerjakan oleh sebuah aplikasi pintar, tentu pekerjaan akan lebih mudah dan cepat. Anda tidak tau aplikasi untuk memecahkan masalah ini? Disini saya akan berbagi informasi dan cara menemukan duplikat file pada drive komputer atau laptop menggunakan aplikasi yang disebut Duplicate Files Finder.

Bagaimana cara menemukan duplikat file menggunakan Duplicate Files Finder?

Langkah 1: Anda harus memiliki dulu aplikasi Duplicate File Findernya, bagi yang belum punya bisa Anda donwload lewat link dibawah ini:


Langkah 2: Buka dan jalankan aplikasi Duplicate Files Finder dengan cara klik kanan lalu pilih Run as administrator.

Langkah 3: Klik tombol browser lalu pilih drive mana yang akan discan duplikat filenya, misalnya drive C atau D atau E.

Cara menggunakan duplicate files finder tahap 1

Langkah 4: Setelah nama drive terload selanjutnya klik tombol Add untuk menambahkan ke daftar directory. Dalam hal ini Anda bisa menambahkan semua drive sekaligus. Kalau sudah memasukan drive yang akan di scan ke daftar directory selanjutnya klik tombol Go!.

Cara menggunakan dupliacte files finder tahap 2

Nah setelah Anda mengklik tombol Go! maka proses pencarian duplikat file akan segera dilakukan oleh aplikasi Duplicate Files Finder. Jadi tunggu saja sampai prosesnya selesai.

Demikianlah cara menemukan duplikat file pada drive komputer atau laptop menggunakan aplikasi Duplicate Files Finder.Terima kasih sudah membaca, mohon maaf atas segala kekurangan dan semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon