Sunday, July 15, 2018

4 Cara Ampuh Membuka Situs Yang Diblokir

Cara ampuh membuka situs yang diblokir - Pernahkah ketika Anda mau membuka sebuah halaman situs malah dialihkan ke internet filtering dari provider yang digunakan? Atau misalnya hanya berputar-putar tidak pernah sampai pada halaman dari situs yang mau diakses dan pada akhirnya gagal? Kalau Anda mengalami hal seperti itu, sudah bisa dipastikan kalau IP yang Anda gunakan tidak di izinkan oleh pemilik IP (Provider) Atau oleh pemilik situs yang mau Anda akses. Dengan kata lain IP Address Anda diblokir tidak diizinkan untuk digunakan mengkases alamat tersebut.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir

Siapapun yang mengalami kejadian seperti itu pasti bingung dan kenapa bisa diblokir? Alasan diblokirnya akses sebuah IP terhadap alamat tertentu bisa dikarenakan 2 hal, yang diantaranya:
  1. Sistem dari provider mendapati kalau situs yang mau diakses berbau anu.
  2. Pemilik situs yang mau diakses membatasi IP dari negara tertentu.

Alasan nomor 1 biasanya yang paling umum, karena penulis juga sering mengalami kejadian tersebut, tapu dulu duluuuuuuuu banget, sekarang mah sudah gak pernah ngalamin lagi. Gak pernah buka situs gituan maksud saya, hehehee.

Lalu bagaimana memecahkan masalah tersebut? Tenang saja, artikel ini sengaja ditulis justru untuk mengatasi masalah Anda, saya akan menjelaskan 4 cara ampuh membuka situs yang diblokir. Tapi dalam hal ini saya fokuskan ke solusi dari penyebab nomor 2 ya. Kalau nomor 1 yang berbau lendir itu terserah Anda. Yang jelas bisa digunakan untuk keduanya.

Apa 4 cara ampuh membuka situs yang diblokir itu?


1. Gunakan SSH.

Secure Shell atau yang disingkat dengan SSH adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk pertukaran data melalui koneksi yang aman antara dua jaringan. Selain itu SSH juga dapat digunakan untuk masuk ke jaringan lain yang lebih banyak dengan sangat aman. Karena SSH dibuat untuk menggantikan tugas dari telnet dan shell yang dianggap masih memiliki banyak kekurangan dan celah keamanan. Dan kelebihan lain dari menggunakan SSH yaitu akan melakukan enkripsi dan integritas terhadap kerahasiaan data penggunanya.

Jadi kalau suatu waktu IP yang Anda gunakan diblokir, silahkan gunakan IP pengganti yang sudah sangat terenskripsi dengan baik yaitu Secure Shell atau SSH.

Darimana bisa mendapatkan SSH? Sangat banyak di internet penyedia layanan SSH baik yang gratis dan juga berbayar. Bahkan saya sendiri menjual akun SSH (hehe sekalian promosi gitu lho). Kalau Anda berminat SSH premium bisa menghubungi kontak WA saya di nomor 081323825222.

2. Gunakan VPN.

VPN atau Virtual Private Network atau jaringan yang benar-benar pribadi bisa bertindak sebagai sebuah terowongan yang mengubah data Anda menjadi sangat rahasia yang sulit bagi siapa pun untuk mengenalinya. Sama halnya dengan SSH, VPN juga merupakan sebuah jaringan yang sangat ampuh untuk membuka situs yang diblokir. Karena cara kerjanya bisa menyembunyikan IP lokal yang digunakan dan memberikan IP pengganti yang sudah dienskripsi dan akan dianggap sebagai IP asli. Misalnya kita berada di indonesia lalu menggunakan SSH atau VPN IP singapur, maka jaringan yang menerima koneksi dari IP tersebut akan menganggap kita orang singapur.

Darimana bisa mendapatkan VPN? Sama halnya dengan SSH, VPN juga untuk saat ini sangat mudah didapatkan, ada ratusan atau mungkin VPN Gratis di internet untuk PC maupun untuk Android, bahkan untuk perangkat Android sepertinya jauh lebih banyak lagi dan bisa dengan mudah Anda dapatkan di Play Store.

3. Gunakan Proxy.

Walau dalam segi keamanan data apabila menggunakan proxy sebagai alternatif untuk membuka situs yang diblokir, cara paling simple dan mudah lakukan oleh siapa saja jatuh pada proxy. Anda cukup mencari proxy gratis atau yang berbayar lalu pasang di browser yang Anda gunakan lewat pengaturan Proxy. Maka seketika juga jalur IP yang Anda gunakan akan digantikan oleh IP dari proxy tersebut.

Darimana bisa mendapatkan proxy? Sepertinya jauh lebih banyak penyedia proxy baik gratisan ataupun yang berbayar dibanding dengan SSH dan VPN. Tinggal Anda search ada di Google dengan kata kunci "free proxy" maka akan muncul situs-situs penyedia proxy gratis dan berbayar.

Catatan: Penggunaan proxy untuk membuka situs yang diblokir tidak semapuh VPN dan SSH, hanya saja lebih simple.

4. Gunakan webproxy.

Menggunakan webproxy cara kerjanya hampir sama dengan menggunakan proxy pada aplikasi browser yang Anda gunakan. Bedanya kalau menggunakan webroxy Anda tidak perlu lagi melakukan setingan proxy di aplikasi brower. Cukup memasukan alamat atau URL dari situs yang diblokir tersebut ke webproxy, maka jalur lalulintas antara Anda dan situs yang diblokir akan melalui webproxy tersebut.

Darimana bisa mendapatkan webproxy? tinggal seaech aja dipencarian internet dengan kata kunci "webproxy" tanpa tanda kutip, maka sekejap saja akan muncul ratusan atau mungkin ribuan situs penyedia layanan webproxy gratis.

Kalau saya jelaskan semua bukan hanya 4 cara, tapi bisa puluhan bahkan ratusan cara, tapi apapun cara yang Anda lakukan kalau tujuannya hanya untuk membuka situs yang diblokir maka dengan 4 cara yang saya jelaskan diatas juga sudah sangat cukup. Bahkan kalau untuk saya pribadi untuk membuka situs yang diblokir dengan SSH atau VPN saja.

Demikianlah 4 cara membuka situs yang diblokir yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Cara menyembunyikan IP Address jaringan lokal di browser mozilla firefox PC dan android.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon