Thursday, July 12, 2018

Cara Membuat Multi Part File RAR dan ZIP Menggunakan WinRAR


Pernahkah Anda mendownload file berbentuk RAR atau ZIP dari internet yang file tersebut dipecah menjadi beberpa bagian? dan kalau satu file saja tidak berhasil didownload maka file yang sudah berhasil Anda download tidak akan bisa Anda extract. File tersebut disebut RAR Multi part, atau sebuah file berukuran besar yang compress menjadi file RAR dan sengaja dibuat menjadi beberapa bagian.

Mungkin Anda juga belum tau apa tujuannya dan bagaimana cara file tersebut dibuat? Membaca artikel ini adalah pengalaman berharga buat Anda, karena disini saya akan menjelaskan cara membuat multi part file RAR dan ZIP menggunakan WinRAR. Dan mudah-mudahan menjadi ilmu baru buat Anda.

Tujuan dari seseorang mengupload file ke internet dalam bentuk multi part biasanya karena file tersebut ukurannya terlalu besar dan ada kekhawatiran akan gagal ketika diupload, misalnya karena terganggu masalah koneksi internet. Sehingga dibuatlah multi part, supaya bisa di upload dalam bentuk pecahan part kecil-kecil.

Nah Anda juga kalau suatu waktu berniat mengupload file berikuran besar ke internet sebaiknya dibuat multi part RAR atau ZIP dulu, agar Anda tidak terkendala saat melakukan upload, yang mendownload file juga tidak akan merasa was-was akan mengalami kegagalan saat mendownlodnya.

Perbadaan RAR dan ZIP

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan, sama-sama untuk mengkompres dan membagi file mejadi beberpa part. Yang membedakan hanyalah hasil kompersinya saja, untuk file yang dikompres dengan type ZIP akan lebih padat jadi ukuran akhirnya akan lebih kecil dibandingkan dengan file yang di kompres menjadi RAR.

Cara membuat multi part File RAR dan ZIP menggunakan WinRAR

Untuk membuat multi part file RAR atau ZIP Anda membutuhkan software atau aplikasi WinRAR yang sudah terkenal keampuhannya baik dalam membuat arsip maupun untuk mengamankan file arsip. Karena Winrar ini dilengkapi dengan beberapa fitur termasuk fitur enskripsi atau fitur untuk membatasi pengguna dengan password.

Kalau Anda belum memiliki software atau aplikasi WinRAR bisa Anda download lewat link dibawah ini:


Silahkan pilih yang sesuai dengan OS komputer Anda dan setelah selesai didownlaod silahkan instal sampai selesai dan jangan lupa untuk mereboot komputer Anda.

Cara membuat multi part file RAR

Silahkan ikuti petunjuk berikut:
  • Klik kanan pada file yang akan dibuat multi part lalu pilih Add to archive.
  • Selanjutnya akan muncul aplikasi WinRAR dan seting seperti gambar dibawah ini:
  • Pada bagian Archive format biarakan RAR.
  • Dibagian Compression method pilih store.
  • Directory size biarkan default (Rekomendasi).
  • Dibagian Split to volumes, size isi sesuai keinginan Anda.Misalnya file 1GB mau displit menjadi 10 bagian, tinggal Anda tulis 100 dan pilih MB.
  • Selanjutnya klik tombol OK apabila tidak ingin melakukan setingan lain seperti mempasswrodnya.

Cara membuat multi part ZIP

Sebenarnya hampir sama seperti diatas, yang membedakan hanya pada bagian Archive format Anda harus memilih ZIP dan menulis ukuran file, untuk bagian lain biarkan saja default. Saya rasa tidak perlu dikasih gambar, pasti Anda sudah paham walau hanya melihat satu gambar diatas saja.

Demikianlah cara membuat multi part file RAR dan ZIP menggunakan WinRAR yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon