Cara Membuat Multi Bootable USB Windows

Cara Membuat Multi Bootable USB Windows

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk memiliki sebuah USB Flashdisk yang didalamnya terdapat beberapa bootable windows? Misalnya Anda mau menginstal windows 7 x86 atau windows 7 x64 atau windows 8 atau windows 10 tinggal pilih saja dari USB Flashdisk tanpa harus membuat ulang dan memformat yang sudah? Nah kalau Anda menginginkan hal seperti itu tapi tidak tau cara membuatnya, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat multi bootable windows dalam satu buah USB Flashdisk.

Memang di internet apapun yang kita butuhkan pasti tersedia, karena jutaan orang pintar berlomba-lomba untuk memberikan informasi, seperti halnya sebuah file windows ISO multi OS sudah banyak beredar tinggal kita download saja. Namun apakah kita hanya ingin selalu jadi pemakai? tidakkah berkeinginan untuk membuatnya sendiri? atau paling tidak mengetahui seperti apa proses pembuatan windows ISO multi OS tersebut? Kalau Anda ingin tau, mari belajar bersama-sama dengan saya.

Mungkin pada awal Anda membaca artikel ini akan sedikit merasa bingung, bagaimana bisa sebuah USB flashdisk memuat banyak bootable, sementara untuk membuat sebuah bootable akan melalui proses pemformatan drive. Nah itu tandanya Anda kurang membaca, karena sudah sejak lama ada aplikasi atau software yang bisa menjawab ketidak mungkinan tersebut.

Software atau aplikasi apa yang dimaksud? banyak sekali sebenarnya, tapi disini saya hanya akan mengenalkan sebuah software atau aplikasi yang paling bagus untuk membuat Multi Bootable USB windows. Bahkan tidak hanya untuk windows saja, bisa juga untuk membuat bootable linux.

Aplikasi tersebut bernama WinSetupFromUSB, sebuah aplikasi yang memiliki 2 komponen terpisah, yaitu untuk windows 32 bit dan untuk windows 64 bit. Kalau Anda tertarik untuk mencobanya, bisa Anda downlaod lewat link dibawah ini:


Setelah di download Anda tinggal mengextractnya tanpa perlu menginstalnya, karena aplikasi WinSetupFromUSB tersedia dalam bentuk aplikasi exe portable.

Cara membuat multi bootable USB Windows dengan WinSetupFromUSB

Sebelumnya pastikan Anda sudah memiliki aplikasi WinSetupFromUSB, beberapa buah file windows ISO misalnya windows 7, windows 8, windows 10 dan 1 buah USB Flasdisk yang mampu menampung beberpa windows ISO sekaligus. Kalau misalnya per windows ISO memili ukuran masing-masing 3GB maka untuk membuat multi bootable dari 3 buah windows ISO tersebut dibutuhkan USB Flashdisk minimal berukuran 10GB, atau yang umum dijual dipasaran biasanya berukuran antara 4GB, 8GB, 16GB, 24GB, 32GB.

Setelah semua bahan yang dibutuhkan tersedia, sekarang kita lanjut ke cara membuat multi bootable USB windows menggunakan WinSetupFromUSB.

  • Buka dan jalankan dengan cara klik kanan Run as adimistrator aplikasi WinSetupFromUSB yang sesuai dengan OS komputer yang Anda gunakan.
  • Setelah aplikasi terbuka silahkan langsung colokan USB flashdisknya agar sistem dari WinSetupFromUSB langsung bisa membacanya, apabila belum terbaca silahkan klik tombol Refresh.
  • Selanjutnya centang pada Auto format it with FBinst dan untuk setelannya biarkan saja default.
  • Selanjutnya centang pada Windows Vista / 7 / 8 / 10 /Server 2008 FLPC setup/BartPE.
  • Selanjutnya klik tombol browser masih pada Windows Vista / 7 / 8 / 10 /Server 2008 FLPC setup/BartPE lalu masukan salah satu windows ISO yang akan dibuat bootable USB.
  • Selanjutnya centang pada Advanced options maka akan muncul jendela Advanced options lalu di jendela Advanced option tersebut centang pada Custom menu names for Vista/7/8/Server Source.
  • Selanjutnya setelah mencentang Custom menu names for Vista/7/8/Server Source pada jendela Advanced Options, silahkan tutup jendela tersebut dengan cara mengklik X.
  • Dan langkah selanjutnya adalah mengklik tombol GO.

Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar dan nomer urut yang tertera pada gambar dibawah ini:

Cara membuat multi bootable usb windows tahap 1

Awas jangan sampai ada yang salah ya, urutan ke 1 sampai ke 7.

  • Beberapa saat kemudian akan muncul jendela warnign yang memberitahukan kalau USB Fashdisk Anda akan di format, tinggal Anda klik tombol Yes No 8.

Cara membuat multi bootable usb windows tahap 2

  • Setelah Anda mengklik tombol yes no 8 maka proses akan berlanjut dan akan muncul lagi jedela warning yang memberitahukan kalau semua data yang ada pada USB flashdisk sudah diformat, disini Anda diminta untuk melanjutkan atau tidak, klik saja tombol Yes no 9.

Cara membuat multi bootable usb windows tahap 3

  • Selanjutnya jendela baru yang memerintahkan Anda untuk membuat nama folder, silahkan beri nama misalnya Win7x86, dalam tahap ini Anda harus sedikit cepat karena dalam beberapa detik sistem akan merefresh dan biasanya menyebabkan hank. Setelah selesai membuat nama selanjutnya klik OK.

Cara membuat multi bootable usb windows tahap 4

  • Selang beberapa detik kemudian akan muncul lagi jendela baru yang memerintahkan Anda untuk memberi nama Boot, isi saja misalnya dengan Win7x86_1, ingat nama jangan sama dengan nama folder pada gambar 10, bedakan sedikit saja.

Cara membuat multi bootable usb windows tahap 5

  • Dan setelah selesai memberi nama Boot maka aplikasi WinSetupFromUSB akan mulai melakukan pembuatan Bootable. Tunggu saja sampai prosesnya selesai.

Nah sampai disitu maka taha pembuatan bootable USB Windows yang pertama sudah selesai.

Lalu bagaimana cara menambahkan bootable yang lain seperti yang dimaksud pada judul yaitu membuat multi bootable USB Windows?.

Caranya hampir sama dengan tahap pertama, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:

  • Buka kembali atau teruskan aplikasi WinSetupFromUSB.
  • Dilangkah pembuatan bootable yang kedua jangan mencentang pada Auto format it with FBinst karena akan memformat kembali Bootable pertama yang sudah jadi. Langsung saja centang pada Windows Vista / 7 / 8 / 10 /Server 2008 FLPC setup/BartPE lalu browser file windows ISO dan masukan.
  • Selanjutnya centang lagi pada Advanced Options dan ulangi langkah seperti tadi yaitu mencentang bagian Custom menu names for Vista/7/8/Server Source lalu close jendela Advanced Options.
  • Selanjutnya klik tombol GO dan beberapa saat akan muncul lagi jendela-jendela untuk memberi nama folder dan nama boot. Pastikan nama tidak sama dengan yang pertama.
  • Tunggu sampai selesai.

Cara membuat multi bootable usb windows tahap 6

Setelah selesai maka Anda sudah berhasil membuat 2 buah bootable dalam 1 USB, kalau masih mau menambahkan bootable lain silahkan ulangi lagi langkah-langkahnya seperti yang telah saya jelaskan diatas.
Bagaimana mudah bukan? Demikianlah cara membuat Multi bootable USB windows menggunakan aplikasi atau software WinSetupFromUSB yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER