Cara Membuat Bootable USB Windwos Menggunakan Rufus

Pasti bagi pengguna Windows dari zamannya Windows XP sudah mengenal atau paling tidak pernah mendengar tentang Rufus. Rufus merupakan software atau aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat bootable USB instalan berbagai OS seperti windows, mac, linux. Nah yang akan saya jelaskan kali ini adalah cara membuat bootable USB Windows menggunakan Rufus.

Cara Membuat Bootable USB Windwos Dengan Rufus

Cara membuat Bootable USB Windows menggunakan rufus

Untuk membuat bootabel USB windows dengan rufus tentunya Anda harus mempersiapkan dulu 3 bahan, yang diantaranya:

1). Aplikasi Rufusnya yang bisa Anda download dibawah ini:


2). Windows ISO image yang bisa downlaod di internet sesuai dengan yang Anda butuhkan.
3). 1 Buah flashdisk berukuran minimal 4GB.

Kalau semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, mari kita lanjut ke cara membuat bootable USBnya.

Langkah pertama: Intall dulu aplikasi rufus apabila Anda mengunduh yang versi instaler, atau langsung buka dan jalankan apabila Anda mengunduh rufus yang versi portablenya.

Langkah kedua: Setelah aplikasi rufus terbuka silahkan klik tombol SELECT untuk memasukan file Windows ISO kedalam program rufus yang nantinya akan dijadikan Bootable USB.

Cara memasukan file windows ISO ke aplikasi rufus

Langkah ketiga: Setelah file Windows ISO masuk, selanjutnya silahkan colokan flashdisk ke komputer atau laptop Anda maka secara otomatis aplikasi rufus akan mendeteksi dan menjadikannya sebagai device.

Langkah keempat: Mengatur setingan rufus dan kalau sudah benar langsung saja klik tombol START. Untuk setingnnya Anda bisa melihat contoh gambar dibawah ini:

Cara mengatur setelan rufus

Pastikan untuk tidak menceklist bagian Check device for bad block, kecuali kalau flashdisk Anda memang bermasalah. Karena akan makan waktu yang sangat lama, makanya disarankan untuk menggunakan flasdisk yang masih bagus.

Pada tahap selanjutnya setelah Anda mengklik tombol START maka aplikasi rufus akan memulai proses pembuatan bootable USB windows dari mulai memformat flashdisk sampai selesai. Proses tersebut akan memakan waktu yang lumayan lama tergantung kecepatan komputer dan flashdisk yang digunakan.

Nah setelah selesai, USB flashdisk Anda sudah bisa digunakan untuk melakukan instalasi windows baik di laptop ataupun di komputer desktop.

Deemikianlah pembahasa tentang cara membuat bootable USB Windos menggunakan software atau aplikasi Rufus. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER