Cara Mengkompres Drive dan File Folder Untuk Menghemat Ruang Penyimpanan Menggunakan NTFS Compression


Mungkin selama ini Anda berpikir untuk menghemat ruang penyimpanan pada sebuah Drive baik itu Drive external seperti USB Flashdisk maupun hardisk internal adalah dengan mengkompres file atau folder menjadi format rar, zip atau sebagainya, dengan harapan ukuran file atau folder akan menjadi lebih kecil sehingga bisa menghemat ruang dari drive itu sendiri. Tapi apakah Anda tahu kalau sebenarnya file atau folder yang sudah di kompres tersebut bisa di kompres lagi agar ukurannya menjadi lebih kecil lagi? Nah disini saya akan berbagi informasi tentang cara mengkompres Drive, file dan folder untuk menghemat ruang penyimpanan menggunakan NTFS Compression.

Belum begitu banyak yang mengetahui kalau Microsoft Windows memiliki kemampuan untuk mengkompres hard drive Anda. Namun pengkompresian hanya berlaku untuk Drive yang berformat NTFS, jadi nantinya setiap file atau folder yang dimasukan kedalam drive yang sudah diaktifkan kompresinya akan otomatis terkompresi sendiri. Bisa juga hanya file foldernya saja yang di kompresi yang tujuannya tetap sama yaitu untuk menghemat ruang penyimpanan. Kalau Anda memiliki sebuah USB Flasdisk berformat FAT32 yang ingin di kompres menggunakan NTFS Compression, silahkan rubah dulu dari FAT32 menjadi NTFS.

Artikel Terkait: Cara merubah sistem USB Flashdisk dari FAT32 menjadi NTFS tanpa harus takut kehilangan data.

1. Cara mengkompres Drive menggunakan NTFS Compression

Disini saya akan mencontohkan sebuah USB Flasdisk yang akan di kompres menggunakan NTFS Compresion. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masukan USB Flashdisk ke PC dan pastikan formatnya sudah NTFS.
  • Klik kanan ada USB Drive tersebut lalu pilih properties.
  • Selanjutnya centang pada Compress this drive to save disk space lalu klik Apply.
Cara kompres drive menggunakan NTFS Compresion langkah 1
  • Setelah Anda mengklik tombol Apply maka akan muncul jendela baru untuk mengkonfirmasi. Nah disini ada 2 pilihan, apakah hanya drivenya saja yang di kompresi atau berikut sama file folder yang sudah ada didalam dan yang akan dimasukan ke dalam drive tersebut? Setelah Anda tentukan pilihan, lanjutkan dengan mengklik tombol OK.
Cara kompres drive menggunakan NTFS Compresion langkah 2
  • Setelah Anda menentukan pilihan dan mengklik tombol OK maka sistem windows akan mulai melakukan pengkompresian drive dan file foldernya.

Nah cara mengkompres drive sudah selesai.

2. Cara mengkompres file atau folder menggunakan NTFS Compression

Langkah-langkahnya hampir sama dengan diatas, atau agar lebih jelas silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:

  • Pilih file atau folder yang akan di kompres, bebas bisa file apa saja meliputi file rar dan zip juga.
  • Klik kana pada file atau folder tersebut lalu pilih properties.
  • Selanjutnya klik pada tombol Advanced.
Cara kompres file folder menggunakan NTFS compression tahap 1
  • Selanjutnya akan muncul jendela baru dan silahkan ceklist pada Compress contents to save disk space lalu klik Apply lalu OK.
Cara kompres file folder menggunakan NTFS compression tahap 2
  • Setelah Anda mengklik OK maka file atau folder tersebut akan mulai di proses untuk dikompresi.
  • File atau folder akan berubah menjadi seperti link yaitu berwarna biru, itu tandanya kalau file folder tersebut sudah dikompres.Anda bisa mengecek ukurannya lewat properties.

Demikianlan cara mengkompres Drive dan file folder menggunakan NTFS Compression yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga Artikel ini bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER