Tuesday, July 24, 2018

Apa Keuntungan dan Kerugian Memasang Antivirus di PC

Ketika Anda memiliki sebuah perangkat komputer baik jenis laptop atau desktop, yang pertama terbersit dibenak Anda sebelum menginstal aplikasi-aplikasi penting pasti Antivirus, karena Anda tidak menginginkan kalau aplikasi yang mau di download atau mau di instal terinfeksi oleh virus. Tapi sudah tahukah Anda tentang keuntungan dan kerugian yang didapat dari memasang Antivirus di perangkat komputer? Ada baiknya Anda membaca artikel ini terlebih dulu sebelum memutuskan untuk memasang atau tidak Antivirus di perangkat komputer Anda.

Keuntungan dan Kerugian Memasang Antivirus di PC

Keuntungan memasang Antivirus di PC

Dengan memasang Antivirus di perangkat komputer berarti komputer tersebut akan aman dan tercegah dari berbagai serangan virus yang bisa merusak software, hardware dan data-data penting di komputer.

Apalagi mengingat kejahatan dunia cyber sekarang ini yang bukan hanya merusak, tapi bisa mencuri data sekaligus. Seperti belum lama ini dunia dihebohkan dengan serangan virus ransomware yang cara menyerang komputer adalah dengan mengunci data yang ada dikomputer tersebut dan meminta tebusan kepada pemiliknya untuk bisa membuka data yang dikunci oleh virus ransomware tersebut.

Baca juga: Cara mencegah serangan virus ransomware wannacry.

Dan masih banyak lagi keuntungan dari memasang antivirus dikomputer, seperti browsing-browsing jadi lebih aman, belanja online lebih nyaman, download file-file dari internet tidak perlu takut terinfeksi virus.

Karena hampir semua antivirus ternama seperti Avast, AVG, Bitdefender, Kaspersky, Avira, Eset, Norton, Panda, dan lain-lain sudah dilengkapi dengan semua fitur yang akan menjaga komputer dari berbagai serangan virus.

Baca juga: 10 Antivirus terbaik saat ini dan sepanjang masa.

Jadi menginstal atau memasang antivirus di perangkat komputer sangat dianjurkan, walau komputer tersebut sama sekali tidak pernah dan tidak akan digunakan untuk mengakses internet yang merupakan sumber utama datangnya virus.

Bisa saja virus masuk dari perangkat USB, dari handphone yang terkadang untuk sewaktu-waktu perlu dikoneksikan ke komputer untuk keperluan tertentu.

Kerugian dari memasang antivirus di PC

Setelah Anda mengetahui keuntungan dari memasang antivirus di PC, Anda juga harus sudah paham dengan kerugian yang akan alami dan rasakan.

Saya tidak akan membahas terlalu banyak, disini saya akan membahas 3 (tiga) hal yang paling mencolok dari kerugian yang akan ada dapatkan dan rasakan setelah memasang antivirus, yang diantaranya:

1. Booting komputer menjadi lebih lambat

Kenapa bisa begitu? karena ketika komputer Anda nyalakan, sistem keamanan dari anti virus akan lebih dulu aktif menjaga jangan sampai ketika komputer menyala dan tersambung ke internet atau ada devices lain yang terkoneksi, apabila terdapat virus tidak keburu masuk.

Kalau setelah memasang antivirus And merasakan hal itu jangan merasa heran, karena itu salah satu konsekuensi kerugian dari memasang antivirus.

2. Membuka aplikasi apapun menjadi lebih lambat

Kalau sebelum menginstal antivirus Anda membuka aplikasi-aplikasi yang biasa Anda gunakan sangat cepat, nah setelah memasang antivirus Anda akan merasakan perbedaan yang mencolok. Karena sistem keaamanan dari antivirus akan memindai terlebih dahulu setiap aplikasi atau software yang Anda jalankan.

3. Copy paste file jadi lambat

Sangat jelas, justru hal inilah yang paling diutamakan dari cara kerja antivirus, ketika Anda mencoba mencopy paste atau mau memindahkan file dari Drive A ke Drive B atau dari folder A ke folder B, antivirus akan memindai semua file bahkan dari hitungan perbyte. Dengan begitu otomatis copy paste file akan jadi lebih lambat 2 sampai 3 kali lipat dari sebelum Anda menginstal antivirus.

Itulah tiga dari sekian banyak kerugian yang akan Anda alamai dan rasakan setelah meamasang antivirus, untuk kerugian lain seperti hardisk lebih cepat rusak, boros sumber daya, komputer lebih cepat panas bisa Anda abaikan.

Yang terpenting adalah mengetahui efek utamanya saja agar Anda tidak merasa menyesal nantinya apabila memutuskan untuk memasang antivirus di komputer Anda.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai keuntungan dan kerugian memasang antivirus di perangkat komputer baik laptopatau dekstop. Kurang lebihya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon