Pengalaman Perbaiki LED TV LG 22LN5100 Layar Gelap

Jumpa lagi di artikel seputar elektronik atau lebih tepatnya artikel yang membahas seputar servis perangkat elektronik. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman sewaktu memperbaiki LED TV LG type 22LN5100 dengan gejala kerusakan suara ada tapi gambar gelap. Dengan harapan dari pengalaman yang saya tulis semoga bisa jadi sumber inspirasi untuk para sobat ketika menemukan kerusakan yang sama seperti yang pernah saya tangani ini.

Pengalaman Perbaiki LED TV LG 22LN5100 Layar Gelap

Singkat cerita beberapa hari kebelakang ketika saya berkunjung ketempat sahabat yang berada di brebes jawa tengah yang kebetulan sahabat saya itu seorang teknisi juga, datanglah seorang pelanggan membawa sebuah televisi LED LG 22LN5100 yang katanya rusak, dari keterangan pemilik TV tersebut katanya awalnya gambar ada tapi terlihat ada titik putih terang dibagian layar, selang beberapa hari gambar jadi gelap tapi suara tetap ada.

Tanpa pikir panjang setelah mendengarkan keterangan dari sang pemilik, saya ambil 3 kesimpulan dari kerusakan tersebut, yaitu:

  1. Kancing kristal penutup lampu LED lepas (Kerusakan pertama)
  2. Lampu LED ada yang putus (Keruskan kedua setelahnya)
  3. Kemungkinan rangkaian DC to DC inverter rusak.

Kalau ada diantara pembaca yang menemukan masalah muncul titik putih terang dilayar LED TV bisa baca artikel saya yang lain dengan mengklik tautan dibawah ini:


Setelah menyimpulkan kerusakan lalu saya bongkar televisi tersebut dan setelah terbuka bagian dalamnya perhatian langsung saya tujukan kebagian sirkuit regulator, dimana letak keberadaan rangkaian DC to DC inverter berada disitu.

Letak rangkaian DC to DC inverter LG 22LN5100

Setelah beberapa saat melakukan pemeriksaan di rangkaian DC to DC inverter dan ternyata tidak ada yang rusak, lalu saya lanjut membuka panel untuk memperbaiki kancing kristal yang lepas dan menemukan lampu LED mana saja yang putus dan apakah masih bisa ditangani dengan teknik jumper, kalau yang putus sudah terlalu banyak mau tidak mau harus diganti perlembar.

Ketika panel dan plastik putih penutup bagian lampu LED berada terbuka, saya melihat ada beberapa kancing yang memang sudah lepas dan langsung saya melakukan pengukuran lampu LED satu persatu. Dari hasil pengukuran ditemukan hanya 3 buah lampu saja yang putus, dan saya menurut hemat saya dengan menjumper lampu yang putus saja sudah cukup, tidak perlu mengganti semua lampu.

Untuk para sobat yang belum tau cara mengukur lampu LED untuk menemukan mana yang masih bagus dan mana yang memang putus atau konslet, caranya sebagai berikut:
  • Letakan ukuan avometer di skala X1.
  • Ukur kedua ujung lampu LED bergantian.
  • Kalau dibolak balik tidak ada pergerakan dan tidak menyala sama sekali berarti lampu LED sudah putus.
  • Kalau dibolak balik menujukan ukuran singkat tapi lampu LED tidak menyala berarti lampu LED tersebut sudah konslet.
  • Untuk lampu yang masih bagus akan terlihat menyala apabila diukur sesuai dengan kaki anoda dan katoda nya.

Cara mengukur lampu LED TV

Setelah 3 lampu yang putus saya jumper atau dengan kata lain membuang lampu yang putus tapi menyambungkan rangkaian seri semua lampu agar lampu yang masih bagus tetap mendapatkan tegangan dan akan menyala, lalu saya lanjut memperbaiki kancing kristal yang lepas, setelah selesai saya pasang lagi panel dan TV pun menyala dengan sempurna.

Nah itulah pengalaman saya memperbaiki TV LED LG 22LN5100 dengan gejala kerusakan suara ada tapi gambar gelap. Sekali lagi saya jelaskan tujua ditulisnya pengalaman ini bukan untuk pamer ilmu, tapi supaya para sahabat yang suatu saat menemukan kerusakan yang sama, bisa mengambil inspirasi dari tulisan ini. Salam solder.

Baca juga: Pengalaman Mengganti Motherboard TV LCD LG 32LK311 Dengan 32LK313.
Klik disini untuk membuka komentar

1 comment

Numpang baca kang...sambil colek2 nganu

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER