Pengalaman Mengganti Motherboard TV LCD LG 32LK311 Dengan 32LK313

Masih seputar pembahasan TV LG, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengganti motherboard TV LCD LG model 32LK311 dengan motherboard model 32LK313. Yang tujuan dari ditulisnya pengalaman saya ini, mudah-mudahan bisa jadi sumber referensi buat para sobat teknisi yang mungkin suatu saat akan menemukan permasalahan yang sama atau sedang mencari persamaan dari kedua jenis motherboard tersebut.

Mengganti Motherboard TV LCD LG 32LK311 Dengan 32LK313

Awalnya saya mendapat garapan TV LCD LG model 32LK311 yang kerusakannya mati total, setelah diperiksa ternyata ada kapasitor filter tegangan volt yang konslet. Namun setelah kapasitor tersebut dilepas dan diganti, TV hanya mampu nyala standby, kecurigaan saya cuma 2, yaitu rusak IC XD nya atau software rusak akibat sebelum konslet kapasitor terjadi kekurangan tegangan akibat kapasitor setengah konslet.

Kekurangan tegangan dari yang semestinya untuk komponen digital memang sangat rentan terjadi kerusakan software, namun karena kekurangan alat untuk melakukan flashing, maka TV saya biarkan saja untuk sementara.

Kebetulan ke esokan harinya saya dapat job pemasangan parabola ninmedia, dan kebetulan juga dirumah yang dipasang parabola ninmedia tersebut ada TV rusak yang katanya pecah panel akibat dilempar bola oleh anaknya.

Saya teliti TV yang rusak panelnya itu modelnya adalah LG 32LK313 yang bagian belakangnya sama persis walau bagian depannya sangat berbeda dengan LG 32LK311.

Tanpa pikir panjang saya coba tanyakan apakah TV rusaknya itu mau dijual atau tidak, sipemilik TV malah nyuruh dibawa saja gak usah dibeli katanya, wah rejeki nih pikir saya, tapi tetap saya paksa kasih uang 200rb sebagai tanda terima kasih.

Sesampainya dirumah langsung saya buka TV tersebut dan ternyata tidak ada sedikitpun perbedaan antara LG 32LK311 dengan 32LK313 baik blok regulator, blog DC to AC, blok tcon dan motherboarnya benar-benar sama persis.

Singkat cerita langsung saya copot motherborad TV LG 32LK313 dan dipasangkan ke TV LG 32LK311, setelah pemasangan socket-socket selesai, saya coba colokan TV ke sumber listrik dan tekan power, TV langsung menyala dengan sempurna.

Tentu saya sangat senang, karena kalau membeli langsung motherboard LG 32LK311 harganya sekitar 600-700rb, itupun bekas bukan baru.

Nah kalau ada diantara pembaca yang mengalami masalah yang sama seperti yang pernah saya alami, saya yakinkan, kalau motherboard LG 32LK311 bisa diganti dengan LG 32LK313 juga sebaliknya.

Itulah pengalaman saya mengganti motherboard TV LCD LG32LK311 dengan motherboard TV LCD LG 32LK313. Semoga pengalaman yang saya tulis ini bisa jadi sumber referensi yang bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca juga: Mengenal jenis kerusakan pada LED TV dan cara mengatasinya.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER