Iklan Tetap Tidak Tampil Setelah Membuat File Ads.txt Pasti 2 Hal Ini Penyebabnya

Tentu Anda akan merasa kaget ketika mengalami kejadian iklan Adsense yang biasa tayang di blog tiba-tiba saja tidak bisa tampil, dan mungkin Anda akan beranggapan kalau akun Google Adsense Anda sudah dihentikan atau dengan kata lain dibanned. Namun ketika Anda mencoba login ke Google Adsense ternyata masih bisa, dan didashboard Adsense mendapati pesan peringatan yang tertulis "Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads txt tidak berisi ID penayang Adsense".

Kejadian tersebut pernah saya alami dan yang membuat saya heran juga kesal karena sebelum mendapatkan peringatan tersebut saya sudah membuat file ads.txt dan bahkan satu hari sebelumnya saya sempat membuat artikel yang membahas cara mengatasi penghasilan beresiko karena satu atau beberapa file ads txt tidak berisi ID penayang Adsense.


Nah kalau memang Anda sedang mengalami masalah seperti yang pernah saya alami, tidak usah khawatir, karena pasti ada penyebab dan juga ada cara mengatasinya. Yang penting kita mau berpikir cerdas dan punya keberanian untuk mencoba.

Dan karena kebanyakan orang memang penakut, tidak berani mencoba sebelum orang lain berhasil melakukan cara itu, saya yakinkan kepada Anda kalau susunan artikel yang membahas tidak tampilnya iklan karena masalah ads.txt yang saya tulis ini murni dari pengalaman saya pribadi dan sudah terbukti berhasil. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan terjadi hal yang tidak di inginkan selama melakukan perbaikan sesuai dengan yang saya jelaskan.

Penyebab iklan tidak mau tampil setelah membuat file ads.txt

Menurut pengalaman saya, penyebab iklan tidak mau tampil setelah lebih dari 24 jam dari dibuatnya file ads.txt di blog yang mendapat peringatan adalah 2 hal yang diantaranya:
  1. Client ID Adsense blog tidak sama dengan ID penayang yang iklannya dipasang di blog tersebut.
  2. Ada akun lain yang sama mendapat peringatan terkait dengan blog tersebut.

Dan penjelasannya sebagai berikut:

1. Client ID tidak sama dengan ID penayang

Setiap blog pertama kali didaftarkan ke Google Adsense entah dengan email kita yang mana, maka akan menggenerate sebuah client ID atau pub-ID.

Dan karena adanya kebijakan baru dari IAB tentang situs yang menayangkan iklan apapun, baik iklan Google atau iklan dari media lain, maka setiap blog wajib mendeklarasikan diri sebagai apa?

Apakah sebagai penjual langsung (DIRECT)? atau sebagai reseler?

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca keterangan dari Google lewat artikel yang berjudul: Mendeklarasikan penjual resmi inventaris dengan ads.txt.

Dan kalau memang benar antara Cllient ID blog atau situs tidak sama dengan ID penayang yang iklannya dipasang di blog tersebut, maka sekalipun kita sudah membuat file ads.txt dan menunggu lebih dari 24 jam, iklan tidak akan pernah tayang lagi.

Agar iklan bisa tayang kembali maka kita harus menyamakan antara Client ID adsense blog dengan ID penayang dengan cara menukar ID adsense.

Baca Juga: Cara mengatasi Client ID adsense blog tidak sama dengan ID Penayang Adsense.

2. Ada akun lain yang sama mendapat peringatan terkait dengan blog tersebut

Peneyebab kedua iklan tidak mau tampil setelah membuat file ads.txt dan menunggu lebih dari 24 jam adalah adanya peringatan yang sama kepada akun adsense lain yang blognya tetap blog tersebut.

Hal ini biasanya karena blog yang bersangkutan pernah dipakai daftar adsense lebih dari satu kali dan sama-sama diterima, sehingga antara penyebab pertama dan penyebab kedua saling berkaitan, tidak mungkin ada perbedaan Client ID kalau blog tersebut hanya digunakan daftar adsense satu kali dan yang terpasang saat ini adalah unit iklan dari akun adsense tersebut.

Agar peringatan bisa hilang dari semua akun yang pernah menggunakan blog atau situs tersebut untuk mendapatkan akun adsense, maka kita harus menghapus otorisasi situs itu secara permanen.

Seperti yang dijelaskan di artikel bantuan Google tentang masalah ads.txt yang terpengaruh karena situs yang tidak dimonetisasi oleh akun yang sama-sama mendapat notifasi atau peringatan.

Otoritas situs

Baca Juga: Cara menghapus otorisasi situs dari akun Adsense.

Demikian dua penyebab iklan tidak mau tampil setelah membuat file ads.txt beserta dua artikel bantuan untuk mengatasi masalahnya.
Klik disini untuk membuka komentar

5 comments

punyamu udah tampil mas?
ane coba sarannya, udah 3 hari gak tampil-tampil :s
dan ternyata sebelumnya memang pasang iklan dari dua akun adsense.
terimakasih informasinya mas, mudah-mudahan sukses.

Balas

Semoga segera tampil iklannya mas, sukses juga buat sampean

Balas

Emmm semoga blog saya kembali muncul iklannya mas. Soalnya pesan sudah tidak ada lagi di akun ads. Sementara iklan belum nongol ne..

Balas

Kebetulan saya pengguna Joomla dan tidak ada pesan peringatan terkait dengan ads.txt. Apakah ads.txt ini hanya terjadi untuk platform Blogger?

Saya coba mencari inforasi terkait ads.txt dari laman Google langsung dan mendapat informasi bahwa "file ads.txt tidak wajib, namun dianjurkan". Karena demi kebaikan akhirnya saya juga membuat file ini meskipun tidak mendapatkan pesan peringatan terkait file ini.

Balas

Hanya wajib untuk blog berplatform blogger yang sudah memiliki Client ID adsense tapi dipasangi iklan dari ID lain

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER