Sunday, March 18, 2018

Cara Merubah Port OpenVPN di VPS Centos dan Debian

Setelah pada artikel sebelumnya saya menjelaskan cara merubah port SSH dropbear, nah pada kesempatan kali atas permintaan salah satu pembaca yang katanya sedang belajar oprek-oprek VPS, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara merubah port default OpenVPN di VPS Centos dan Debian.

Memang terkadang untuk keperluan tertentu kita terpaksa atau memang harus merubah sebuah port yang sedang berjalan di VPS menggunakan port yang dibutuhkan. Seperti halnya port OpenVPN yang pada defaultnya biasa berjalan di port 1194 mau kita rubah menjadi port 80 atau port 443 misalnya.

Cara Merubah Port OpenVPN di VPS Centos dan Debian

Sebelum kita memutuskan untuk merubah port OpenVPN dengan port yang kita inginkan, pastikan port yang akan kita gunakan tersebut tidak sedang digunakan oleh aplikasi lain, seperti oleh Proxy squid ataupun SSH. Apabila port tersebut masih berjalan di aplikasi tertentu, maka kita harus merubahnya terlebih dahulu sebelum merubah port OpenVPN.

Artikel Terkait: Cara merubah port SSH dropbear.

Cara Merubah Port OpenVPN di VPS Centos dan Debian


1. Pertama-tama silahkan login ke VPS menggunakan terminal Putty. Kalau belum memiliki putty bisa download disini.

2. Setelah berhasil login ke VPS lewat putty, diterminal silahkan ketik "nano /etc/openvpn/server.conf" tanpa tanda kutip.

Apabila perintah tidak dikenal, kemungkinan Anda belum menginstal nano, silahkan instal dulu nano dengan mengetik perintah berikut:

  • Untuk VPS centos jalankan perintah berikut: "yum -y install nano" tanpa tanda kutip lalu enter.
  • Untuk VPS debian jalankan perintah berikut: "apt-get -y install nano" tanpa tanda kutip lalu enter.

Kalau sudah selesai menginstal nano silahkan ketik lagi perintah "nano /etc/openvpn/server.conf" tanpa tanda kutip lalu enter.

3. Setelah terbuka /etc/openvpn/server.conf, Anda akan melihat baris paling atas yang merupakan port dari openvpn tersebut, selanjutnya silahkan rubah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cara Merubah Port OpenVPN di VPS Centos dan Debian dengan putty

Setelah selesai silahkan simpan hasil penyetingan dengan cara menekan tombol Ctrl + X lalu Y lalu Enter.

4. Restart OpenVPN dengan cara mengetik "service openvpn restart" tanpa tanda kutip lalu enter.

5. Untuk memastikan apakah perubahan yang Anda lakukan tadi sudah berhasil atau belum, maka silahkan jalankan perintah "netstat -ntlp | grep PORT" nah untuk PORT silahkan ganti dengan port yang tadi Anda masukan.Misalnya Anda mengganti port OpenVPN dari 1194 menjadi 1000 maka perintahnya adalah "netstat -ntlp | grep 1000" lalu enter. Anda akan melihat port tersebut berjalan untuk OpenVPN.

Saya rasa cukup lengkap penjelasan cara merubah port OpenVPN di VPS centos dan debian ini, kalau ada yang kurang dimengerti silahkan layangkan pertanyaan lewat kolom komentar yang disediakan.Sekian dan semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon