Cara Menyembunyikan IP Address Jaringan Lokal di Browser Mozilla Firefox PC dan Android

Banyak orang beranggapan dengan menggunakan proxy atau SSH atau VPN maka segala aktivitasnya dia internet sudah sangat aman, dalam artian siapapun tidak akan mengetahui lokasi asli orang tersebut. Bahkan ada sebagian yang mengatakan kalau dengan menggunakan mode incognito, sudah cukup untuk mengamankan privacy.

Padahal pemikiran seperti itu masih salah besar, karena teknologi proxy, SSH dan VPN hanya bisa mengganti IP yang akan ditampilkan di internet saja, sementara IP lokal yang kita gunakan untuk koneksi awal, seperti IP bawaan operator seluler, IP speedy dan lainnya masih terlihat jelas dan bisa dengan mudah dilacak apabila situs atau jaringan internet yang dikunjungi berniat melacak darimana aslinya asal pengunjung tersebut.

Nah disini saya akan berbagi informasi tentang cara menyembunyikan IP Address Lokal atau Web RTC Disable di PC dan Android agar privacy browsing kita benar-benar aman dan terlindungi.

Cara Menyembunyikan IP Address Lokal di PC dan Android

Agar bisa sepenuhnya bisa menyembunyikan IP ketika sedang berselancar di internet, saya sarankan untuk menggunakan webrowser mozilla firefox.

Mungkin ada diantara pembaca ada yang bertanya, kenapa harus pakai mozilla firefox? apakah tidak kalau menggunakan browser chrome atau yang lainnya..?

Saya mengakui kalau pengetahuan saya masih sangat terbatas, namun yang jelas hanya ada 2 buah browser yang umum digunakan yang bisa diatur sepenuhnya oleh penggunanya, yaitu mozilla firefox dan operamini.

Kenapa saya fokus pada mozilla firefox, karena untuk operamini sudah diseting secara default oleh developersnya menggunakan mode web RTC disable.

Cara menyembunyikan IP Address Lokal di mozilla firefox PC dan Android atau Disable Web RTC

Pertama-tama silahkan buka browser mozilla firefox di PC atau di Android Anda, lalu di kolom pencarian ketik "about:config" tanpa tanda kutip lalu enter.

Di browser mozilla firefox PC akan menampilkan peringatan seperti yang tertera pada gambar dibawah ini:

About:config mozilla firefox

Lalu Anda klik saja tombol Saya terima resikonya!.

Selanjutnya dikolom pencarian baru yang muncul setelah Anda mengklik tombol Saya terima resikonya, silahkan ketik "media.peerconnection.enabled" tanpa tanda kutip, dan setelah muncul media.peerconnection.enabled tersebut, silahkan klik 2 kali untuk merubahnya dari true menjadi false.

Setelah selesai silahkan restart browser mozilla firefoxnya lalu buka kembali, lalu seperti biasa kalau Anda suka menggunakan proxy, SSH atau VPN, jalankan kembali.

Untuk mengetahui apakah IP address bawaan sudah tersembunyi atau belum bisa di cek dengan cara masuk ke situs whoer.net dan disitu Anda bisa melihat detail koneksi, IP, browser dan perangkat yang sedang Anda gunakan.

Contohnya silahkan perhatikan gambar berikut:

Sebelum di disable WebRTC
Sebelum

Sesudah di disable WebRTC
Sesudah

Dua gambar diatas menujukan sebelum dan sesudah disable WebRTC. Pasti Anda melihat perbedaan yang mencolok terutama dibagian Anonymitynya.

Untuk Android pun caranya tetap sama seperti melakukan penyetingan di PC yang sudah saya jelaskan diatas.

Mungkin cukup sekian pembahasan cara menyembunyikan IP Address bawaan jaringan lokal di PC dan Android menggunakan browser Mozilla firefox yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf, dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Pengertian tentang TCP IP atau singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol.
Klik disini untuk membuka komentar

1 comment

makasih infonyaa mass...nanti dicobaa dehh

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER