Cara Menghitung Rumus Resistor Seri dan Paralel

Cara menghitung rumus resistor seri dan paralel - Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai seorang teknisi atau penghobi elektronik, terkadang terbentur masalah seperti membutuhkan sebuah komponen resistor yang ukurannya tidak ada di stok komponen yang kita sediakan. Contohnya kita butuh resistor berukuran 20 ohm, itu sangat sulit didapat karena pada umumnya ukuran resistor yang dijual dipasaran berkisar antara 18 ohm dan 22 ohm, untuk 20 ohm tidak ada.

Nah oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan rumus cara menghitung resistor yang dipasang secara seri dan paralel. Agar ketika menemukan masalah yang saya sebutkan diatas, kita tidak perlu bingung lagi, tinggal memanfaatkan saja komponen resistor yang ada dengan menggunakan hitungan rumus yang benar.

Cara Menghitung Rumus Resistor Seri dan Paralel

Cara menghitung rumus resistor yang dipasang secara seri

Apabila beberapa buah resistor kita pasang secara seri maka ukurannya akan bertambah besar, sebagai contoh kita pasang secara seri 5 buah resistor berukuran 1kohm atau 1000 ohm, maka r 1=1 kohm + r 2=1 kohm + r 3=1 kohm + r 4=1 kohm + r 5=1 kohm maka jumlah akhirnya akan menunjukan ukuran sebesar 5 kohm.

Lalu untuk toleransinya bagaimana? toleransi yang diberikan pada komponen elektronik bisa kurang bisa lebih, atau lebih jelasnya begini, sebuah resitor berukuran 1 kohm dengan toleransi 5%. 1 kohm atau 1000 ohm dibagi 5% = 20 ohm, jadi kalau ukuran resistor tertulis dengan angka atau warna menunjukan ukuran 1 kohm, ukuran murninya bisa saja 980 ohm atau bisa juga 1020 ohm.

Tinggal kita kali kan saja kalau 5 buah resistor berukuran 1 kohm kita pasang secara seri, maka hasil akhirnya bisa 980 ohm x 5= 4,9 kohm, bisa juga 1020 ohm x 5 = 5.1 kohm. Jadi hasil akhirnya tetap memiliki toleransi sebesar 5%.

Resistor dipasang seri

Cara menghitung rumus resistor yang dipasang secara seri

Kalau resitor dipasang secara paralel akan menghasilkan hitungan berbeda 180 derajat dibandingkan dengan resistor yang dipasang secara seri. Sebagai contohnya begini, 5 buah resistor berukuran 1 kohm apabila dipasang secara paralel maka akan menghasilkan ukuran 200 ohm.

Untuk ukuran toleransinya tidak ada beda dengan rumus apabila dipasang secara seri, tinggal kita kali kan ke toleransi 5 % lebih besar, atau ke 5 % lebih kecil.

Resistor dipasang paralel

Saya rasa dua contoh cara menghitung ukuran resistor seri dan paralel berdasarkan rumus diatas sudah cukup jelas, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu banyak teknisi atau penghobi elektronik pemula ketika menemukan masalah seputar resistor.

Baca juga:Cara menghitung rumus kapasitor elektrolit (ELKO) seri dan paralel.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER