Cara Menghindari Pemalakan Pulsa Besar-besaran Berkedok Paket Yellow 1000 1GB Indosat

Saya menulis cara menghindari atau cara agar terhindar dari pemalakan pulsa yang dilakukan oleh operator jaringan seluler Indosat berkedok paket yellow Rp:1000 1GB ini karena saya telah merasakan sendiri bagaimana kejamnya sistem operator indosat mencari kelengahan pelanggannya. Coba saja Anda bayangkan, dengan kedok paket yellow 1000 1GB perhari, ada pulsa puluhan bahkan ratusan ribu pun bisa hilang dalam sekejap tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Cara Menghindari Pemalakan Pulsa Besar-besaran Berkedok Paket Yellow 1000 1GB Indosat

Awalnya saya merasa penasaran melihat keluhan-keluhan para pelanggan indosat yang sering kecolongan pulsa setelah membeli paket yellow Rp: 1000 1GB perhari. Karena tertarik dengan murahnya itu dan kebetulan di TKP saya sinyal indosat sudah 4G, maka saya tertarik menggunakan kartu indosat untuk menutupi kebutuhan internet saya. Menurut saya 1GB sehari sudah sangat cukup untuk segala aktivitas saya di internet.

Singkat cerita saya membeli kartu indosat dan di isi pulsa sebesar 10.000 lalu membeli paket yellow yang 1000 1GB itu, berarti ada sisa pulsa 9.000 dikartu saya. Setelah paket yellow tersebut aktif lalu saya coba gunakan untuk internetan, ternyata kecepatan download dari paket yellow hanya mentok di 250kb, tapi saya anggap cukup kalau sekedar untuk negeblog dan browsing.

Karena kebiasaan menggunakan kartu produk Telkomsel yang selalu memberitahu kalau penggunaan kuota sudah mendekati habis, saya santai saja tidak pernah melakukan pengecekan sisa kuota, saya menunggu ada SMS atau notif lain yang memberitahukan penggunaan atau sisa kuota paket yelllow yang sedang saya gunakan.

Tapi saya ingat dalam SMS notifasi berhasil pendaftaran paket yellow ada jam yang tertera tulisan sebagai berikut:
"Kamu skrg aktif di internet 1GB Rp 1000/hr sd 16/02/2018 01:37. Nikmati pkt INTERNET TERBAIK & TERMURAH di Indonesia. info *123# atau http://im3.do/m3"

Lalu disusul dengan SMS yang bertuliskan kalimat sebagai berikut:
"Khusus untuk pelanggan baru per 11 Dec 2017 paket Yellow 1GB, tidak berlaku perpanjang otomatis. Info *123# atau http://im3.do/yellow"

Karena disitu tertulis jelas tidak berlaku perpanjangan otomatis dan tertulis waktu aktif sampai dengan 01:37, maka saya baru akan mempersiapkan pendaftaran paket lagi antara jam 01:30 sampai 01:37.

Tapi apa yang terjadi tiba-tiba tepat jam 01:31 saya mendapat SMS dari Indosat yang berisi kalimat sebagai berikut:
"Paket internet 1GB Rp 1000/hr kamu sudah tidak aktif. Pemakaian internet akan dikenakan trf perKB. Aktifkan paket Unlimited HANYA di *123# atau?http://im3.do/m3"

Lalu segera saya matikan data dan mencoba mendaftar kembali paket yellow tapi mendapat balasan yang berisi kalimat sebagai berikut:
"Maaf, pulsa tdk cukup/sdg dlm masa tenggang. Isi pulsa &aktifkat Unlimited+ utk nikmati akses INTERNETAN,NelpSMS SEPUASNYA beli di*123# atau im3.do.mc"

Karena penasaran lalu saya melakukan pengecekan pulsa ternyata sisa pulsa saya sudah 0.

Yang jadi pertanyaan saya mulai jam 01 menit keberapa Indosat mulai memalak sisa pulsa saya yang sisa Rp 9000 itu. Sementara saya sangat yakin bahwa penggunaan kuota saya sampai jam 01:30 pun belum mencapai 500MB karena hanya saya gunakan untuk Sosmed dan menulis di blog.

Tetap penasaran besoknya saya membeli pulsa lagi Rp 10.000 dan membeli lagi paket yellow. Disitu tertera bahwa paket saya aktif sampai jam 15:22.

Nah untuk paket yang kedua saya beli berbeda dengan paket yang pertama hampir setiap 3jam ada SMS masuk yang memberitahukan sisa kuota, seolah-olah hal tersebut dilakukan oleh pihak Indosat sebagai ucapan maaf dari kejahatan kemari yang dilakukan terhadap pulsa dan sisa kuota dikartu saya.

Dan saya juga selalu rutin melakukan pengecekan sisa kuota, oleh karena kecepatan paket internet Yellow ini memang sangat rendah, pemakaian 20jam pun belum mampu menembus angka 500MB. Karena masih penasaran dengan kejadian kemarin, saya tetap ingin tau sebenarnya paket Yellow itu berlaku 24jam atau hanya 23jam koma sekian menit, maka saya biarkan saja sampai mendekati jam 15:22.

Saya sangat ingat kalo jam 15:00 ketika saya melakukan pengecekan kuota masih tersisa 470MB, dan kejadian serupa terjadi lagi. Tepat jam 15:20 SMS yang berisi kalimat paket internet 1GB Rp 1000/hr kamu sudah tidak aktif. Dan langsung saya stop data lalu melakukan pengecekan pulsa, ternyata sisa pulsa yang Rp 9000 sudah hilang lagi.

Dengan 2 kali pengalaman dipalak sama Indosat, maka saya ambil kesimpulan, kalau operator jaringan Indosat telah melakukan pencurian pulsa secara besar-besaran dengan kedok paket Yellow Rp 1000 1GB 24jam sesuai dengan keluhan-keluhan yang disampaikan oleh ribuan pengguna lain, seperti salah satu contohnya lihat screen shot dibawah ini.

Bukti indosat menipu pelanggannya

Oleh karena berbagai keluhan sudah sangat banyak dilayangkan oleh ribuan pengguna indosat, namun sepertinya tidak digubris, dan ada juga pengalaman teman saya ketika protes langsung menelpon CS Indosat, pulsa yang dicurinya langsung diganti.

Tapi setelah ada kebijakan registrasi ulang sesuai dengan NIK dan KK, jawaban pihak indosat baru akan mengganti pulsa kalau sudah melakukan registrasi ulang, maka kita sebagai pengguna layanan jaringan indosat harus punya inisiatif sendiri untuk menghidari pemalakan pulsa tersebut.

Berikut cara menghindari pemalakan pulsa besar-besaran yang dilakukan oleh indosat dengan kedok paket Yellow 1000/hr

  1. Lakukan pengecekan data setiap 3 atau 4 jam sekali, dan buktinya harap disimpan.
  2. Aktifkan setelan peringatan penggunaan data di android dengan batas maksimal 900MB, agar muncul peringatan ketika pemakaian data sudah mencapai 900MB.
  3. Stop paket Yellow 1 jam sebelum jam dan menit penipuan dari SMS Notifasi aktif paket yang jelas-jelas tidak sesuai.
  4. Telepon pihak CS Indosat apabila terjadi pemalakan terhadap pulsa kartu Anda, dengan catatan kartu sudah registrasi ulang sesuai NIK dan KK, maka pulsa akan dikembalikan. (Kok dikembalikan? berarti benar pihak indosat mengaku kalau sistemnya telah mengambil pulsa diluar paket Yellow).

Dan terkahir saya menyampaikan keluhan dari banyak pelanggan indosat, "Tolong pihak indosat segera memperbaiki kecacatan sistem dari paket Yellow ini, dengan rutin memberikan informasi penggunaan kuota dan informasi yang benar tentang jam berlakunya paket Yellow harian tersebut".

Nah itulah cara menghindari atau cara agar terhindar dari pemalakan pulsa yang sering dilakukan oleh operator indosat kepada para pelanggannya dengan kedok paket Yellow 1GB 1000 24 Jam.

Baca juga: Kartu perdana telkomsel tidak muncul data di jaringan 3G.
Klik disini untuk membuka komentar

7 comments

Saya juga pernah mengalami mas. Awalnya sih enak karena perpanjang otomatis, tapi semua berubah ketika perpanjangan otomatis dihapus.

Pernah kesedot sejumlah pulsa beberapa kali. Setelah dicermati ternyata memang paket di-stop sebelum masa paket habis.

Sekarang ngakalinnya selalu perpanjang paket 1 jam sebelum masa paket habis :D

Balas

Lucunya.. Walaupun kuota masih 400MB,dan waktu perpanjangan masih 5 jam lagi, entah mengapa pulsaku ttp kesedot juga... Sangat sangat curang provider ini

Balas

Hehe,sprtinya semua pd kena jebakan termasuk sy jg,untung cm sktr 100rbn total dr bbrp x kslhn,tp msh aja nggak kapok pakai paket 1000,niat mau ngirit malah jd buang duit.pnjht zaman now,tanda" mau kiamat,manusia cr duit menghalalkan sgla cara dg kecurangan

Balas

Lha Kalo kasus saya ini gimana gan..
Saya daftar paket 1gb 1k, jadi pulsa saya masih sisa 9k setelah dapat pesan bahwa paket sudah aktif . Saya nyalakan data saya.. Tiba2 ada pesan masuk bahwa saya sedang melakukan internetan dengan tarif perkb setelah saya chek.. Pulsa saya ludes.. Ini sebelumnya dialami temen saya.. Saya cuma bisa bilang "sabar aja" eh sekarang malah giliran saya.. Kalo telfon pihak indosat bisa di ganti gak tuh?

Balas

Aku barusan ngalami ini.... Data seluler mati.. pas mau perpanjang, ternyata sisa pulsa yang 8000 ilang..

Udah hubungi cs di twitter, blm direspon.

Balas

Iya, dulu aku juga sering. Tapi kerana dulu itu aku blm terlalu faham, jadi ya aku biarin aja. Dulu waktu harganya masih 1k, aku sering isi pulsa seharga 10k. Dengan fikiran, bisa internetan murah selama 10 hari. Dan setiap registrasi, berarti kan cuma makan pulsa 1k doang kan??? Tapi kenapa pulsa 10k bisa habis dalam beberapa waktu? Bahkan cm sekitar 5 hari (nggak ada 10 hari). Lagian kalo difikir-fikir, aku nggk pernah make sampai batas waktunya habis.Terus kalo pemakaian udh nyampe 900 Mb, aku udah behenti make. Tunggu keesokan harinya/registrasi lagi. Tapi kenapa 10k nggk bisa nyampe 10 hari? Harganya 1 Gb tuh 1k kann? Dan sekarang, malah naik2 jadi 1500-2k. Kan nyebelin..

Balas

Iya Kak. Dulu aku juga sering banget kena gituan. Dulu waktu harganya 1GB masih 1K, aku serng registrasi paket Yellow. Karwna aku anggap ini lumayan murah. Tapi, setelah aku make beberapa waktu. Disitu aku mulai nemuin banyak kejanggalan. Suatu hari, aku beli pulsa 10k, aku paketin paket Yellow. Berarti pulsa ku tnggal 9K donk? Tapi setelah sekian lama nggk ngecek, tiba² disaat aku udah mau registrasi lagi, inti dr notifikasinya malah "Maaf, sisa pulsa....". Kan aneh. Perasaan pemakaianku normal. Nggk lewat dari masa berlaku. Tapi kenapa 10k nggk bs nyampe 10 hari? Padahal harganya kan 1k. Dan skrg malah naik². Mulai dr 1,5k-2k.😭

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER