Friday, February 09, 2018

Cara Mengatasi Client ID Adsense Blog Tidak Sama Dengan ID Penayang Adsense

Anda masuk ke artikel ini berarti masalah yang sedang Anda hadapi tentang tidak bisa tayangnya iklan Adsense di blog Anda setelah membuat file ads.txt dan menunggu lebih dari 24 jam karena adanya perbedaan antara client ID adsense blog dengan ID penayang adsense yang iklannya di pasang di blog tersebut, dan artikel ini adalah panduan cara mengatasi client ID adsense blog yang tidak sama dengan ID penayang Adsense.

Mengenai adanya perbadaan ID adsense blog dan ID adsense penayang menurut saya hal ini merupakan masalah umum yang bisa terjadi terhadap banyak blog, karena terkadang disebabkan oleh kekurang sabaran seseorang ketika mendaftar adsense, ketika lama tidak mendapat jawaban akhirnya memutuskan untuk mengganti email dan mendaftar ulang menggunakan email baru seperti yang dulu sering saya lakukan.

Saat itu kita tidak tahu, ketika blog pertama kali didaftarkan ke Google Adsense akan menggenerate otomatis client ID adsense untuk blog itu, dan ketika kita mendapatkan sebuah akun adsense dengan cara lain lalu iklannya dipasang di blog tersebut, saat ini akan jadi masalah, karena di akun itu akan muncul peringatan kalau penghasilan beresiko karena satu atau beberapa file ads.txt tidak berisi ID penayang Adsense.

Lalu bagaimana cara mengatasi client ID adsense blog tidak sama dengan ID penayang adsense? caranya sangat sederhana silahkan ikuti petunjuk yang akan saya jelaskan berikut ini.

Cara Mengatasi Client ID Adsense Blog Tidak Sama Dengan ID Penayang Adsense

Cara mengatasi client ID adsense blog tidak sama dengan ID penayang adsense


Pertama-tama silahkan login ke blog yang mendapat peringatan menggunakan email dari akun adsense yang iklannya sedang bermasalah, kalau email tersebut belum punya akses ke blog maka Anda harus mengundangnya terlebih dahulu dan menjadikannya sebagai admin blog. Agar punya hak penuh dalam mengatur segala macam setingan di blog.

Artikel Terkait: Cara menambahkan penulis dan admin ke blog.

Setelah berhasil login ke blog menggunakan email yang memiliki akun adsense, langkah selanjutnya adalah mengganti atau menukar ID akun adsense melalui menu penghasilan (earnings).

Tukar-akun-adsense

Apabila menu penghasilan (earnings) tidak muncul di blog Anda berarti saat ini bahasa pemformatan yang digunakan di blog anda adalah bahasa indonesia, Anda harus merubahnya terlebih dahulu ke bahasa inggris.

Artikel Terkait: Cara mengatur bahasa dan pemformatan di blog.

Selanjutnya akan dibawa ke menu sign up adsense untuk memverifikasi pergantian akun adsense tersebut, dan kalau berhasil akan di diredirect kembali ke blog dan mendapat notif "selamat widget adsense berhasil ditambahkan".

Saya sarankan setelah mendapat notif sukses, rubah kembali Show ads on blog yang baru saja pindah ke Yes secara otomatis menjadi No lagi, agar iklan yang akan tayang tetap dari unit iklan yang terpasang sebelumnya.

Biasanya setelah melakukan pertukaran cliend ID hanya butuh waktu sekitar 10-30 menit iklan akan tayang kembali dan peringatan di dashbord adsense akan hilang, dengan catatan Anda sudah membuat file ads.txt dan sudah menunggu lebih dari 24 jam.

Akun adsense tidak bisa ditukar muncul tulisan This URL is not available for signing up for AdSense


Kalau muncul peringatan This URL is not available for signing up for AdSense yang menyebabkan pertukaran client ID adsense gagal, maka ikuti petunjuk berikut:

  • Hapus dulu file ads.txt yang sudah Anda buat sebelumnya lalu coba klik lagi tukar akun adsense (switch Adsense Account), semoga dengan cara tersebut pertukaran akun bisa dilakukan.

Apabila masih gagal, silahkan lakukan cara terakhir yang menurut pengalaman saya tidak akan gagal. Karena masalah seperti ini terjadi ke beberapa blog saya dan sekarang iklannya sudah normal lagi seperti sediakala.

Caranya sebagai berikut:

  • Masuk dulu ke menu setelan dasar blog lalu hapus dulu custom domain agar blog tersebut berubah ke blogspot.
  • Setelah berubah ke blogspot atau domain awal yang dibuat ketika blog belum di rubah menjadi TLD, silahkan klik kembali tukar akun adsense (switch Adsense Account), dan saya pastikan cara ini akan berhasil menukar akun adsense.
  • Setelah berhasil menukar akun adsense dengan cara mengembalikan dulu domain blog ke blogspot biasanya iklan akan langsung tayang, atau hanya perlu menunggu beberapa menit saja.
  • Secepatnya lakukan lagi pointing domain untuk merubah blogspot ke TLD, kalau tidak ada perubahan DNS di server tempat Anda membeli domain, tidak perlu melakukan pointing DNS lagi, hanya memasukan url domain yang tadi dihapus saja.
Kalau ada yang menyarankan untuk ganti domain, jangan dulu dituruti, karena kasus yang sedang dihadapi bukan blog tidak bisa dipakai daftar adsense, melainkan hanya gagal menukar ID adsense saja. Jadi dengan cara yang saya jelaskan diatas, masalah Anda akan teratasi.

Nah gimana tidak serumit seperti yang Anda bayangkan bukan? hanya perlu mencoba dan butuh sedikit keberanian dan jangan paranoid.

Itulah cara mengatasi client ID adsense yang ada di blog tidak sama dengan ID penayang yang iklan adsensenya dipasang di blog tersebut yang menyebabkan munculnya peringatan penghasilan beresiko dan iklan tiba-tiba tidak tampil di blog Anda. Semoga bermanfaat.

2 COMMENT

.ouwhh jadi gituu kalo beda pastinya iklan gak tayang yahh..??terima kasih infonya mas...

Betul sekali mas, untuk blog yang sudah memiliki Client ID maka wajib sama dengan ID penayang, kecuali kalau blog yang belum memiliki client ID, bebas saja dipasang iklan dari beberapa akun lain.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon