Wednesday, February 14, 2018

Cara Menganalisa dan Memperbaiki Receiver Digital dengan Gejala Lampu Indikator Berkedip

Masalah umum yang sering terjadi pada receiver-receiver digital keluaran terbaru adalah rusak dengan gejala lampu indikator power nyala berkedip, hanya karena kesalahan sedikit saya seperti tidak sengaja terjadi konslet ketika memasang konektor penghubung antara tunner receiver digital ke LNB bisa menyebabkan receiver rusak saat itu juga.

Oleh karena sering sekali masalah seperti itu menimpa teman-teman yang kebanyakan teknisi pemula, baru bisa pasang dan memprogram tapi tidak mengerti sama sekali tentang jenis kerusakan didalam receiver digital tersebut, pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara menganalisa dan memperbaiki kerusakan receiver digital dengan gejala lampu indikator nyala berkedip, agar kalau suatu waktu menemukan masalah seperti itu bisa memperbaikinya sendiri.

Cara Menganalisa dan Memperbaiki Receiver Digital dengan Gejala Lampu Indikator Berkedip

Penyebab lampu indikator berkedip pada receiver digital

Menurut pengalaman penulis, kerusakan receiver digital dengan gejala lampu indikator berkedip ada 3 macam, yang diantaranya:

  1. Terjadi hubungan singkat atau konslet pada salah satu dioda penyearah tegangan regulator (Skunder Regulator).
  2. Terjadi kerusakan dibagian dalam regulator (Primer Regulator).
  3. Terjadi kerusakan pada bagian mesin utama (Mpeg Receiver Digital).

Dan untuk memastikan kerusakan ada dibagian mana perlu dilakukan pemeriksaan bertahap, agar penyebab pastinya bisa ditemukan, dan dengan begitu langkah perbaikan tidak akan memakan waktu yang terlalu lama.

Untuk melakukan pemeriksaan tentu ada beberapa peralatan yang harus anda siapkan, paling tidak harus ada solder, timah, penghisap timah dan alat ukur (avometer).

Saya rasa untuk peralatan dasar pasti Anda sudah punya, sekarang langsung saja ke tahap pemeriksaan.

1. Pemeriksaan dibagian primer regulator
  • Lepas dulu socket penghubung kabel dari regulator ke Mpeg receiver digital, agar pemeriksaan awal bisa fokus kebagian regulator.
  • Setelah itu coba sambungkaan kabel listrik (AC) ke sumber arus listrik lalu ukur dibagian kaki elko utama regulator yang biasanya berukuran antara 22 mf 400-450 volt sampai 100 mf 400-450 volt, untuk receiver digital sekarang jarang menggunakan elko regulator sampai 100 mf.
  • Tegangan dibagian kaki elko regulator sudah pasti ada karena kalau tidak ada tidak mungkin receiver bisa menyala walau berkedip. Yang akan kita analisa disini adalah apakah kerusakan ada di bagian primer atau skunder regulator.
  • Ketika alat ukur sedang menempel pada dua kaki elko yang saya sebutkan tadi, sekarang coba lepas kabel listrik dan amati pergerakan jarum avometer, apabila langsung turun berarti kerusakan kemungkinan besar ada dibagian skunder, tapi kalau ukuran tetap pada posisi 300 volt dan kalaupun turun tapi pelan-pelan, berarti kerusakan ada dibagian primer regulator.
  • Pada beberapa kasus yang menyebabkan lampu power berkedip bisa saja diakibatkan oleh lemahnya elko regulator tadi, jadi ketika ada beban maka tegangan utama yang seharusnya 300 volt stabil menjadi kurang atau kotor.
  • Apabila semua komponen dibagian primer regulator sudah diyakinkan dalam keadaan baik, sekarang kita lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Pemeriksaan bagian skunder regulator
  • Sambungkan kabel listrik lalu ukur tegangan dibagian skunder regulator, apakah normal atau berdenyut sedikit, tegangan yang harusnya 5 volt hanya keluar kurang dari 1 volt itupun kembali terus ke 0 volt.
  • Kalau kasusnya seperti itu, periksa dioda yang menyearahkan arus antara 18 - 22 volt untuk keperluan tunner LNB vertikal dan horisontal.
  • 90% kasus yang saya alamai penyebab receiver digital lampu power nyala berkedip adalah konsletnya dioda untuk tegangan LNB vertikal dan horisontalnya. Tak terkecuali untuk beberapa type receiver digital yang menggunakan sistem dc to dc inverter bagian switch V/H nya, yang menggunakan tegangan dasar 12 volt dari regulator.

3. Pemeriksaan bagian Mpeg receiver digital
  • Saya anggap kasus yang sedang anda hadapi bukan dari kerusakan regulatornya, regulator mengeluarkan tegangan dengan normal ketika kabel dan socket penghubung antara regulator ke Mpeg dilepas, tapi kalau dihubungkan maka tegangan jadi drop dengan lampu power berkedip.
  • Periksa semua komponen penentu tegangan seperti IC 3.3 volt, IC 1.7 volt dan yang lainnya, kalau semua IC penentu tegangan untuk IC Mpeg tidak ada yang konslet, maka dipastikan yang rusak adalah IC Mpegnya itu sendiri.

Nah itulah cara menganalisa dan memperbaiki kerusakan receiver digital dengan gejala lampu indikator power nyala tapi hanya berkedip. Kalau ada hal yang tidak dimengerti atau mau share pengalaman, silahkan layangkan lewat halaman komentar yang say sediakan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara memperbaiki receiver digital yang rusak karena gagal upgrade.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon