Sunday, February 04, 2018

Cara Memodifikasi DC to DC Inverter Backlight LCD Polytron PLM 24B33 dengan Gacun

Apa kabar sahabat teknisi pembaca setia artikel-artikel seputar teknik reparasi elektronik di blog Flyin DVB? semoga kabar teman-teman selalu dalam keadaan baik dan selalu diberi kemudahan dalam mencari rejeki. Sahabat yang baik hati, kali ini Flyin DVB akan berbagai pengalaman tentang cara memodifikasi rangkaian DC to DC inverter backlight LCD Polytron PLM 24B33 menggunakan gacun.

Kebetulan beberapa hari kebelakang saya dapat servisan TV LCD Polytron PLM 24B33 yang kondisinya suara ada tapi gambar gelap, namun masih terlihat ada bayangan gambar. Hal tersebut dikarenakan lampu CCFL tidak menyala. Setelah diperiksa ternyata rangkaian DC to DC inverter backlight nya sudah dalam keadaan terbakar, sampai-sampai saya tidak bisa mengenali jenis IC power yang digunakan untuk DC to DC inverternya.

Tanpa berpikir panjang saya memutuskan untuk memodifikasi rangkain DC to DC inverter backlight tersebut menggunakan gacun, karena berdasarkan beberapa kali pengalaman, cuma dengan cara itulah pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan hasilnya selalu sangat memuaskan.

Baca juga: Berbagai kegunaan gacun.

Baik langsung saja ke pembahasan pokok yaitu:

Cara memodifikasi rangkaian DC to DC inverter backlight LCD Polytron PLM 24B33 menggunakan gacun


Pertama-tama sobat siapkan dulu sebuah gacun, semakin besar ukuran amperenya maka akan semakin bagus dalam hasilnya nanti.

Langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah mengganti resitor 220 Kilo Ohm 2 watt yang ada di gacun dengan resistor berukuran antara 470 ohm - 1K ohm 0,5-2 watt.

Jalur yang akan digunakan di gacun hanya B+ dan Ground saja, jadi untuk kabel biru yang biasa digunakan untuk rangkaian optocoupler dibuang saja.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah sambungkan salah satu jalur dengan B+ dari regulator untuk keperluan tegangan DC to DC inverter menggunakan kabel yang bagus, dan sambungkan jalur yang satunya ke kabel merah dari gacun, dan untuk kabel hitam dari gacun sambungkan ke ground.

Kurang lebihnyaa seperti contoh skema dibawah ini:

Cara Memodifikasi DC to DC Inverter Backlight LCD Polytron PLM 24B33 dengan Gacun

Satu hal yang harus diperhatikan adalah Resistor pengganti Resistor 220k Ohm harus tepat ukurannya agar ketika TV dalam keadaan standby,suplay untuk IC 3842 yang berfungsi sebagai osilator sekaligus driver pada gacun kurang dari 9 volt, agar rangakain gacun tidak bekerja ketika TV dalam keadaan standby.

Dan ketika TV dinyalakan, tegangan B+ untuk DC to DC inverter akan naik ke tegangan aslinya, dan usahakan pada titik input tegangan IC 3842 harus antara 11-12 volt agar tidak terjadi masalah. Makanya dalam menentukan ukuran resistor harus dicoba beberapa ukuran antara 470 ohm sampai 1 K ohm.

Dan kalau pekerjaan sobat sudah dilakukan dengan benar, lampu CCFL akan menyala dengan sempurna.

CCFL LCD Polytron PLM 24B33

Cara ini juga berlaku untuk memodofikasi rangkaian DC to DC inverter backlight selain TV LCD Polytron, asalkan sobat memahami dulu rangkaian dan cara kerja setiap DC to DC inverter yang akan dimodifikasi.

Nah mudah bukan? Itulah cara memodifikasi rangkaian DC to DC inverter backlight LCD Polytron PLM 24B33 menggunakan gacun. Teknisi itu harus selalu punya cara sederhana dengan hasil lebih sempurna daripada rangkaian aslinya.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon