Thursday, February 22, 2018

Cara Membuat Rangkaian Lampu Malam Otomatis Sederhana

Cara membuat rangkaian lampu malam otomatis - Pasti ada diantara pembaca yang merasa heran ketika mendapati sebuah rumah kosong tapi lampu penerangan rumah itu kalau siang padam sendiri, kalau malam menyala sendiri. Atau mungkin kalau Anda perhatikan lampu-lampu penerangan di jalan raya, yang seolah-olah bisa padam dan menyala sendiri.

Padahal sebenarnya bukan seolah-olah, tapi memang kenyataannya seperti itu, lampu-lampu tersebut bisa menyala dan padam secara otomatis, karena ada sebuah rangkaian digital atau semi digital yang menggerakan lampu-lampu itu untuk menyala di malam hari dan padam sendiri di siang hari.

Nah supaya Anda tidak terheran-heran, disini saya akan menjelaskan tentang cara membuat rangkaian lampu malam otomatis itu, dan jika berminat Anda bisa mempraktekannya sendiri membuat rangkaian lampu malam otomatis sesuai dengan petunjuk yang akan saya berikan.

Cara Membuat Rangkaian Lampu Malam Otomatis

Cara Membuat Rangkaian Lampu Malam Otomatis


Komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian lampu malam otomatis sederhana ini adalah sebagai berikut:

  • 1 buah LDR
  • 1 buah Relay 12 volt DC
  • 1 buah resistor 220 K Ohm 2 watt
  • 1 buah resistor 270 ohm
  • 1 buah potensio meter atau VR 20 K ohm
  • 1 buah Kapasitor Elektrolit (ELKO) 100/25 volt
  • 1 buah dioda zener 12 volt
  • 1 buah Transistor BD 139
  • 1 buah lampu (terserah berapa watt)
  • PCB dan kabel-kabel secukupnya.

Nah kalau semua komponen sudah siap, tinggal Anda rangkai sesuai dengan gambar dibawah ini.

Rangkaian lampu malam otomatis sederhana

Setelah rangkaian selesai dibuat, untuk melakukan pengetesan pastikan posisi Potensio Meter VR berada di posisi antara kaki resistor 270 ohm dan kaki LDR.

Selanjutnya tutup muka dari LDR agar tidak mendapatkan cahaya, dan putar pelan-pelan potensio meter sampai terdengar suara Relay bergerak menghubungkan arus input AC ke lampu, dan sudah pasti lampu akan menyala. Lalu buka muka dari LDR dan pastinya Relay akan terbuka lagi sehingga lampu akan padam.

Kenapa bisa begitu? Karena sistem kerja dari LDR ukurannya akan menjadi kecil apabila terkena cahaya, atau hanya sekitar 2.2 K ohm saja, sehingga arus yang mengalir dari tegangan 12 volt yang dihasilkan oleh resistor 220 K 2 watt dan di batasi oleh dioda zener 12 volt dan di filter oleh elko 100/25 volt yang menuju kaki basis transistor lewat potensio meter atau VR menjadi tersumbat, hal ini akan menyebabkan relay tetap terbuka.

Dan apabila LDR tidak mendapatkan cahaya, maka ukurannya menjadi besar sampai kurang lebih 27 k ohm, sehingga arus yang melewati VR dan R 270 ohm akan masuk ke basis transistor dan menggerakan relay supaya tertutup dan menyambungkan arus listrik ke lampu.

Itulah cara membuat rangkaian lampu malam otomatis sederhana yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kalau ada yang kurang dimengerti silahkan layangkan pertanyaan lewat kolom komentar yang disediakan. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon