Cara Membuat Pemanas Air Sederhana

Di zaman yang serba canggih ini kok masih kepikiran saya untuk menulis artikel cara membuat pemanas air sederhana, bukankah pemanas air yang terbilang canggih pun dapat dibeli dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan? Itu memang iya, tapi, situasi darurat bisa menimpa siapa saja. Misalnya mahasiswa yang tinggal di kost-kostan tengah malam kepingin minum kopi, pemanas air tidak ada, kompor habis gas nya, mau kewarung tengah malam sudah pada tutup.

Nah dengan memanfaatkan bahan seadanya dan sedikit ide kita bisa dengan mudah bisa mendapatkan air panas, dan kalau Anda tidak tau caranya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat pemanas air sederhana hanya dengan menggunakan alat yang biasa digunakan oleh kita sehari-hari.

Cara Membuat Pemanas Air Sederhana

Cara membuat pemanas air sederhana

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Kabel listrik dan stiker (colokan)
  • 2 buah bahan logam, bisa menggunakan sendok makan atau garpu
  • Penyekat
  • Gelas kaca
  • Air bersih yang akan dipanaskan.

Kalau semua bahan sudah tersedia, sekarang kita lanjut ke praktek pembuatannya.

  • Sambungkan masing-masing ujung kabel listrik ke logam yang akan digunakan sebagai penghantar listrik. (Ujung kabel A ke logam A, ujung kabel B ke logam B).
  • Dekatkan kedua buah logam yang sudah terhubung dengan kabel listrik dan beri penyekat atau pembatas, untuk penyekat gunakan bahan non induktor, bisa menggunakan bahan kayu atau talenan dapur yang dipotong kira-kira lebat 3 cm panjang 7 cm.
  • Ikat kedua buah logam menggunakan tali dari bahan non induktor juga, bisa menggunakan kabel yang tidak dikupas isolasinya.

Atau agar lebih jelas silahkan perhatikan skema rangkaian pemanas air sederhana dibawah ini.

Rangkaian Pemanas Air Sederhana

intinya kedua buah logam dari bahan apa saja harus berdekatan dan harus terlahalang oleh penyekat agar tidak terjadi hubungan singkat (konslet). Dan usahakan jaraknya antara logam A dan logam B paling dekat 2 cm.

Kalau rangakaian sudah jadi, silahkan masukan kedalam gelas kaca yang sudah terisi air bersih dan ujung stiker listrik sambungkan ke arus listrik, dan kurang dari 30 menit air sudah siap digunakan untuk menyeduh kopi.

Kenapa terjadi panas? karena air berfungsi sebagai hambatan yang berubah menjadi energi panas, kurang lebih nya begitu lah sodara-sodara.

Nah itulah tutorial singkat tentang cara membuat pemanas air sederhana untuk mengantisipasi situasi darurat yang bisa terjadi kepada siapa saja. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara membuat kompor listrik sederhana.
Klik disini untuk membuka komentar

1 comment

Ini cara saya waktu ngekos dulu masa kuliah mas hahahahaha. Kesan paling menarik adalah sempat konslek hingga mati listrik ntah ada yang hangus hahhaahaaa... tapi tiap mau rebus mie atau mau buat kopi, itu andalan saya

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER