Sunday, March 18, 2018

2 Cara Extract File Rar dan Zip di Android

Tidak selamanya ketika kita mendownload file dari internet bentuknya sudah berupa aplikasi tinggal pakai atau tinggal instal. Tapi adakalanya file tersebut terpaksa oleh yang uploadnya dirubah dulu menjadi file Rar, dan karena saya melihat masih banyak yang belum paham bagaimana menggunakan file yang masih berbentuk Rar tersebut, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara meng-extract file Rar di Android.

Cara Extract File Rar dan Zip di Android

2 Cara Extract File Rar di Android


Sebenarnya banyak sekali cara untuk membuka atau meng-extract file Rar di android, tapi disini saya hanya akan menjelaskan dua cara saja, karena pada dasarnya tujuannya tetap sama.

1. Menggunakan aplikasi bawaan android

Silahkan klik file yang masih berbentuk Rar lalu akan muncul tab dan pilih Extract (Ekstrak). Maka file tersebur akan berubah menjadi sebuah folder, dan didalam folder itulah Anda akan menemukan file asli yang tadi di extract.

Perhatikan gambat dibawah ini.

Cara Extract File Rar dan Zip di Android

Mas kok di android saya kalau file rar di klik tidak ada pilihan ekstrak nya, itu kenapa? Itu karena dalam sistem android Anda tidak terdapat aplikasi bawaan untuk meng-extract file rar atau zip. Berarti Anda harus menggunakan cara kedua, silahkan simak.

2. Menggunakan aplikasi RAR apk

Memang ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang punya fungsi untuk meng-extract file rar di android, tapi disini saya tidak akan mengenalkan banyak aplikasi, saya hanya akan mengenalkan kepada Anda aplikasi untuk membuka file rar yang sejak dulu digunakan untuk PC dan sekarang hadir juga untuk android, yaitu RAR apk.

ectraxt file rar dengan winrar apk

Dan kelebihan dari RAR apk ini bisa meng-extract file menjadi folder, bisa meng-extract file langsung tanpa folder, dan jenis file yang bisa di extract oleh RAR apk ini ada banyak sekali, diantaranya:

  • RAR
  • GZ
  • BZ2
  • XZ
  • 7z
  • ISO
  • ARJ
  • Arsip
  • Dan bisa juga mengkompres file menjadi file rar, zip dan dan rar4x.

Kalau Anda belum memilikinya bisa di download lewat link dibawah ini:


Setelah di downlaod silahkan instal dan gunakan untuk meng-extract file rar yang tidak bisa di extract langsung dengan android.

Nah mudah bukan? Itulah dua cara mengextract file RAR di android yang bisa saya sampaiakan pada artikel kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon