Kartu Perdana Telkomsel Tidak Muncul Data di Jaringan 3G

Pasti Anda sedang mengalami masalah yang sering saya alami, yaitu kartu perdana Telkomsel yang sudah berlabel 4G tidak bisa muncul sinyal data kalau kita sedang berada di jaringan 3G sementara kalau di jaringan 4G semuanya baik-baik saja.

Kejadian seperti itu bukan satu atau dua kali saya alami, dan karena saya yakin akan banyak yang mengalaminya maka pada artikel ini saya akan membahas cara mengatasi kartu perdana Telkomsel yang tidak muncul data di jaringan 3G.

Kartu Perdana Telkomsel Tidak Muncul Data di Jaringan 3G

Ada 3 cara untuk mengatasi masalah tidak munculnya sinyal data di jaringan untuk kartu perdana telkomsel 4G yaitu sebagai berikut:

1. Menghubungi CS (Costumer Servis) Telkomsel

Menghubungi pihak CS Telkomsel sebaiknya coba Anda lakukan, untuk mengetahui penyebab utamanya, siapa tau nasib kartu perdana telkomsel Anda jauh lebih baik dari kartu-kartu perdana saya.

Karena menurut pengalaman saya dari beberapa kali menghubungi pihak CS Telkomsel belum pernah mendapat jawaban yang jelas.

Dulu sebelum ada kebijakan harus mendaftarkan kartu menggunakan nomer NIK dan KK, jawaban dari CS telkomsel untuk kasus yang saya alami katanya kartu wajib ada pulsa minimal 5.000 agar bisa mengakses semua jaringan data Telkomsel (3G dan 4G).

Namun setelah saya isi pulsa bahkan lebih banyak dari nominal yang disebutkan oleh pihak CS, hasilnya tetap nihil, kartu perdana saya tetap hanya bisa menerima sinyal data di jaringan 4G saja.

Sekarang setelah ada kebijakan setiap kartu GSM Telkomsel juga kartu seluler lain baik itu kartu perdana juga kartu lama wajib didaftarkan ulang dengan menggunakan data valid sesuai dengan no NIK dan KK masing.

Ketika mengalami masalah tidak munculnya sinyal data di jaringan 3G, jawaban CS telkomsel pasti bilang kartu Anda belum diregistrasi dengan benar, silahkan lakukan registrasi dengan cara SMS ke 4444 dengan format REG NIK#no KK#. Setelah itu silahkan matikan ponsel dan hidupkan ulang untuk bisa mengakses jaringan di 3G.

Saya tidak Akan dan tidak mungkin melakukan apa yang disuruh oleh pihak CS Telkomsel itu, karena NIK dan KK saya sudah digunakan untuk mendaftarkan 3 kartu Telkomsel, jelas sudah tidak akan bisa lagi, karena satu nomer NIK dan KK hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan 3 kartu untuk masing-masing operator.

Sementara saat ini banyak sekali penjual kartu menjual kartu perdana yang sudah terisi kuota sampai 30GB dengan harga yang sangat murah, sangat sayang kalau dilewatkan. Jadi untuk saat ini saya lebih suka membeli kartu perdana yang banyak kuotanya lalu daftar biasa saja dengan mengsisi data asal-asalan dan memasukan ID penjual setelah kuotanya habis ya dibuang.

Dan saya tidak yakin kalau solusi itu bisa menyelesaikan masalah, paling cuma modus (belajar dari pengalaman). hehe.

2. Lakukan penutupan dan pembukaan GPRS

Kalau cara pertama yaitu menghubungi pihak CS Telkomsel tidak mendapat solusi yang jelas seperti yang selalu saya alami, coba cara kedua yaitu menonaktifkan dan mengaktifkan ulang layanan GPRS untuk kartu telkomsel.

Caranya sebagai berikut:
  • Dial *363*212# lalu pilih 1 untuk melanjutkan maka fitur GPRS kartu Anda akan ditutup oleh Telkomsel.
  • Dial *363*213# untuk meminta diaktifkan kembali layanan GPRS kartu Anda oleh Telkomsel.

Cara kedua menurut pengalaman saya sangat sering berhasil tapi tidak untuk semua kartu, dan kalau kartu Anda termasuk yang tidak berhasil dengan cara kedua coba cara yang terakhir.

3. Aktifkan GPRS Roaming

Cara ketiga ini menurut pengalaman saya adalah yang paling ampuh, yaitu dengan mengaktifkan layanan GPRS roaming maka kartu-kartu perdana saya bisa muncul data di jaringan 3G.

Caranya sebagai berikut:
  • Dial *266*6*2# akan muncul notifasi terima kasih, Layanan GPRS Roaming Anda sedang diproses.

Selanjutnya silahkan on off data bisa dengan cara mengaktifkan mode pesawat lalu menonaktifkannya lagi, atau dengan cara merestart perangkat smartphone Android Anda dan saya berdoa semoga cara yang ketiga ini berhasil juga untuk mengatasi masalah Anda.

Nah itulah cara mengatasi kartu perdana Telkomsel yang tidak muncul sinyal data di jaringan 3G. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Paket internet murah telkomsel 1 GB sampai 45 GB mulai 20 ribuan untuk 2 bulan.
Klik disini untuk membuka komentar

35 comments

work pakai cara ke 3.
terimakasih 😀

Balas

Cara ke 3 ampuh banget gan , terimakasih atas pencerahannya🙏

Balas

Hehe selamat mas, dan jangan lupa paket kuot videomax nya dipakai juga ya :)

Balas

trims mas. setelah saya menderita beberapa bulan tentang masalah ini akhirnya bisa terobati. langsung muncul H+ hehe

Balas

trims mas. setelah menderita beberapa bulan ttg masalah ini akirnya sdh oke....

Balas

Terima kasih blog nya sangat bermanfaat :) (y)

Balas

Mantap cari kesana sini ternyata ada juga yg posting hehe sangat membantu bro tks.

Balas

Cara ke-3 mantap.
Good job for tou

Balas

Thanks gan, sukses with number 3

Balas

Ko saya pake cara ke 3 malah muncul "maaf input tidak valid"

Balas

Thanks work cara kedua hehe

Balas

Mantap gan number 3 berhasil. Terimakasih banyak yah gan

Balas

Makasih banyak gan, cara ke 3 ampuh banget

Balas

Mantabb josss nomor 3 nya mas trima kasih banyak ya semoga sukses selalu

Balas

NO 3 AMPUH BENER GAN,MANTAPPPPPPP !!!!

Balas

Selamat ya, dan terima kasih banyak untuk suport dan doanya, semoga blog ini selalu bisa memberikan informasi bermanfaat untuk pembacanya

Balas

Selamat ya, jangan kapok untuk berkunjung kembali.

Balas

Mntap dah.cara ke 3 berhasil

Balas

Cara ke 3 ampuh gan thanx .. Recomended x nih admin ny

Balas

cara 3 top gan. tank infonya

Balas

Trimakasih banyak mas, akhirnya permasalahan saya slama ini bisa slsai juga, cara ke tiga work

Balas


baru beli perdana paket telkomsel 27gb, di aktifin gk nongol jaringan nya, coba cara ke 2 dan ke 3 ampuh banget, jozz
kasih gan bermanfaat banget

Balas

Mksh gan no 3 ajebb benerrr akhrnya mau juga

Balas

Nomor 3 sangat ampuh

Makasih bg.

Balas

Ko cara no 3 gk bisa ya min? Malah ke paketan gitu, serius min data jaringan kartu telkomsel 3G saya gk keluar keluar.

Balas

ko punya saya ga bisa ya gan. pake cara ketiga jga

Balas

Bang kenapa cara ke 3 ad tulisan maaf untuk sementara menu ini di nonaktifkan

Balas

semua cara sudah gak bisa gan , Layanna ini sementara di tutup

Balas

Sekarang cara tersebut sudah dinonaktifkan. Lalu bagaimana ya ? Mungkin ada solusi. Thanks

Balas

Gan mohon bantuanya logo H + tidak muncul di mana caranya ya

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER