Wednesday, January 31, 2018

Cara Mengatasi Penghasilan Beresiko Karena Satu Atau Beberapa File Ads txt Tidak Berisi ID Penayang Adsense

Mungkin ada diantara pembaca yang sedang mengalami masalah munculnya peringatan di dashboard Adsense yang menyatakan "Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt tidak berisi ID penayang Adsense". Kalau peringatan itu tidak segera diatasi maka akan menyebabkan dihentikannya penayangan iklan di situs yang mendapat peringatan sampai pemilik situs tersebut berhasil menyelesaikan masalahnya.

Berhubung kejadian tersebut baru saja terjadi kepada salah satu blog sahabat terbik saya, dan tentunya bisa menimpa siapa saja, dan kemungkinan besar penyebabnya adalah memang ada kebijakan baru dari Google yang menyarankan setiap situs penayang memiliki file ads.txt masing-masing, jadi disarankan untuk setiap penayang agar memasang file ads.txt di blog yang menayangkan iklan Google.

Kalau sudah mendapat peringatan dan terlambat memperbaikinya tentu kita sendiri yang rugi, akan kehilangan penghasilan untuk sementara karena tayangan iklan otomatis akan dihentikan.

Cara Mengatasi Penghasilan Beresiko Karena Satu Atau Beberapa File Ads txt Tidak berisi ID Penayang Adsense

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Sebenarnya pihak Google adsense telah memberikan arahan tentang cara mengatasi masalah diatas, yaitu dengan cara membuat file ads.txt Anda sendiri untuk AdSense. Namun karena ini adalah masalah baru, jadi belum begitu banyak penayang yang tau bagaimana cara membuatnya, terutama untuk penayang yang menggunakan platform blogger.

Berikut ini cara membuat file ads.txt untuk mengatasi masalah penghasilan beresiko karena satu atau beberapa file ads.txt tidak berisi ID penayang Adsense:


Pertama-tama buat dulu file ads.txt nya di notepad agar mudah mengeditnya. Untuk formatnya sebagai berikut:
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Pastikan pub-0000000000000000 diganti dengan id penayang milik Kita.

Setelah selesai lalu silahkan login ke dashboard bogger dan klik menu Setelan (Settings) lalu pilih preferensi penelusuran (Search Preferences), disitu ada menu baru dengan label Monetization dan posisi defaultnya adalah disable.

Lalu silahkan klik edit dan pada pilihan Enable custom ads.txt content? pilih Yes. Selanjutnya silahkan masukan file ads.txt yang dibuat tadi dan kalau sudah silahkan klik Simpan Perubahan.

Cara membuat file ads.txt di blogger

Setelah selesai membuat file ads.txt di blog, langkah selanjutnya adalah mengklik tulisan ACTION pada banner peringatan di dashboard Google Adsense dan kita harus menunggu keputusan dari pihak Google Adsense maksimal 24 jam setelah kita membuat file ads.txt dan mengklik tombol Action.

Nah itulah cara membuat file ads.txt di blogger untuk mengatasi masalah "Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt tidak berisi ID penayang Adsense". Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon