Saturday, January 27, 2018

Cara Mengatasi Android Bootloop Dengan Mudah

Cara Mengatasi Android Bootloop - Beragam jenis dan model Android kini sangat banyak ditawarkan, dari pilihan harga paling murah sampai yang paling mahal, oleh sebab itu tidak heran kalau hampir semua orang pasti memiliki Android dengan jenis merk dan model yang sesuai dengan tingkatan ekonomi mereka.

Android merupakan perangkat kecil dengan kemampuan yang sangat canggih, bahkan dengan dukungan OS dan aplikasi-aplikasi yang banyak ditawarkan oleh para developers apps, kemampuan sebuah perangkat smartphone android sudah menyamai kemampuan komputer, atau bisa dibilang kalau smarphone android adalah komputer mini dengan kemampuan sama canggihnya dengan perangkat laptop atau desktop.

Namun secanggih apapun sebuah teknologi tetap ada kelemahannya, seperti yang paling sering dialami oleh perangkat android adalah bootloop atau hidup segan mati tak mau, dan saya yakin Anda berada di artikel ini karena smartphone android Anda sedang mengalami masalah yaitu bootlop.

Cara Mengatasi Android Bootloop

Bootloop atau gagal booting merupakan permasalah yang umum terjadi, baik itu terjadi pada android kelas murahan atau android paling mahal sekalipun pasti diantaranya akan mengalami bootloop. Jadi kalau android Anda mengalami bootloop jangan terlalu menyesali keadaan, karena bukan android anda saja yang mengalami hal itu.

Pada umumnya bootloop bisa disebabkan oleh gagalnya upgrade sistem, root tidak sempurna, kesalahan menggunakan firmware, dan ada juga yang bootloop karena memang adanya kerusakan pada komponen didalam perangkat android tersebut, seperti rusaknya eMMC android sudah pasti akan menyebabkan bootloop.

Bootloop pada android terbagi menjadi 3 jenis bootloop, yang diantaranya:

  1. Android Light Bootloop
  2. Android Medium Bootloop
  3. Android Hard Bootloop

Dan dari ketiga jenis kategori bootloop yang saya sebutkan tentu ada penyebab dan cara mengatasinya sesuai dengan tingkat kerusakan bootloop yang dialami.

Berikut penyebab dan cara mengatasi bootloop pada android


1. Android light bootloop

Light bootloop atau bootloop dengan kategori paling ringan biasanya disebabkan oleh kesalahan instalasi aplikasi (Apikasi Crash) atau karena terlalu lama digunakan untuk bermain game sehingga android menjadi sangat panas dan tiba-tiba restart sendiri lalu berhenti di logo android tidak mau menyala seperti biasanya.

Karena didalam android terdapat sebuah chip yang merupakan otak dari android tersebut apabila mengalami panas yang berlebihan atau dipaksa menginstal aplikasi yang rusak maka chip tersebut akan mengalami error atau jenuh sehingga sistem hard reboot akan bekerja untuk mengamankan otak android dari kerusakan.

Kalau Anda mengalami kejadian tersebut, cara mengatasinya coba dengan mencabut baterai android beberapa menit sampai android menjadi dingin. Setelah dingin coba pasang kembali baterai dan nyalakan kembali, biasanya masalah sudah bisa diatasi.

2. Android medium bootloop

Medium bootloop atau kategori bootloop kelas sedang biasanya disebabkan oleh rusaknya sistem pada android, bisa disebabkan oleh kesalahan pengguna yang mencoba mengutak-atik fitur atau mencoba masuk ke system recovery yang dimana system recovery merupakan bagian penting dari android.

Sekarang pertanyaan dari saya apakah kejadian tersebut terjadi setelah anda mencoba masuk ke system recovery seperti mau melakukan root? atau mencoba menginstal custom room yang serupa padahal tidak sama?.

Kalau memang benar kejadiaanya seperti itu cara mengatasinya adalah harus mengembalikan system android ke aslinya, namun karena sudah terjadi kerusakan ada system recovery maka untuk memperbaikinya diperlukan file recovery CMW atau system asli dari android tersebut.

Dan untuk mengembalikan file recovery CMW tidak bisa dilakukan oleh android yang sedang dalam keadaan bootloop, tapi diperlukan sebuah perangkat komputer atau laptop dengan catatan Anda harus memiliki dulu recivery CMW atau room asli dari jenis android tersebut.

3. Android hard bootloop

Hard bootloop atau bootloop dengan kategori paling parah biasanya terjadi karena banyak hal, bisa karena rusak system tingkat parah bahkan bisa saja karena kerusakan pada komponen seperti eMMC dan lain-lain.

Dan untuk mengatasinya tentu diperlukan kemampuan khusus dan peralatan yang lengkap. Namun tidak ada salahnya kalau mencoba melakukan hard reset dan menginstal ulang OS, kalau cara tersebut tidak berhasil mau tidak mau Anda harus membawa smartphone android ke ahlinya, atau akan lebih baik kalau android tersebut dibawa ke servis centernya.

Nah itulah informasi ringan tentang penyebab dan cara mengatasi android bootloop berdasarkan kategori atau tingkat kerusakan masing-masing.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon