Thursday, January 04, 2018

Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS Gratis di Blogger Yang Sudah di Custom Domain

Cara mengaktifkan fitur HTTPS gratis di Blogger yang sudah di custom domain - Rupanya Google sudah tidak main-main lagi dalam menghimbau semua pemilik situs blog baik yang masih menggunakan domain blogspot maupun yang sudah di custom domain (TLD) untuk segera menggunakan fitur HTTPS, hal tersebut dibuktikan dengan munculnya fitur pengaktifkan HTTPS untuk semua situs blog yang menggunakan platform blogger.

Memang sejak beberapa bulan kebelakang himbauan untuk menggunakan fitur HTTPS yang merupakan sambungan aman terenskripsi sudah muncul di menu pengoptimalan Google Adsense dengan dalih untuk meningkatkan penghasilan penayang. Padahal kalau menurut saya tujuan utama Google bukan untuk itu saja, melainkan Google menginginkan lalulintas yang bersih ke semua situs penayang atau situs yang menjalankan media periklanan Google.

Nah oleh sebab itu apa salahnya kalau kita menurut saja dengan apa yang di inginkan oleh Google, karena memang setelah saya baca-baca, banyak sekali keuntungan yang didapat kalau situs kita menggunakan sambungan aman terenskripsi yaitu HTTPS, apalagi dengan adanya fasilitas gratis dari Google, kita sudah tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan biaya untuk menyewa layanan SSL yang lumayan mahal juga.

Namun sayangnya kemunculan fitur HTTPS atau SSL gratis dari Google untuk blog yang menggunakan platform blogspot ini tidak banyak orang yang mengetahuinya, termasuk saya sendiri baru mengetahuinya beberapa hari kebelakang. Karena fitur HTTPS gratis tersebut harus di aktifkan dengan cara khusus.

Nah bagi Anda yang memang belum tau bagaimana cara memunculkan dan mengaktifkkan fitur HTTPS atau SSL gratis untuk blog yang menggunakan platform blogspot, akan saya jelaskan secara rinci pada artikel ini, silahkan simak baik-baik.

Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS Gratis di Blogger Yang Sudah di Custom Domain

Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogger Yang Sudah di Custom Domain


Pertama-tama silahkan Anda masuk ke blogger dengan menggunakan link: draft.blogger.com, lalu pilih setelan dasar, maka Anda akan menjumpai fitur baru yaitu pilihan untuk menggunakan HTTPS atau tidak seperti pada gambar dibawah ini..

fitur https gratis dari google

Anda tinggal memilih Yes, maka secara otomatis blog anda akan bisa diakses dengan https dalam beberapa menit kedepan.

Namun ada satu hal penting yang harus Anda lakukan sebelum mengaktifkaan fitur HTTPS tersebut agar tidak terjadi masalah ketika pengunjung mau mengkases situs blog Anda tanpa WWW, maka seting dulu redirect dari non WWW ke WWW dengan cara sebagai berikut:

Pertama silahkan klik edit di bagian custom domain, atau bagian dimana dulu Anda mempointing domain dari blogspot ke domain milik Anda.

edit custom domain

lalu centang pada redirect non WWW ke WWW, silahkan perhatikan gambar berikut:

rediect non www ke www

Setelah Anda berhasilkan menyeting redirect non WWW ke WWW maka langkah terakhir adalah mengaktifkan fitur HTTPS tadi.

Informasi tambahan, setelah selesai mengatifkan fitur HTTPS di blog Anda, maka Anda harus menambahkan properti baru di google webmaster dengan memasukan alamat yang diawali dengan https dan juga jangan lupa untuk mengirim sitemap versi httpsnya.

Jadi nantinya Anda akan memiliki 2 properti untuk blog yang sama, yaitu properti situs yang diawali dengan HTTP dan properti situs yang diawali dengan HTTPS, contohnya:

  1. http://www.flyin-dvb.com dengan sitemap http://www.flyin-dvb.com/sitemap.xml
  2. https://www.flyin-dvb.com dengan sitemap https://www.flyin-dvb.com.

Nah mudah bukan? itulah cara mengaktifkan fitur HTTPS gratis dari Google untuk situs blog yang sudah di custom domain yang menggunakan platform blogspot. Sekian dan semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon