Cara Limit Squid ke IP SSH di VPS Debian dan Centos

Jumpa lagi dengan artikel seputar VPS dan SSH, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara limit squid ke IP SSH. Yang dimaksud dengan limit squid ke IP SSH adalah membatasi proxy squid agar hanya konek dengan IP SSH tertentu atau IP SSH yang sudah kita integrasikan dengan squid proxy tersebut.

Kalau kita membeli VPS dari penjual yang sudah menyediakan script instalan untuk SSH biasanya sudah dilengkapi dengan fitur limit squid to IP SSH, dengan kata lain squid milik kita sudah teramankan tidak akan bisa digunakan oleh IP SSH lain.

Namun dengan begitu saja tidak cukup, bagaimana kalau kita memiliki beberepa server SSH yang ingin menggunakan satu squid proxy saja? tentu harus melakukan penyetingan secara manual untuk memasukan beberapa IP kedalam squid proxy yang akan dijadikan squid proxy tunggal.

Sebagai contoh saya memiliki 10 server SSH dan 1 server squid proxy, saya sengaja membuat squid tunggal untuk 10 server SSH saya agar port lain seperti port 80 yang biasa digunakan untuk koneksi SSH mode direct bisa dilakukan oleh semua server SSH milik saya.

Nah oleh sebab itu cara menyeting limit squid to IP SSH sangat mutlak diketahui oleh setiap pengelola VPS agar bisa lebih memaksimalkan kinerjanya.

Cara Limit Squid ke IP SSH di VPS Debian dan Centos

Cara Limit Squid ke IP SSH

  • Pertama-tama silahkan login ke VPS lewat webmin, setelah berhasil login silahkan klik Servers lalu klik Squid Proxy Server.

Cara seting limit squid to ip ssh tahap 1

  • Selanjutnya pilih Access Control yang gambar kunci warna kuning.

Cara seting limit squid to ip ssh tahap 2

  • Langkah selanjutnya adalah membuat Access Control List (ACL) baru, pada menu dropdown sebelah Create New ACL rubah yang awalnya berada di Browser Regexp menjadi Web Server Adress dan kalau sudah silahkan klik Create new ACL.

Cara seting limit squid to ip ssh tahap 3

  • Selanjutnya mengedit ACL dengan membuat nama ACL, ACL Name bebas pakai nama apa saja, di From IP masukan IP yang sedang anda seting atau IP yang akan digunakan squid, dan di To IP masukan IP yang akan menggunakan squid, dan di Netmask isi dengan 255.255.255.255 kalau sudah benar silahkan klik tombol Save.

Cara seting limit squid to ip ssh tahap 4

  • Langkah selanjutnya membuat proxy restriction, silahkan klik tab proxy restriction dan dibawah klik tulisan Add proxy restriction.

Cara seting limit squid to ip ssh tahap 5

  • Selanjutnya akan terbuka menu Create Proxy Restriction, dan di kolom Match ACLs pilih nama ACL yang Anda buat tadi, setelah itu pastikan radio button sudah dalam posisi allow, dan kalau sudah silahkan klik tombol Save.

Cara seting limit squid to ip ssh tahap 6

  • Langkah selanjutnya adalah menggeser nama ACL yang sudah anda buat dan seting tadi ke posisi paling atas dengan cara mengklik tanda panah yang mengarah keatas sampai posisi nama ACL berada paling atas, dan langkah terakhir adalah mengklik tulisan Apply Changes Stop Squid.

Cara seting limit squid to ip ssh tahap 7

  • Nah sampai disitu penyetingan limit squid to IP SSH sudah selesai, dan langkah selanjutnya silahkan Start lagi squidnya lalu reboot VPS anda, apabila VPS sudah booting lagi silahkan test apakah pekerjaan Anda sudah berhasil atau belum dengan mencoba menggunakan squid dengan IP yang anda tentukan tadi.

Saya rasa cukup lengkap pembahasan tentang cara limit squid to IP SSH di VPS Debian dan Centos ini, kalau ada hal yang kurang Anda mengerti bisa layangkan pertanyaan di kolom komentar yang saya sediakan. Sekian dan semoga bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER