Friday, January 19, 2018

Cara Backup dan Restore User SSH di VPS Debian dan Centos

Jumpa lagi di artikel yang khusus membahas serba-serbi VPS, dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara backup dan restore user SSH di VPS debian dan Centos, yang tujuannya adalah untuk jaga-jaga apabila hal yang tidak di inginkan terjadi terhadap VPS yang sedang Anda kelola.

Tentu Anda tidak mau kalau suatu saat VPS yang sedang Anda kelola dan didalamnya terdapat banyak user yang sedang online atau berlangganan di VPS Anda tiba-tiba mengalami masalah, sampai-sampai untuk login ke webmin saja sudah tidak bisa, dan jalan keluar satu-satunya hanya bisa dengan cara instal ulang.

Lalu bagaimana dengan nasib user SSH Anda? walaupun Anda sudah mecatat user dan password dari semua pelanggan Anda di dokomen tapi untuk membuat lagi daftar user satu persatu bukanlah pekerjaan mudah, dan belum tentu user SSH Anda bisa terima kalau harus menunggu terlalu lama agar bisa online lagi setelah pekerjaan instal ulang VPS dan memasukan lagi semua daftar user selesai Anda kerjakan.

Oleh sebab itu melakukan backup setiap kali selesai menambahkan user baru sangatlah dianjurkan, agar ketika terjadi masalah Anda cukup merestorenya saja da user SSH Anda bisa kembali menikmati layanan dari VPS Anda.

Baca Juga: Cara install dan seting VPS untuk SSH agar support SSL.

Cara Backup dan Restore User SSH di VPS Debian dan Centos

1. Cara backup user SSH


Pertama-tama silahkan login ke webmin VPS Debian atau Centos Anda, dan setelah berhasil login lalu klik menu webmin dan pilih Backup Configuration File.

Perhatikan gambar berikut:

Cara backup user SSH Langkah 1

Langkah selanjutnya pilih Tab Backup lalu pilih User and Groups lalu pilih Download in browser dan terkahir klik tombol Backup Now.

Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Cara backup user SSH Langkah 2

Sampai langkah itu maka Anda telah berhasil melakukan backup user SSH, dan sekali lagi saya tegaskan, melakukan backup sangat disarankan setiap kali selesai membuat user baru.

2. Cara Restore User SSH


Sekarang lanjut ke cara retore user SSH atau mengembalikan lagi daftar user SSH tanpa harus mengetik lagi satu-persatu.

Langkah-langkah awalnya sama dengan seperti mau membackup, tapi di menu Backup Configuration Files Anda harus memilih Tab Restore Now.

Dan untuk langkah selanjutnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Cara restore user SSH

Pastikan tidak ada langkah yang terlewati, dan kalau sudah dirasa benar silahkan klik tombol Restore Now dan sistem akan memproses perintah yang Anda minta, dan kalau langkah-langkah yang Anda lakukan sudah benar maka semua daftar user SSH Anda akan kembali seperti semula.

Nah itulah cara backup dan restore user SSH di VPS Debian dan Centos yang bisa saya jelaskan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoag artikel ini ada manfaatnya.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon