Apa Itu Konten SEO? Panduan Lengkap Membuat Konten SEO Untuk Pemula

Apa Itu Konten SEO? Panduan Lengkap Membuat Konten SEO Untuk Pemula

Siapa pun Anda yang memulai karir sebagai Blogger harus mengenal dan terbiasa dengan istilah "Konten SEO" karena ini sangat penting untuk karir yang sedang Anda rintis.

Jangan membantah, setiap blogger pasti menginginkan konten yang dia ciptakan bisa menjadi yang terbaik di mesin pencari.

Anda berada di artikel ini bukan kebetulan, tapi saya sengaja mengajak Anda kesini melalui mesin pencari dan melalui link yang saya share di media sosial untuk sama-sama belajar apa yang disebut konten SEO dan bagaimana cara membuatnya.

Baik mari kita mulai...!

Apa itu konten SEO?

Agar lebih mudah dipahami saya akan menjelaskannya dalam 2 kalimat terpisah, karena kalimat "Konten" dan "SEO" memiliki arti yang berbeda namun memiliki keterkaitan erat dalam dunia blogging dan saling membantu satu sama lain.

1. Konten: Dalam pencarian internet dibagi menjadi beberapa jenis, Ada konten dalam bentuk tulisan, ada konten dalam bentuk gambar, ada konten dalam bentuk video, dan ada juga konten dalam bentuk audio. Yang kesemuanya itu disimpulkan menjadi sebuah karya konten online yang akan dilihat oleh siapa saja yang menemukan konten tersebut di internet.

2. SEO: "SEO" sebenarnya sebuah singkatan dari "Search Engine Optimization". Atau kalau di artikan kedalam bahasa indonesia artinya "Pengoptimalan Mesin Pencari".

Sekarang muncul pertanyaan, Pengoptimalan Mesin Pencari untuk apa?..

Jawabannya, ya untuk mengoptimalkan konten yang telah Anda buat sebelumnya dan termasuk semua jenis konten didalamnya.
  • SEO untuk konten berbentuk artikel
  • SEO untuk konten berupa video
  • SEO untuk konten berupa gambar
  • SEO untuk konten berupa audio.

Walau banyak yang bersikukuh kalau konten adalah raja, tapi fakta berbicara sebaik dan sebagus apapun sebuah konten tidak akan begitu berharga kalau tidak ditunjang dengan SEO. Loh kenapa saya bilang konten tidak ada harganya tanpa SEO? Silahkan Anda membuat konten yang menurut Anda paling baik diantara yang terbaik lalu segera publikasikan konten Anda tersebut.

Apakah konten Anda berharga? iya menurut Anda karena belum ada satu orang pun yang melihat konten Anda. Yang menilai bagus atau tidaknya sebuah konten kan bukan Anda, tapi sipenikmat konten tersebut yaitu audien.

Saya rasa setelah membaca keterangan diatas sekarang Anda sudah mulai paham tentang apa itu konten dan apa itu SEO serta kaitannya.

Sekarang kita lanjut ketahap selanjutnya yaitu..

Bagaimana cara membuat konten SEO?

Disini saya tidak akan menjelaskan semuanya karena terlalu rumit untuk dipahami oleh pemula. Saya akan menjelaskan hal-hal penting saja.

Tapi percayalah, dengan membuat konten untuk SEO yang akan saya jelaskan, situs Anda akan mendapatkan lonjakan trafik yang luar biasa seperti yang pernah blog saya rasakan sebelum semua artikel di blog saya re-write dan di copy paste dalam skala besar dan terjadi secara terus menerus:

1. Riset kata kunci
Jika Anda ingin mendapatkan trafik dari mesin pencari atau biasa disebut trafik organik, maka melakukan riset kata kunci sangat penting sebelum Anda mulai menulis konten. Karena dengan cara ini, Anda bisa fokus pada kata kunci yang volume pencariannya sudah ada, dan pastinya sudah menjadi bagian dari informasi yang akan dicari pengguna internet.

Untuk melakukan riset kata kunci Anda bisa menggunakan tool gratis seperti Google Adwrods keyword planner.

2. Optimalkan kata kunci
Setelah menemukan kata kunci, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan kata kunci tersebut didalam artikel. Atau yang sering disebut dengan istilah cara menyisipkan kata kunci yang baik dan benar didalam konten. Ingat jangan pernah menggunakan teknik penyebaran banyak kata kunci dalam satu konten kecuali menggunakan teknik link building. Untuk menggunakan teknik link building berarti Anda harus membuat dulu konten-konten lain yang kata kuncinya akan disisipkan melalui teknik link building tersebut.

Kalau Anda belum memiliki konten yang relevan sebaiknya tetap fokus pada satu kata kunci. Atau kalau memang mau memaksa mengoptimisasi kata kunci tersebut dengan melibatkan kata kunci turunan, sebaiknya menggunakan link keluar ke situs yang memiliki kata kunci tersebut.

3. Siapkan konten original
Konten yang mudah dioptimisasi dan disukai oleh setiap mesin pencari adalah konten yang benar-benar asli, dengan kata lain bukan konten hasil copy paste atau konten hasil re-write. Walau memang yang terjadi sekarang ini konten hasil copy paste dan konten hasil re-write sering mendominasi mesin pencarian teratas.

Tapi tidak akan memiliki laman landas yang menghasilkan konversi tinggi. Makanya jangan heran kalau konten hasil re-write kalau dipasangkan iklan Google Adsense, maka BPK nya tidak akan pernah sebagus konten yang pertama kali mendapatkan laman landas.

4. Perbanyak kata dalam konten
Berdasarkan pengamatan saya selama 20 bulan mengelola 14 blog, konten yang paling cepat mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian adalah konten yang memiliki panjang minimal 1000 kata. Apalagi kalau untuk blog berbahasa inggris, beberapa kali saya mencoba menerbitkan konten yang hanya 2000 kata, jangankan untuk mendapatkan posisi terbaik, untuk diindeks saja oleh mesin pencari sangatlah sulit.

Jadi salahsatu syarat membuat konten SEO menurut pengalaman saya, usahakan memiliki panjang 1000 kata untuk blog berbahasa indonesia, dan 2500 kata untuk blog berbahasa inggris.

Seperti apa strategi SEO yang saya gunakan?

Terlepas dari cara membuat konten SEO dengan melakukan riset kata kunci, mengoptimalkan kata kunci, membuat konten yang original dan memperbanyak kata dalam setiap konten. Masih ada lagi strategi yang harus dijalankan agar konten tersebut mampu mendapatkan posisi terbaik atau SEO, yaitu dengan cara meningkatkan visibilitas.

Pemeringkatan sebuah halaman posting tidak cukup dengan kepiawaian Anda meramu sebuah konten. Tapi harus tetap melibatkan beberapa strategi yang diantaranya:

1. Mempromosikan konten
Untuk mempromosikan konten agar visibilitasnya tinggi saya hanya menggunakan cara gratis, yaitu dengan share konten ke media sosial sebagai cara untuk mendapatkan trafik non organik ke blog saya. Media sosial yang sering saya gunakan diantarannya Google + dan Facebook.

Dengan begitu visibilitas terhadap konten-konten saya menjadi semakin tinggi, dan secara perlahan setiap konten menjadi populer, akhirnya mesin pencari pun dengan sukarela memposisikan konten tersebut di posisi terbaik.

2. Melakukan update konten
Mungkin sebagian pembaca rutin atau yang berlangganan lewat email belakangan ini banyak yang mengira saya sudah malas membuat konten baru. Padahal saya memiliki 9 email untuk mengelola 14 blog yang berbeda. Dan untuk blog ini saya lebih sering melakukan update dibanding mempubliksikan konten baru.

Karena salah satu strategi SEO terbaik yang saya baca dari beberapa forum, melakukan update 1 artikel yang sudah tidak produktif itu jauh lebih baik daripada mempublish 10 konten baru, terutama untuk konten yang sudah memiliki banyak pembaca. Karena kalau tidak dilakukan Anda akan kehilangan banyak pelanggan.

3. Memeriksa kesehatan blog
Di dunia terutama Indonesia dipenuhi oleh sekian banyak manusia dzolim yang selalu melakukan berbagai cara untuk mejatuhkan orang lain, yang salah satunya adalah dengan sengaja menyebar penyakit ke blog kita. Seperti dengan sengaja membuat email untuk berkomentar di blog kita lalu mereka sengaja menghapus emailnya tersebut.

Dengan begitu otomatis komentarnya tersebut menjadi link mati yang akan menurunkan SEO dari konten itu. Oleh sebab itu, memeriksa kesehatan blog seperti melakukan pengecekan link error di blog merupakan kegiatan rutin saya sebagai strategi SEO.

Penutup: Panduan lengkap tentang cara membuat konten SEO dan menjaga agar konten tersebut tetap SEO ini pasti masih jauh dari harapan pembaca. Oleh sebab itu, bagi Anda yang merasa masih pemula jangan sungkan-sungkan untuk bertanya, dan bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman dan pemahaman lebih, silahkan berbagi ilmunya kepada kami-kami yang masih belajar.

Baca Juga: 4 Teknik dasar SEO untuk mendapatkan trafik organik.
Klik disini untuk membuka komentar

6 comments

Sepertinya saya komentator Pertamax nih om 😁

Artikel yang sangat bagus om, mohon izin saya sedot ilmunya untuk memperkaya wawasan blogging saya yg masih nubie ini. 😊

Balas

Hehe terima kasih Bang Izal sudah berkunjung dan berkomentar. Hanya halusinasi seorang blogger yang galau ingin menjadi yang terbaik di Google :)

Balas

Rasa-rasanya tidak enak badan kalau tidak membaca artikel diblog ini, hehe ...
Info yang sangat bagus, bang. Lanjutkan terus.
Mohon kunjungannya bang, mana tahu ada banyak kekurangan diblog saya.
Salam dari Lhokseumawe

Balas

Hanya belajar menulis saja kok mas bos, terima kasih sudah berkunjung.

Balas

Situs nya belum valid AMP dan untuk halaman komentar masih menuju situs pembuat template, jadi saya hanya bisa berkunjung tanpa bisa memberikan komentar apa-apa mas.

Balas

Hooo,, begitu rupanya, pantesan blognya sepi dari "cacian."
O ya bang, biar valid AMP nya saya mesti gimana???

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER