Cara Mengecek Mencari dan Memperbaiki Link Error di Blog

Cara mengecek, mencari dan memperbaiki link error di Blog - Apabila Anda menganggap situs atau Blog adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat berarti, maka Anda tidak boleh lupa untuk menjadwalkan waktu dalam merawatnya. Jangan sampai karena lalai situs atau Blog Anda citra nya menjadi buruk di mata pengunjung dan juga di mata mesin telusur atau search engine.

Sebagai pemilik situs Blog yang baik sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala kesehatan Blog, barangkali terdapat link error atau link rusak (broken link) yang akan menggangu perayapan. Dan sebagai sesama Blogger (pemilik Blog) saya berkewajiban untuk saling mengingatkan tentang tata cara yang baik dalam merawat situs atau Blog.

Satu hal yang paling sering terjadi dan tentu akan sangat menjengkelkan bagi pengunjung adalah ketika pengunjung menemukan sesuatu yang mereka cari di mesin pencari tapi ketika mereka mengklik tautan tersebut ternyata malah dihadapkan dengan pesan kesalahan 404 link rusak atau Page Not Found.

Nah apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus terjadi maka sudah pasti citra baik Blog Anda akan menjadi buruk, dan lebih celakanya lagi setiap pesan kesalahan yang di alami oleh pengunjung akan secara otomatis memberikan sinyal kepada mesin perayap untuk memberikan laporan kepada webmaster tools yang biasa kita temukan pada Fitur kesalahan perayapaan.

Berikut ini adalah cara mengecek, mencari dan memperbaiki link error di Blog

Agar mudah dipahami, saya akan menjelaskan secara rinci dengan tahapan-tahapannya dalam melakukan perbaikan terhadap kesalahan tersebut.

1. Cara mengecek link error

Disini saya akan menjelaskan cara untuk mengecek link yang error menggunakan layanan gratis yaitu online broken link checker. Silahkan buka halaman http://www.brokenlinkcheck.com/ maka anda akan dibawa ke halaman utama situs online tersebut.

Cara mengecek mencari dan memperbaiki link error di blog

Selanjutnya silahkan masukan alamat Blog anda pada kolom yang disediakan. Sebagai contoh saya akan menggunakan alamat Blog saya ini yaitu "www.flyin-dvb.com" pada kolom yang disediakan.

Cara mengecek mencari dan memperbaiki link error di blog

Setelah alamat Blog atau situs dimasukan, silahkan klik tombol Find broken links maka anda akan disuruh memasukan chapta, setelah kolom chapta disini, silahkan tunggu sampai proses perayapan semua URL yang ada di Blog kita selesai, prosesnya agak lumayan lama kalau di Blog anda sudah terdapat banyak tautan (URL), dan bagusnya dari tools online broken link checker ini adalah merayapi semua tautan termasuk URL yang terdapat pada halaman komentar Blog.

Setelah prosesnya selesai maka kita akan melihat beberapa link yang error (kalau memang ada) yang ada di Blog kita tersebut, seperti contohnya Blog saya terdapat 854 web page (halaman web) dan 7 diantaranya adalah link memang error.

gambar menunjukan halaman rusak

Setelah ditemukan adanya link rusak atau error didalam Blog anda, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencari letak dimana adanya link yang error tersebut.

2. Cara mencari link error

Masih dihalaman online broken link checker silahkan klik tulisan URL yang ada pada table yang menunjukan adanya link yang error, agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Cara mencari halaman yang terdapat link rusak

Silahkan anda klik satu persatu, nantinya anda akan dibawa kehalaman Blog anda yang didalamnya terdapat link yang error, sebagai contoh saya akan mengklik URL nomer satu dari table find broken link diatas.

Ternyata saya dibawa kehalaman artikel yang berjudul cara membuat deskripsi untuk blog. untuk URL ke 2 dan seterusnya halamannya berbeda-beda. Sampai disitu anda sudah tau pada halaman mana terdapat link yang memang error atau tautan rusak yang ada di Blog anda.

3. Cara memperbaiki link error

Setelah anda tau halaman mana yang terdapat link yang bermasalah, sekarang kita lanjut ke cara memperbaiki link rusak atau error tersebut, karena kita tidak tau persis link mana sebenarnya yang rusak, bisa saja ada pada link keluar, link masuk atau link yang ada pada halaman komentar.

Masih dihalamaan online broken link checker, sekarang klik tulisan SRC yang terdapat pada table broken link satu persatu, maka anda akan mendapat petunjuk pasti letak keberadaan link rusak atau error tersebut. Sebagai contoh lagi, saya akan mengklik SRC nomer 1 yang ada ditable broken link Blog saya.

Cara mencari letak link yang rusak

Dan ternyata link error yang terdapat di Blog saya tersebut, terletak pada halaman komentar dari salah satu pengunjung yang mungkin sudah menutup akunnya, itulah yang menyebabkan kesalahan pada perayapan halaman Blog saya.

Letak pasti link error

Letak kesalahan untuk setiap Blog tentunya berbeda-beda, ada link rusak atau error yang disebabkan oleh diri kita sendiri, seperti menghapus halaman tanpa menghapusnya dulu di webmaster tool, untuk memperbaikinya (silahkan baca: Cara memperbaiki kesalahan perayapaan error 404 not found di webmaster).

Ada juga kesalahan yang diakibatkan oleh internal link dan outbound link. Makanya sangat disarankan untuk berhati-hati dalam membangun backlink, karena bisa saja kita memasang link masuk atau link keluar yang halaman tersebutnya sudah mati.

Setelah semua URL yang error atau rusak dihapus atau diperbaiki, sebaiknya lakukan pengecekan sekali lagi untuk memastikan apakah masih terdapat link error atau sudah tidak ada.

Ciri ciri blog yang sehat

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara mengecek, mencari dan memperbaiki link error yang terdapat pada Blog, sebagai upaya perawatan rutin yang wajib dilakukan oleh setiap webmaster untuk menjaga kesehatan situs atau Blog nya, semakin rajin kita merawat Blog maka Blog akan semakin sehat. Dan semakin sehat sebuah Blog maka akan semakin baik refutasinya baik dimata pengunjung dan juga search engine, Semoga artikel ini bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

1 comment

Terima kasih mas, barusan aku cek ling erornya ternyata ada 5 yang eror, sudah diperbaiki :D

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER