Titik Protect Umum Pada TV Polytron

Sebenarnya ada beberapa bagian yang bisa menyebabkan tv polytron protect, tapi yang paling sering dijumpai adalah keringnya elko 1uf 50 volt, dari kaki ic vertikal menuju titik pin protect pada IC HBT 00-01, 02, 03, 04G dan sebagainya, biasanya protect pada tv polytron dikeluhkan oleh konsumen dengan gejala, ketika dingin tv menjadi susah hidup, atau lampu stanby balik lagi ke warna merah, tapi kalau terus dihidupkan maka tv bisa hidup, bahkan sampai berhari-hari.

Titik atau pin protect pada tv polytron

Kalau sobat menemukan gejala seperti yang saya jelaskan di atas, sudah pasti 100% kerusakan ada pada elko 1 uf 50 volt yang saya sebutkan tadi, lalu dimana letak titik atau pin protect pada tv polytron itu? agar lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Titik atau pin protect pada tv polytron

Ujung multimeter menempel pada kaki elko 1 uf 50 volt yang kering dan menyebabkan tv polytron protect.

Penyebab tv polytron protect

Kalau elko yang berukuran 1 uf 50 volt tersebut kering, maka arus bolak balik AC yang diteruskan ke dioda IN 4148 untuk membangkitkan tegangan antara 3.9-5 volt dc jadi berkurang, dan titik protect pada IC HBT 00 - 0x akan mendeteksi adanya kerusakan, dan akan menyebabkan tv protect.

Perhatikan lagi gambar berikut

Titik protect umum pada tv polytron

Kaki atau pin IC HBT nomer 62 adalah titik protect dari tv polytron, dimana kaki ic tersebut harus mendapatkan tegangan minimal 3.9 Volt maksimal 5 volt. kalau kalau tegangan kurang dari 3.9 volt, maka tv akan mulai susah dihidupkan, apalagi kalau sudah dibawah 3 volt, kemungkinan tv tidak akan sanggup untuk menyala.

Untuk menggantinya sebaiknya gunakan ukuran yang 2 kali lebih besar, pengalaman saya biasa menggunakan elko 2.2 uf 50 volt, lebih menjamin keawetannya.

Itulah titik protect pada tv polytron yang umum ditemukan. semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca juga: Kerusakan umum yang biasa terjadi pada tv polytron
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER