Pengalaman Perbaiki Mesin Cuci Sharp ES-F866S-B

Mungkin ada sedang kebetulan mencari artikel tentang cara memperbaiki mesin cuci sharp ES-F866S-B - Mesin cuci Sharp ES-F866S-B merupakan merupakan mesin cuci dengan teknologi yang sangat canggih, dilengkapi dengan kontrol system yang sangat menakjubkan, salah satunya yaitu system Sensor Water Control atau control air, system inilah yang jadi otak utama dari mesin cuci ini.

Beberapa hari kebelakang saya dapat panggilan untuk memperbaiki mesin cuci Sharp ES-F866S-B yang mati secara tiba-tiba, setelah cek dan ricek ternyata ada beberapa kabel yang putus akibat digigit tikus, tidak ada kesulitan khusus dalam menyambung kabel-kabel yang putus karena kabel-kabel tersebut memiliki warna yang berbeda antara satu sama lain, jadi saya tingal menyambungkan kabel sesuai dengan warnanya masing-masing.

Pengalaman Perbaiki Mesin Cuci Sharp ES-F866S-B


Setelah semua kabel tersambung dan sudah saya bungkus dengan isolasi dengan sangat rapih dan tebal, dengan tujuan agar tikus tidak begitu mudah merusak lagi kabel-kabel tersebut, lalu saya colokan kabel listriknya lalu saya tekan tombol powernya, dan suara khas dari mesin cuci digital terdengar dengan merdunya, alangkah senangnya hati saya, ternyata gak ada kendala yang berat, lalu saya tekan tombol start dan terdengan suara air mulai mengalir, karena mesin cuci tersebut dilengkapi dengan sensor water control jadi mesin penggerak atau dinamonya tidak akan bekerja sebelum titik air sesuai dengan beban yang akan di cuci, tapi alangkah terkejutnya saya, kok tiba-tiba suara motor dinamo berbunyi dan proses memcuci sudah dijalankan padahal air mungkin baru 1 liter.

Otak saya mulai muter, apa ini penyebabnya? dan saya langsung dapat kesimpulan, oh berarti sistem detektor airnya tidak berpungsi, langsung saya matikan mesin cuci lalu saya periksa Sensor Water Controlnya, sensor tersebut tebuat dari dsebuah coil lilitan dalam selobong perit yang di dalam selobong tersebut terdapat logam, yang tujuannya apabila logam tersebut terdorong oleh tekanan air maka induksi yang dihasilkan akan menghasilkan frekuensi tertentu yang di salurkan ke rangkaian Control Prosessor Unit atau CPU Controlnya, akibat rangkaian tersebut tidak bekerja maka otak CPU menajdi eror, akhirnya tidak bisa lagi mengontrol apakah air didalam mesin cuci sudah cukup atau belum.

Tanpa pikir panjang langsung saya otak atik Control Water tersebut dan ternyata hasilnya masih dalam keadaan bagus, lalu saya lepas selang tekanan air dari tabung cuci menuju Sensor Control Water tersebut, dan saya tiup sambil menyalakan mesin cuci, hasilnya ternyata mesin cuci bekerja dengan baik, berarti selang tekanan udara sudah dalam keadaan bocor kecil akibat tersentuh gigitan tikus tadi.

Pengalaman Perbaiki Mesin Cuci Sharp ES-F866S-B

Langsung saja saya ganti selang tersebut dan mesin cuci sudah kembali normal seperti sedia kala, dan saya bisa pulang dengan perasaan lega karena pekerjaan selesai dan dapat bayaran yang lumayan besar.

Yang perlu kita perhatikan sebelum mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan sebuah teknologi, pelajari dulu cara kerja atau sistem kerjanya, kalau sudah kita pahami maka dalam proses pengerjaan tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Itulah pengalaman saya dalam memperbaiki mesin cuci Sharp ES-F866S-B, semoga bisa jadi referensi bagi anda yang mengalami hal yang sama.

Semoga bermanfaat.

12 Komentar untuk judul "Pengalaman Perbaiki Mesin Cuci Sharp ES-F866S-B"

  1. Kendala yang sering sekali didapat di lingkungan Bisnis Laundry kiloan.
    Jika sudahbicara kerusakan CPU, biasanya akan mahal sekali biaya penggantian 1 Set. Bisa2 mending beli baru lagi.
    terkadang kasihan melihat bisnis Laundry kiloan yang mengalami kerusakan pada Mesin Cuci nya, mengingat Mesin Cuci adalah tulang punggung bisnis ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, tapi tidak selalu kerusakan di bagian CPU harus di ganti total, pengalaman saya komponen-komponen yang sering rusak untuk bagian CPU adalah Kapasitornya.

      Hapus
    2. Harga kapasitornya berapaan dan dimana yg banyak jual ya? Makasih

      Hapus
    3. Harga kapasitornya berapaan dan dimana yg banyak jual ya? Makasih

      Hapus
    4. Harga kapasitor kisaran 30-50rb mas, ditoko elektronik biasanya banyak, kalau gak ada bisa dibeli secara online

      Hapus
  2. Mantap artikelnya, jd pengen perbaiki sendiri mesin cuci di rumah yang sempat di service oleh tukang service tp belum bagus,yg nyervis ga balik2 lg entah kemana.
    Kurreee pak flyun dvb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe kurre sumanga bro, kurang ajar tuh tukang servis, lain kali hati-hati kalau memilih tukang servis bro

      Hapus
  3. izin bertanya mas.
    saya memakai mesin cuci dengan model yg sama, kendalanya begini mas..setelah proses cuci dan masuk ke proses bilas..selalunya mati suri mas dengan tanda bunyi tit..tit..tit..tit..
    mohon solusinya mas..
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya mesin pembuangan air tidak bekerja, jadi sistem akan error sendiri.

      Hapus
  4. Maaaf mau tanya cara membuka spinernya soalnya mau dibersihin...bs gak tutorialnya.trmksh.mesin yg dgunakan sama persis modelny trmosh

    BalasHapus
  5. Mohon ijin bertanya saya memiliki mesin cuci yg sama...mengapa setelah air penuh mesin tidak bekerja dan hanya berkedip sensornya dan pembuangan air tidak berfungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu kerusakan ada dibagian sensor pendeteksi air. Jadi sekalipun air penuh atau kita menginstruksikan mesin untuk membuang air, tetap tidak akan bekerja. Coba periksa dinamo yang menggerakan klep pembuangan air siapa tau nyangkut atau tegangan kesitu tidak ada. Bisa saja karena kabel putus atau memang modul digitalnya sudah rusak untuk bagian pembuangan dan sensor air.

      Hapus