Cara Membuat Artikel SEO Yang Baik dan Benar

Artikel ini adalah panduan cara membuat artikel SEO yang baik dan benar. Agar artikel yang Anda buat menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.

Yang dimaksud dengan artikel SEO adalah artikel yang cara membuatnya menggunakan teknik SEO.

SEO adalah Search Engine Optimization. Atau dengan kata lain, Artikel SEO itu adalah artikel yang di optimalkan agar ramah mesin pencari.

Cara Membuat Artikel SEO

Cara membuat artikel SEO sebenarnya bukan sesuatu yang sulit. Asalkan Anda mengetahui apa yang diinginkan oleh mesin pencari.

Mesin pencari sudah dirancang sedemikian rupa untuk merayapi semua konten yang ada disetiap situs online berdasarkan minat pencarinya.

Setiap pencari konten di internet mengetikan sebuah kata kunci, maka mesin pencari akan berusaha mencari konten yang benar-benar relevan dengan apa yang diinginkan oleh sipencari tersebut.

Nah dari gambaran diatas mungkin Anda sudah bisa mengambil kesimpulan. Kalau yang disebut artikel SEO itu adalah artikel yang ramah mesin pencari dan relevan dengan keinginan pencari konten.

Kedengarannya mudah. Hanya mencari keinginan pencari konten, lalu Anda membuatnya, dan mesin pencari akan mengarahkan pencari tersebut ke situs tempat berada artikel yang kita tulis.

Contohnya begini: Pencari membutuhkan jawaban dari 100 x 70. Lalu Anda menulis jawaban dari 100 x 70 = 7000. Selesai.

Pertanyaanya apakah mesin pencari akan dengan serta merta mengarahkan pengunjung ke situs Anda? Belum tentu.

Kenapa? Karena ribuan bahkan jutaan situs menulis jawaban yang sama. Dan bisa saja jawaban dari artikel Anda yang sejatinya benar malah diabaikan. Karena dianggap meniru jawaban dari situs lain.

Inilah pentingnya mengerti cara membuat artikel SEO yang baik dan benar agar mampu bersaing dengan situs lain dan mampu menjadi pemenangnya.

Lalu bagaimana cara membuat artikel SEO yang baik dan benar itu? Simaklah artikel ini sampai selesai lalu silahkan coba praktekan.

1. Reset Keyword

Reset keyword atau mencari dan memilih kata kunci adalah langkah pertama dalam pembuatan artikel SEO. Karena kata kunci inilah yang nanti akan dicocokan oleh mesin pencari dengan apa yang ditulis oleh calon pengunjung.

Dalam memilih dan menentukan kata kunci atau keyword disarankan agar sesuai dengan apa yang sekiranya akan ditulis oleh calon pengunjung, atau yang sesuai dengan jawaban.

Contohnya: Kata kunci yang akan Anda gunakan misalnya "Cara agar jadi nomer 1 di Google". Ada banyak sekali sinomim dari kalimat diatas. Anda boleh memilih kata kunci pilarya atau kata kunci auto komplit yang direkomendasikan oleh mesin pencari.

Seperti apa kata kunci auto komplit itu?

Silahkan ketik satu kata kunci di Google, misalnya "Cara agar jadi nomer 1 di Google". Maka secara otomatis Google akan menampilkan kata kunci lain yang relevan dan sama-sama trending dengan kata kunci diatas.

Riset keyword untuk membuat artikel SEO

Anda bisa memilih salahsatunya atau mencari dulu tingkat persainganya mana yang lebih tinggi dan mana yang lebih rendah.

Dengan mencoba mengklik satu persatu Anda akan mengetahui kata kunci seperti apa yang paling sering digunakan oleh pengguna internet yang terkait dengan kata kunci tersebut.

Setelah Anda yakin dengan kata kunci yang akan Anda gunakan ketika mau membuat artikel SEO, langkah selanjutnya adalah memulai membuat artikel.

Baca juga: 3 Pilar SEO yang harus diketahui.

2. Membuat permalink SEO

Langkah kedua dalam pembuatan artikel SEO adalah membuat permalik yang memiliki sinyal SEO yang kuat.

Ketika Anda memulai membuat artikel dan menulis kata kunci pada judul, disitulah secara otomatis semua system posting baik blogger atau wordpress juga platform lain akan membuat sebuah permalik.

Kalau Anda membuat artikel di wordpress biasanya permalink akan menjadi terlalu panjang. Karena system posting wordpress akan menyatukan semua judul menjadi permalink.

Lalu kalau Anda membuat artikel di blogger, biasanya permalink akan terputus pada panjang tertentu.

Nah permalink yang dibuat oleh system secara otomatis terkadang tidak memenuhi unsur SEO. Jadi harus ada upaya lain agar permalink tersebut memiliki sinyal SEO.

Karena kalau terlalu panjang akan terpotong di pencarian, kalau kalimatnya terputus akan membuat ragu calon pengunjung.

Lalu bagaimana cara membuat permalink yang SEO?

Disemua fitur pembuatan artikel baik di wordpress ataupun blogger ada fitur yang memberi keleluasaan bagi kita untuk menentukan permalink.

Tinggal Anda edit dan sesuaikan permalink dengan yang memiliki sinyal SEO. Disarankan untuk permalink yang SEO adalah mengandung fokus keyword atau hanya 1 kata kunci saja.

Contohnya:
  • Judul artikel "Cara membuat artikel SEO yang baik dan benar".
  • Permalink yang disarankan contohnya: "https://www.flyin-dvb.com/2016/10/cara-membuat-artikel-seo.html".

3. Memberi deskripsi yang relevan

Sampai saat ini deskripsi masih sinyal terkuat untuk SEO. Sebuah deskripsi yang relevan akan senantiasa ditampilkan dimesin pencari.

Dari sekian kali Google melakukan update algoritma, hanya artikel yang menggunakan deskripsi yang relevanlah yang sepertinya tidak pernah goyah oleh perubahan algoritma.

Selain bagus untuk SEO, deksripsi juga mampu memeberi rujukan yang kuat bagi pengunjung untuk mengklik halaman tersebut.

Deskripsi yang SEO untuk artikel adalah yang mengandung atau terisip kata kunci didalamnnya.
Misalnya Anda menulis judul "Cara membuat artikel SEO". Pada deksripsi buatlah kalimat yang tidak boleh lebih dari 160 karater dengan bagus dan deskripstif.

Contoh derskripsi yang bagus untuk judul artikel tersebut kurang lebih seperti ini:
Berikut ini panduan lengkap cara membuat artikel SEO yang baik dan benar agar artikel yang Anda buat menjadi yang terbaik.
Nah apabila deskripsi dimunculkan dibawah judul artikel oleh mesin pencari dengan kalimat yang deskriptif seperti diatas. Maka sangat memungkinkan calong pengunjung untuk tertarik masuk ke artikel Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Deskripsi Blog Yang Baik dan Benar.

4. Gunakan kata kunci pada pembukaan artikel

Setelah judul, permalink dan deksripsi selesai Anda buat. Langkah selanjutnya adalah memulai menulis artikel. Dan agar artikel tersebut menjadi SEO, jangan lupa untuk memasukan fokus keyword pada pembukaan artikel.

Pembukaan artikel bisa disebut juga sebagai kata pengantar, atau penjelasan singkat dari artikel yang sedang Anda buat.

Perlu diperhatikan juga dalam membuat kata pembuka tidak boleh mengulang fokus keyword lebih dari satu kali.

Dan usahakan juga kalimat pembuka tidak boleh terlalu panjang. Atau dengan kata lain, kalimat pembuka harus singkat padat dan jelas.

5. Panjang karakater minimal 1000 kata

Walau sebenarnya artikel panjang tidak selalu bagus untuk pengunjung. Tapi untuk memenangkan kompetisi SEO cara yang paling tepat adalah dengan memperbanyak jumlah karakter.

Tapi ingat, jangan sekedar panjang. Harus diisi dengan kalimat-kalimat yang jelas yang memberikan makna dan solusi bagi pembacanya.

Pasti Anda sering melihat artikel dengan panjang diatas 1000 kata tapi tidak pernah sanggup menjadi yang terbaik di mesin pencari.

Itu dikarenakan panjang tapi tidak relevan dan tidak memberikan makna bagi pembacanya. Atau hanya diisi dengan kepadatan kata kunci saja.

Dalam istilah SEO, selain harus bagus untuk mesin pencari, harus bagus juga menurut pembacanya (Human Friendly).

6. Gunakan Heading atau subheading dalam setiap 300 kata

Penerapan Heading dan subheading dalam artikel merupakan salah satu syarat agar artikel tersebut memiliki sinyal SEO yang kuat.

Tapi ingat, terlalu banyak Heading dan subheading juga tidak bagus. Karena mesin pencari akan mengangap terlalu banyak judul. Dan akan mengalahkan fokus keyword yang sedang Anda bidik.

Juga jangan terlalu sedikit. Karena mesin pencari juga butuh beberapa informasi yang relevan yang Anda terapkan dalam beberapa heading dan subheading.

Jadi sebaiknya dalam menggunakan Heading dan subheading minimal dalam setiap 300 kata.

Baca Juga: Cara menerapkan Heading dan subheading yang baik dan benar.

7. Apabila menggunakan gambar tambahkan atribut Alt

Perlu Anda ketahui, kalau mesin pencari tidak bisa membaca gambar kalau gambar tersebut tidak diberi keterangan yang jelas.

Terlebih kalau artikel yang sedang Anda buat adalah sebuah tutorial yang mewajibkan menggunakan beberapa gambar didalamnya.

Sangat ditekankan sebagai syarat agar artikel tersebut menjadi SEO, dalam setiap gambar harus menggunakan atribut Alt.

8. Tambahkan internal link dan outbound link

Internal link dan juga outbound link adalah link masuk dan link keluar dari artikel akan memberi efek SEO yang baik.

Tapi ingat, dalam menambahkan internal link dan outbound link harus ke url yang relevan dengan topik artikel tersebut.

Ini akan jadi backlink yang kuat kalau penerapannya benar. Tapi justru sebaliknya akan jadi malapetaka kalau penerapannya tidak benar.

Menambahkan link yang tidak relevan dengan topik sebuah artikel akan dianggap spam.

Untuk link keluar sabaiknya dibatasi juga jangan terlalu banyak. Aau satu link saja cukup. Karena kalau terlalu banyak artikel tersebut akan dianggap sebagai artikel rujukan ke situs lain.

9. Gunakan kalimat penutup pada akhir artikel

Apabila Anda sudah merasa kalau artikel yang Anda buat sudah selesai, maka disarankan untuk menutupnya dengan kalimat penutup.

Ini sangat penting agar pembaca bisa menarik kesimpulan dari semua isi artikel yang telah dibacanya.
Semakin banyak artikel yang membuat puas pembacanya akan memberika efek SEO yang luar biasa.

Karena kemungkinan besar sipembaca akan membokmark artikel tersebut diperangkat browsernya.

Semakin banyak yang membokmark artikel maka akan semakin SEO artikel tersebut. Sebab setiap browser akan melaporkan cache pengunjung ke penyedia pencarian internet.

Dan sudah jelas semakin banyak cache yang membuka artikel tersebut, mesin pencari akan memberikan penilaian yang ekslusif dan menjadikan artikel tersebut sebagai rujukan untuk setiap pengunjung baru.

Kesimpulan:

Cara membuat artikel SEO yang baik dan benar itu adalah didalam pembuatan artikel tersebut harus terdapat unsur-unsur SEO yang sudah saya jelaskan diatas.

Terima kasih sudah membaca dan semoga artikel cara membuat artikel SEO ini bermanfaat buat Anda..
Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

5 comments

  1. Wah keren, makasi tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir om, sukses selalu ya

      Delete
  2. Saya sudah mencobanya mas, tp belum lancar betul. Masih ada yg miss kayaknya karena lum bisa memenuhi target kata kunci utama, tp kata kunci turunannya... o iya mungkin koreksi utk poin 4 itu bukan kalimat, tp kata. Jadi artikek diatas 300 kata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya, salah saya, terima kasih sudah mengkoreksi, jadi yang benar 300 kata.

      Delete

Post a Comment

Komentar dari unknown, komentar link, komentar diluar topik tidak akan disetujui dan dipublikasikan. Terimakasih.

Subscribe Our Newsletter