Mengenal Jenis Kerusakan Pada LED TV dan Cara Mengatasinya

LED TV atau sebuah perangkat televisi dengan teknologi pencahayaannya menggunakan LED yang terpasang dibalik layar dengan amplitudo otomatis mengikuti alur cahaya yang muncul berbarengan dengan terang redupnya tingkat cahaya pada gambar memang memberikan angin segar bagi pengguna nya, karena selain tingkat kejelasan visual (gambar) lebih baik juga konsumsi daya yang sangat irit bila dibanding dengan teknologi terdahulunya yaitu LCD TV.

Mengenal jenis kerusakan pada LED TV dan cara mengatasinya

Namun tak lepas dari kemajuan teknologi dan tingkat persaingan dagang yang makin ketat setelah persaingan dagang hampir 90% di dominasi oleh produk-produk buatan cina, maka dalam pembuatan atau perakitan perangkat elektronik sepertinya sudah tidak lagi mengkedepankan tingkat kualitas komponen yang digunakan didalamnya.

Entah karena berbenturan dengan harga jual perangkat atau memang komponen yang digunakan belum di betul-betul di uji tingkat keawetanya, kita tidak tahu pasti, tapi yang jelas berdasarkan pengalaman saya dalam praktek servis peralatan elektronik modern, sering kali menemukan komponen-komponen yang bentuknya masih mulus karena memang masih tergolong baru tapi sudah dalam keadaan rusak, seperti contoh kecilnya kita sering kali menemukan sebuah kapasitor elektrolit (Elko) atau sebuah kapasitor keramik, kapasitor jenis kotak kecil yang sering disebut kapasitor tahu sudah dalam keadaan konslet atau putus.

Berdasarkan pengalaman yang sering saya temukan maka saya terpanggil untuk berbagi pengalaman tentang cara mengenali kerusakan-kerusakan umum pada televisi jenis LED TV, agar dalam praktek perbaikan atau servis tidak sampai salah langkah, terutama bagi anda yang baru terjun di dunia servis elektronik.

Cara mengenali kerusakan umum pada LED TV dan cara mengatasinya

Kerusakan-kerusakan umum yang sering penulis temukan diantaranya:

1. Suara ada tapi gambar gelap

Kerusakan seperti itu bisa diakibatkan dengan adanya komponen yang putus, teknik menemukan komponen yang putus harus tetap di awali dari sumber daya input, karena kerusakan dengan gejala suara ada tapi gambar gelap lebih cenderung ke bagian layar, maka yang harus diteliti adalah bagian yang bekerja sebagai rangkaian pengubah gelombang elektro magnet gambar menjadi gambar nyata.

Komponen apa saja diantaranya?
Karena kasusnya suara ada tapi gambar "gelap" saya beri tanda kutip dalam kalimat gelap, berarti tidak ada cahaya sama sekali, berarti kerusakan cenderung ke bagian pencahayaan.

Dari mana asal cahaya yang menerangi gambar yang muncul di panel display kaca nya?
Nah ini yang perlu anda ketahui, cahaya yang digunakan untuk menerangi gambar yang muncul pada panel display berasal dari beberapa buah lampu LED yang terpasang dibalik layar.

A. Dari mana sumber tegangan untuk menyalakan beberapa buah lampu LED itu?

Sumber tegangan berasal dari rangkaian regulator.

B. Berapa volt tegangan yang dibutuhkan untuk mampu menyalakan lampu LED tersebut?

Voltase tegangan bervariatif antara 12 sampai 24 volt bahkan ada yang sampai 40 volt lebih tergantung berapa besar LED TV nya dan berapa banyak lampu LED yang digunakan.

C. Cara kerjanya bagaimana?

Karena pada priship kerjanya sebuah LED TV ini lebih ke hemat daya, maka sirkuit regulator dibuat sehemat mungkin, untuk keperluan voltase yang lumayan besar maka dibuat sebuah rangkaian yang disebut inverter dc to dc atau pelipat ganda tegangan dc dengan memanfaatkan induksi lilitan yang dililitkan pada sebuah ferit dengan konstruksi khusus sehingga voltase yang dihasilkan besar tapi suplay atau input daya tetap kecil.

Teknik perbaikan gejala suara ada gambar tidak ada

Ukur dulu tegangan output dari regulator ketika televisi sedang dalam keadaan hidup (suara ada gambar gelap), kalau tegangan kurang atau tidak ada sama sekali berarti fuse out dari kaki regulator putus, setelah diganti putus lagi berarti rangkaian tahap berikutnya bermasalah, bisa jadi dioda penyearahnya konslet, kalau bagus bisa jadi IGBT nya yang konslet.

Kalau tegangan normal sampai titik akhir yaitu titik yang menyambungkan tegangan dari dc to dc ke lampu LED masih normal, bisa dipastikan kerusakannya adalah putus nya salah satu lampu LED yang berada di balik layar, untuk memperbaikinya anda harus berani membongkar panel.

Catatan:

Biasanya lampu LED yang putus hanya 1 saja dalam setiap jalur, karena dalam sistem kerjanya lampu LED di pasang secara seri dalam setiap jalur maka sangat kecil kemungkinan lampu LED putus lebih dari satu.

Agar lebih jelas silahkan baca artikel saya tentang cara memperbaiki lampu LED yang putus.

2. TV mati total.

Kerusakan dengan gejala mati total menurut pengalaman penulis itu bisa dari beberapa penyebab diantaranya:

Untuk LED TV yang menggunakan regulator internal atau regulator yang terpasang didalam pesawat televisi maka kemungkinan besar kerusakan ada di bagian regulator nya, seringkali ditemukan kerusakan dibagian ic osilator driver regulator.

Karena untuk saat ini belum begitu banyak toko penjual komponen elektronik yang mampu menyediakan komponen-komponen elektronik modern yang berupa ic ic kecil, maka lebih disarankan menggunakan sebuah gacun regulator sebagai alternatifnya, karena untuk LED tv hampir 100% tidak ada teknik khusus dalam cara kerja stanby dan on televisi, beda dengan sistem kerja televisi LCD, yang menurut saya tidak begitu sulit namun tetap memerlukan keahlian khusus ketika mau mengganti regulator menggunakan gacun.

Untuk LED tv yang menggunakan regulator eksternal atau sering disebut universak regulator, penulis sering menemukan pengalaman unik, yaitu kapasitor tahu seperti yang tadi saya bahas diatas itu mengalami konslet atau setengah konslet.

Banyak teknisi yang terkecoh mengira kerusakan terdapat pada regulatornya dan beranggapan kalau regulator bermasalah, karena ketika diukur sebelum terpasang tegangannya normal, tapi setelah dipasang tegangan jadi hilang.

Anggapan kerusakan berada pada regulator memang tidak selamanya salah, tapi yang harus anda ketahui ketika beban yang diterima oleh regulator melebihi sedikit saja dari yang sudah ditentukan maka otomatis regulator akan protect atau membunuh dirinya sendiri, jadi jangan heran kalau regulator outputnya konslet dalam waktu yang lama tidak akan menimbulkan kerusakan pada sirkuit regulatornya itu sendiri.

Teknik perbaikan led tv mati total

Lepas semua kapasitor yang berhubungan dengan tegangan utama sambil di ukur antara B+ ke Ground, kalau sudah dicabut semua tapi alat ukur masih menunjukan adanya hubungan pendek, periksa dioda-dioda zener barangkali ada yang konslet, kalau semua sudah diperiksa dan masih menunjukan adanya hubungan pendek, maju ke bagian dc to dc, bisa saja IGBT nya yang konslet bahkan tidak tertutup kemungkinan memang ic utama nya yang konslet.

3. Suara ada cahaya ada gambar tidak ada

Kerusakan seperti itu lebih sering terjadi pada rangkaian TCon nya, walau tidak tertutup kemungkinan kerusakan ada di bagian ic utamanya juga.

Teknik perbaikan tv led suara ada cahaya ada gambar tidak ada

Sebaiknya periksa dulu lebih teliti untuk bagian TCon panelnya dari mulai tegangan input sampai pada ic TCon nya itu sendiri, biasanya kerusakan ic TCon ditandai dengan panas pada ic yang sangat berlebihan.

4. Gambar ada suara tidak ada

Kerusakan seperti itu untuk LED TV malah sering terjadi karena eror memori, walau sebagian ada yang memang disebabkan oleh rusaknya ic power amplifiernya tapi sangat jarang terjadi, justru yang lebih sering dari korupnya memori.

Teknik perbaikan tv led gambar ada suara tidak ada

Ada dua cara yang bisa anda lakukan.

Yang pertama melakukan flash ulang pada ic memorinya.

Yang kedua bisa dengan trik mencabut transisistor kontrol mute yg terdapat pada rangkaian power amplifier nya.

5. Remot tidak berfungsi

Kemajuan teknologi yang bikin geli itu menurut saya, terkadang kerusakan seperti itu terjadi pada pesawat televisi LED yang baru beberapa hari dibeli dan justru sering terjadi pada televisi-televisi bermerk seperti Polytron, LG, Sharp, Sanyo, Toshiba dll.

Teknik perbaikan remot led tv tidak berfungsi

Sudah jangan ribut, itu mungkin memang rejeki anda, periksa saja bagian IR remot kontrol atau bagian penerima remot, biasanya di suplay dengan tegangan antara 3,3 volt dan 5 volt melalui resistor 100 ohm, kerusakan sering terjadi pada kapasitor setelah resistor 100 ohm tersebut mengalami konslet atau setengah konslet.

Namun tidak jarang kerusakan ada pada remot controlnya juga. Kalau semua komponen yang berhubungan dengan rangkaian sensor remot tidak ditemukan masalah, coba cek apakah remot rusak atau tidak.

Baca Juga: 2 Cara Mengecek dan Mengetahui Remot Rusak Atau Tidak: Semua Jenis Remot.

Dan kalau memang remotnya yang rusak, terpaksa harus ganti remot. Untuk mengganti remot tidak selalu harus dengan remot asli kalau susah didapat. Dengan remot multipun tidak jadi masalah asal cocok.

Baca Juga: Kode remot multi untuk beberapa merk TV umum.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam artikel kali ini tentang cara mengenali kerusakan-kerusakan umum yang sering terjadi pada televisi LED, agar pada praktek nya nanti kita tidak begitu salah dalam melakukan tindakan perbaikan.

Kalau ada yang belum jelas, marilah berdiskusi di halaman komentar yang saya sediakan

Salam.
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

149 comments

  1. Mau tanya bos, tv di rumah top off nya kadang bisa on kadang ga bisa itu kenapa ya, merk sharp 21" model biasa, masih tabung bukan led/lcd

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu protect mas, coba solder ulang saja dulu

      Delete
  2. Master,sy baca atas sampai bwh blm ada kerusakan yg sprti led tv 32 inch yg saya alami, kerusakan tv saya saat adalah tv nyala suara normal namun gambar eror,separuh atas blur separuh bawah normal, kira² apanya yg rusak ya master,mhon solusinya thx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar itu kerusakan tcon mas, coba di cek semua resistor yang mengubungkan arus ke pannel

      Delete
    2. Kemungkinan besar itu kerusakan tcon mas, coba di cek semua resistor yang mengubungkan arus ke pannel

      Delete
  3. permisi master..tv polutron 22 inch..gambar blank putih suara ada..setelah cek semua tegangan benar..tapi masih blank..di sisi panel lcd masih ada gambar sedikit..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari gejalanya seperti menunjukan kerusakan t-con mas, coba pegang ic di bagian t-con apakah ada salah satu yang panas nya berlebih

      Delete
  4. Agan saya sedang cari part led panel TV Samsung 32 Inch Type UA32EH4000....gini gan saya dapat servisan TV dengan merk/type tersebut yg LED Panel monitor aslinya Pecah, dan yg punya minta ganti LED Panel Monitornya
    klo pun ada dendengan atau TV rusak yang mau dijual asalkan merk/spek sama dan kerusakannya bukan karena panel LED monitor nya yang rusak saya mau beli
    sekiranya ada tolong hubungi saya di No HP/WA 081336706830

    ReplyDelete
  5. knpa tv LED LG saya kliatan lampu LED nya yah,,titik titik gitu dilayar,,jd mengganggu layar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal tersebut terjadi karena kancing kristal penutup lampu LED nya lepas mas, bisa baca artikel saya tentang masalah tersebut di halaman http://www.flyin-dvb.com/2016/12/led-tv-lg-gambar-ada-titik-putih.html semoga bisa membantu

      Delete
  6. Mas Tv led sharp yg 32 inci sy klo dihidupin trud beberapa detik mati sendiri dan beberapa detik hidup sendiri trus menerus begitu apa penyebabnya ya

    ReplyDelete
  7. TV LED SHARP 32 sy klo dihidupkan kemudian 3 detik mati sendiri dan 3 detik berikutnya hidup sendiri begitu strusnya apa kira2 penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa panel atau remot bisa saja konslet, atau periksa kapasitor yang berhubungan dengan pannel kontrol.. silahkan bertanya lagi kalau masalah belum fix.

      Delete
  8. TV LED Samsung saya di menit awal layar masih normal setelah 5 s.d 10 menit warna di layar berubah menjadi dominan warna merah, jadi seharusnya hijau menjadi ungu. Mohon bantuannya mas cara mengatasinya, ter8ma kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kerusakan bisa terjadi pada T-CON atau pannel LCD nya pak, bisa gunakan trik putus pannel, nanti saya bikinkan artikelnya.

      Delete
  9. Mas tv sy merek polytron 32'keluhanx nyala backlightx hnya sepintas sy dah gnti ic driverx sm Fetx tp blm ad perbhn..mhn pncerahanx mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyala sekilas mungkin karena protect, supaya lebih jelas, apakah ketika lampu backlight mati, tv ada suaranya atau tidak ada? kalau ada, kemungkina kerusakan hanya di bagian backlight, coba gunakan alternatif ganti IGBT dengan gacun, kabel merak ke kaki kolektor IGBT, kabel hitam ke ground., ukur di dioda output dc to dc nya, kalau terjadi peningkatan tegangan tapi lampu tetap tidak menyala, kemungkinan ada salah satu lampu yang sudah soak.

      Delete
  10. mau manayakn pa tombol power menyala..kemarin pas lagi nonton tv mati ngedadak ga ada gambar dan suara sama sekali.
    kirain saya remot habis batrai nya tadi saya beli batrai baru tetp ga nyala..kira" kerusakan di mna nya pa.
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. permisi mas, mau ikutan nanyak karna sepertinya admin nya fast respon. saya punya Polytron Cinemax Pld 32t710 Led Tv 32, kalau sudah mati susah hidupnya kadang sampai nunggu 2 sampai 3 hari untuk bisa nyala lagi, akhirnya saat tv nyala nggak di matiin berhari-hari, mohon solusinya kalau bisa di kasih gambar mungkin ada komponen yang musti di ganti. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diganti komponen elko dibagian power suplay regulator, biasanya tegangan 5 volt dan 12 volt kurang, sehingga tv akan lambat start, hal tersebut terjadi bukan hanya pada tv led polytron saja, elko terlihat masih bagus padahal sebenarnya sudah kering.

      Delete
  12. Tv Toshiba suara ada tapi tampilannya hanya warna saja yg berganti - ganti, kenapa ya ?

    ReplyDelete
  13. Permisi mas mau nanya .. tv saya polytron led , saat tampilan siaran berwarna hitam ada nampak warna kemerah merahan disisi tv .. tapi saat warna selain hitam muncul , bercak merah hilang

    ReplyDelete
  14. itu ic detektor video nya tidak memberikan sinyal ke video amplifier, coba teliti mulai dari ic switch tv/av

    ReplyDelete
  15. Tv led Samsung 32eh4003 lampu berkedip, tegangan PSU normal, yg Maslah apanya, mohon penjelasAnnya....mksh

    ReplyDelete
  16. Tv led 32eh4003 lampu stanby berkedip2, tegangan d PSU normal, masalahnya dimana, mohon beri petunjuknya.....
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari keterangan anda sepertinya kerusakan ada di bagaian firmware yang korup, coba lakukan flash firmware

      Delete
  17. Gan tv saya samsung smart tv series 4 led 32". Masalahnya layarnya double gan. Mohon beri petunjuknya....

    ReplyDelete
  18. Malam om, mau tanya tv lg22 lcd. Tvnya kalau dinyalain white screen gitu.. Itu apanya yanh rusak ya?

    ReplyDelete
  19. Tv Polytron LED 24 lampu standbye nyala,tp ga mau hidup,mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksa tegangan 5 volt untuk motherboard, kalau semua tegangan terkur bagus, kemungkinan kerusakan ada dibagian firmware

      Delete
  20. Maaf gan, mau nanya . Saya ada LED toshiba 40". Kendalanya, muncul bercak /bintik bintik merah pas warna hitam/gelap. Tapi pas warna cerah/selain hitam, bercaknya hilang.. Mirip kesemutan pada TV pindah pindah. Itu biasanya kenapa gan? Makasih,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masalah ada pada pannel atau bisa juga disebabkan tidak ratanya tegangan untuk t-con, agar lebih jelas, silahkan kirim foto langsung ke kontak email saya flyin.dvb@gmail.com

      Delete
  21. Tv polytron 40in Saya klo main ps3 mati trus hidup lagi Kenapa yaa

    ReplyDelete
  22. Maaf gan, saya mau tanya. TV LED Polytron saya tiba tiba mati di barengi listrik yg jelpak di meteran (seperti ada korsleting) sudah coba lagi dan hasilnya sama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kerusakan di bagian FET Regulatornya, sebaiknya segera di bawa ke tukang servis kalau tidak bisa sendiri, jangan di colokin berulang karena bisa merusak komponen lain seperti diaoda perata arus dan lain-lain

      Delete
  23. Saya punya tv lcd lg 22lg 30r.mas kendala gambar bergaris pelangi besar besar..lalu saya coba bongkar dibagian tycon saya pegang ic max 17077 panas banget apa benar ic itu yg kena..mohon pencerahaanya mas...dan kalau itu benar dimana saya harus belinya....

    ReplyDelete
  24. Slam knal gan..mw tanya tv led toshiba 29pb201 gambarnya kedip2 apa maslahnya ya..trima kash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba direkam sebentar dalam keadaan berkedip, lalu kirim videonya ke email saya flyin.dvb@gmail.com agar saya lebih mudah memastikan kerusakannya.

      Delete
  25. tv led samsung 32 full hd saya,,, ada garis hitam horisontal banyak & memiliki jeda beberapa garis,, pertama dihidupkan warna masih normal belum bergaris2 putih/kabut,, setelah beberapa saat lgsung muncul garis kabut dan berpindah pindah,, kadang di lihat lebih detail ada bayangan segi enam di layar,, itu kerusakan apa y gan? apa bisa dihilangi garis kabut/putih itu,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bagian tcon bermasalah, coba cek semua tegangan apakah beroperasi dengan baik, pernah ada pengalaman, elko sudah pada kering

      Delete
  26. Tv thosiba saya bila di nyaakan mcb turun /langsung konslet .. Apany mas .. Maksih

    ReplyDelete
  27. Gan Tv saya LG 32inc tipe 32CS410-TB ada suara ga ada gambaritu apa ya gan.

    ReplyDelete
  28. Selamat siang mau tanya tv led merk konka 24inch mati total tapi lampu standby hidup itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  29. Om dah lama ga nongol di IAPD nih. Sibuk yak? Hehehe...
    Ane punya tipi led merek LG di rumah yang ada totol² putih, itu kenapa ya? Sebelumnya ga ada.

    ReplyDelete
  30. sore bos, saya punya tv aquos 24".layar mati dan ga ada suara, trus indikator power on. Mohon petunjukny bos, thank

    ReplyDelete
  31. mlm om tv led saya knp ya susah nyala harus berulang ulang cabut colok..? sudah ganti kabel power tetap tidak ada perubahan. mhn pencerahannya.tks

    ReplyDelete
  32. Mlm Gan, numpang konsultasi. TV Saya Samsung LCD 32" mndadak beberapa hari lalu muncul garis melintang (kiri ke kanan) pada layarnya. Tampilan layar bagian bawah normal, bagian atas agak buram. Kira2 itu kerusakan pada apanya ya Gan? Mohon bantuan utk jawabannya.

    ReplyDelete
  33. ada rekomendasi service panggilan? led kendalanya sama seperti pembahasan di atas. gambar gelap dan suara ada

    ReplyDelete
  34. permisi master,ikut nyimak z. sangat bermamfaat sekali. trims...

    ReplyDelete
  35. Mohon bantuanya gan, tv saya Tv led sony 48 inc sering 5 menit tv on tiba-2 layar gelap tapi suara normal backlight hidup. jika di-off lalu di-on tv normal lagi kemudian 5 mt gelap lagi, jika berulang-ulang di-on-off tv normal lagi (tidak mati-mati lagi). Kejadian tersebut besoknya begitu lagi, ini apa masalahnya gan ??

    ReplyDelete
  36. Permisi numpang tanyakan mas,kl tv led Samsung,dimatikan pakek remote mati,nantik 6detik,hidup lagi,jd gak bisa stembay mas,gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba cabut batrei remot, atau bisa saja panelnya bermasalah

      Delete
  37. Kl tv nya bagus gambarnya mas,cumak gak bisa di stembay kan,gimana ya aku Sampek ngumet,tolong solusinya mas.mksh

    ReplyDelete
  38. malam gan... numpang tanya, tv led konka 24inc sya tiba-tiba mati total, saya coba cabut kabel nya, trus coba di colokin di idupin lgi, suara nya ada, cahaya jg ada, tpi gak ada gambar nya, kira kira rusak di apa nya ya gan??? terima kasih info nya gan...

    ReplyDelete
  39. mlm gan, sya mau tanya, tv sya merk konka, suara ama cahaya ada, tpi kalo gambar nya gak ada, kira kira rusak apa nya ya gan???
    trima kasih info nya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek tegangan T CON, biasanya kurang dari 12 volt bisa menyebabkan suara ada, laampu led nyala tapi gambar tidak muncul, atau coba kirim foto ke email saya melalui Contact Form blog ini, terima kasih

      Delete
  40. Gan mau tanya,tv lcd saya merk sanyo.
    Kendalanya lagi nonton tv tiba2 tv nya cari chanel otomatis secara terus menerus tanpa henti, tapi anehnya di saluran tv no. 12 tv itu ga prnh mencari chanep secara otimatis lagi...
    Terima kasih gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kerusakan di Chip EPRROM mas, harus di flash ulang atau di ganti baru IC Chipset nya, sebaiknya dibawa saja ke teknisi ahli

      Delete
  41. knapa ya remot di tv mito tidak berfungsi ,, sudah pake yang universal tetap tidak bisa .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar yang rusak IR di tv nya mas, untuk tv jenis led emang sangat sering terjadi hal seperti itu

      Delete
  42. Selamat siang master, saya ada kendala tv led polytron 32 in, klu pertama di start tanya nyala, selang beberapa detik lampu led nya mati. Suara nya ada. Setelah saya buka panel ya lampu led yg tengah satu baris gak hidup. Yang dua baris ya nyala, tapi gak berapa lama Lampunya pada mati semua
    Tolong pencerahanya master, terima kasih. Danard

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada satu atau beberap kancing lampu yang soak pak, silahkan ukur satu persatu lampunya, lalu kalau sudah ketemu, bisa di jumper saja, dalam artian buang lampu yang soaknya saja, tapi kalau sudah terlalu banyak yang soak akan menyebabkan protect pada inverter nya. sebaiknya ganti baru lampunya

      Delete
  43. Assalamu alaiku BOS
    lama gak ketemu nich ....
    semoga sehat slalu ..
    andai dekat pasti aku ajak datang anda!
    karena jauh terpaksa cuma nanya ...
    boleh kan???

    TV LED punya aku sony bravia KLV 32EX330
    beli 27 jan 2014
    30 sep 2017 (berapa usianya yah)
    sore hari bila sudah cukup dingin lalu dinyalakan sekitar 2-5 menit warna jadi ngaco ... dominan ungu, merah hilang total

    bila hanya dimatikan lalu di on lagi normal hanya beberapa detik lalu ungu serterusnya .... mau di cut di seputar flexi (tutoronline) rasanya sayang banget apa solusi terbaiknya ....
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, coba di periksa dulu tegangan TCON na pak, kalau perlu ukur semua elko dengan ESR. kalau memang tidak ada masalah dengan elko, bisa TCON atau memang harus di cut, tapi untuk sony kalau di cut jadi nampak besar garis2nya

      Delete
    2. terima kasih atas info dan petunjuknya
      walau entah kapan akan punya sempat cek elco + Tcon, maklum saat ini hanya punya multi tester analog saja dan lagi koreksi hasil tes tengah semester

      bagi saya cut itu bisa jadi solusi terakhir atau bahkan tidak agar dilakukan ....
      sekali lagi terima kasih

      Delete
  44. Misi gan mau tanya..tv sya polytron PLD32D551,kondisi tv nyala backlight pun nyala,cma gmbr sma suara tidak ada,layar cma terlihat biru kehitaman,mohon pencerahan nya gan,terima kasih..

    ReplyDelete
  45. Sya mau tnya gan,tv led polytron type pld32d551 backlight nya nyala & tidak protek,cma gmbr sma suara sma sekali tidak ada,hanya tampilan lcd lcd nya biru kehitaman,mohon pencerahan nya gan terima kasih.

    ReplyDelete
  46. Mau naxa mas, lok suara tetap ad n gambar ad pas awal d nyalain trus gmbarx ilang.kira2 knapa...trm kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya terjadi kerusakan pada lampu LED atau pada bagian inverter LED nya

      Delete
  47. permisi mas mau nanya tv lg led 42inc sy ada sinar putih totol totol di tengah layar krusakan nya apa ya mas?

    ReplyDelete
  48. blog bagus ijin bookmark gan, sm mau ninggal jejak, kebetulan LED SONY 32 in saya beberapa hari yang lalu mati gara2 pas sore2 saya buat main PS3 listrik mati 2 kali, pas mati sekali sebentar listrik nyala lalu tv sm PS saya on lagi sekitar 5 menit kemudian listrik mati lagi trs saya biarkan, selang 2 jam kemudian listrik nyala lalu saya nyalakan tv sm ps nya lagi saya pake sekitar 15 menitan normal lalu mati lampu kedip2 2kali jeda 2kali jeda trs, saya beranikan bongkar panel belakang saya cabut colok socket2 nya saya nyalakan tv normal nyala tp cm bertahan 15menitan, saya ulang cabut colok hasil sama nyala 15menitan doank, saat ini tv di tepat servis dah 4 hari td saya telfon blm jadimalah tukang service nanya apa dulu AC MATIK nya kocak/goyang, kl saya browsing lampu kedip 2kali krn PSU nya protek, kira2 yg bener yg mana gan, jd kuatir ni tukang service salah diagnosis malah tambah rusak tv saya, maaf panjang gan, trims atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak penyebab, tapi biasanya kalau penyakit TV SONY dengan gejala mati setelah beberapa detik, karena adanya over inverting untuk lampu LED, coba perhatikan, ketika mau mati apakah ada terlihat cahaya latar belakang layar sedikit lebih terang dulu atau tidak.

      Delete
  49. Kalo masalah inverter blm sempet cek gan, ilmu saya blm nyampe situ. Kabar buruk gan, td sore saya samperin ke tukang service nya, karena dah 6hari ga ngasih kabar, yang semula saya bawa tv masih bisa hidup normal setelah cabut colok ulang socket2nya, walau cuma bisa bertahan 15menitan dengan teknik tersebut, tapi skrg tv saya mati total ga bisa nampilin apa2,cuma lampu stand by merah, saya pencet tombol power di remot bisa hijau tapi ga bisa nampilin apa2, saya cabut colok ulang socket2nya ga berhasil seperti biasanya, cuma seperti itu trs, lampu standby merah, trus cuma hijau aja gambar ga nampil sedikitpun, sama tukang servicenya suruh bawa ke service center nya, aduh jadi pusing ni gan kepala ane, bukannya jadi bener tv led ane, tapi malah jadi rusak, gatau ni gmn nasib nya tar, sekedar berbagi pengalaman aja buat yang lain, kalo nyervisin tv led bawa ke yang memang ahli tv led, ni tukang service iya saya akui pinter, tapi pinternya benerin tv tabung biasa, tolong masukkannya gan barangkali punya masukan buat saya buat benerin tv led saya selanjutnya, ni tv sdh saya bawa pulang, tolong sms saya ke 085876110866 ya gan, masukkan buat saya bisa di blog ini, kalo ada wa nanti saya wa gan, tapi bukan nmer tersebut, tolong sms dulu gan nanti saya wa pake nomor yg lain, terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat yakin kalau kerusakan ada di bagian DC inverter to LED, sekarang mungkin ada salah satu lampu LED nya yang putus akibat kesalahan servis.

      Delete
  50. iya gan, skrg tv saya serviskan ke yg ahli nya, service led panggilan gan, sdh jd sih hidup normal, tp baru sehari mati lagi, tp ada garansi, saat ini msh ditempat service lg, sdh dikasih hasilnya lewat wa sdh normal lagi, tp blm dianter lg, moga tambah sukses gan blog nya

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum wr wb

    Mau nanya mas..saya punya TV LED Changhong 29" kondisi cuma standby lampu merah di nyalain manual atau pake remote..biasanya kerusakan apa nya ya mas.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk changhong biasanya kerusakan di seputar regulator mas, tegangan mengecil yang paling sering ditemukan

      Delete
  52. Pak sya kirim gmbar tv k email bpk
    Pngen nnyain kira” ad kruskn ga

    ReplyDelete
  53. Bang mau tanya tv saya toshiba, kalo tiba2 d layar muncul menu utama terus keluar sndiri ilang sendiri, trus kadang av hdmi media ganti2 sendiri gmn solusinya, nonton jadi terganggu,

    ReplyDelete
  54. Maaf mas numpang nanya led Polytron suara normal tp gambar bergaris pelangi kira kira apanya ya?terima kasih sblumy

    ReplyDelete
  55. Mas mau nanya, led polytron 24", stanby nyala tapi gak bisa d start baik lewat remot ataupun tombol. Kira2 apanya yg musti d ganti

    ReplyDelete
  56. siang mas numpang nanya dong sy pny tv lcd polytron 32" untuk nyalain nya susah banget harus nunggu lama kadang itu pun g bisa power nyala remot nyala tapi kenapa hidupnya susah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksa ellko-elko seputar power suplay regulator, kemungkinan sudah banyak yang lemah mengingat umur tv lcd sudah tergolong tua.

      Delete
  57. Hallo master, baru saja saya memasang parabola, baru pakai semalam, siang tadi tiba2 terdengar ledakan di stopkontak nya, lalu listrik anjlok (mati).. Saya nyalakan lagi, terjadi lagi.. Terima kasih master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin rusak bagian power suplay regulatornya ada komponen yang konslet

      Delete
  58. Master, kemarin nyalain tv lcd lg normal trus meletup keluar asap. Segera kita matikan, ternyata komponen di power supply ada yg terbakar. Namun d coba TV msh nyala semua seperti normal. Apakah komponen tsb wajib d ganti juga? Terima kasih master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya kalau gak diganti ya dibuang saja yang meletupnya

      Delete
  59. Bang, saya baru beli led tv polytron '24 beberapa hari yg lalu. Semula normal, namun kini di tampilannya muncul kedipan garis dan kadang mati sendiri beberapa detik kemudian nyala lagi. Kira2 penyebabnya apa ya??

    ReplyDelete
  60. siang min , saya baru beli ledTv polytron . belum ada 1 minggu timbul masalah malfungsi remot e(remote erorr)

    contoh : kalo saya pencet tombol A dia menjalankan tugas tombol B .

    dia bergerak sendiri saat masuk menu naik terus/ turun terus

    jadi kira2 permasalahanya apa ya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu lepas baterai remote dan biarkan tv menyala, agar jelas masalah apakah ada di remot atau pannel control yng berada di tv.

      Delete
  61. Bang saya punya Tv led 32" changhong suara jelad, gambar nya sendat2 terus hilang muncul garis lama, setelah itu muncul lagi gambar dan sendat sendat gambar nya....mohon pencerahanya..

    ReplyDelete
  62. Numpang tanya pak .. Klo tv led smarttv sony model kdl 42w 674a gambar double atau getar horisontal knp ya? Sy baca2 hrs potong jalur ckv .. Tapi masalahnya setelah sy bongkar kabel fleksible ke panel nya beda dg kebanyakan tv lain nya dan tdk ada tulisan ckv ckv1 dll .. Jadi mumet sendiri

    ReplyDelete
  63. Ane ada problem gan, Led tv Sanyo 32 suara ada gambar gelap tidak nyala sama skali .. kenapa yaa gan padahal baru 1 tahunan dr Baru ?Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar lampu LED nya ada yang putus mas

      Delete
  64. Permisi mastah pencerahanya..
    Tv di rmh sya LED Toshiba 32inc layarnya mati sebelah. Yg atas mati gelap yg bawah normal itu kira2 yg harus di perbaiki apanya ya & tolong caranya.. trimakasih

    ReplyDelete
  65. Permisi mastah tv sya di rmh mati sebelah bagian atas gelap bagian bawah normal LED 32inch. Itu yg harus di perbaiki apanya ya? &Tolong caranya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja karena lampu LED baris paling bawah konslet semua, sehingga lampu yang tengan dan atas menyala, yang bawah tidak, coba kirim gambar ke email saya flyin.dvb@gmail.com

      Delete
    2. Pemisi gan mau tanya.backlight protek itu masalahnya dari apa ya gan.dari mainboard atau backlight.untuk teg inverter backlight normal.untuk masalah tv led 32 polytron ada suara gk ada gambar

      Delete
  66. Min,Tv LED Polytron 32inc saya matot,lampu LED yang bewarna biru disamping sensor remote itu ga nyala sama sekali itu kenapa ya min ???

    ReplyDelete
  67. Mas fd tolong donk buat blog cara modif led tv pke gacun..mana saja yg dpke..saya pnya psu bermasalah nih ic pwm kecil yg dket fet rusak..susah nyarinya (tv 40")
    Trima kasih

    ReplyDelete
  68. Sore slm jln gan..
    tv led panasonic 32 inc br beli kurang dari dua bulan tiba" sy dikejutkan dgn masalah..tv sy pernah bbrp hri bsa mati hidup sendr dan skrg malah ga bisa dihidupkan dan tombol powernya berwarna hijau...itu knp ya? Dan gmn cr mngtsinya? Mohon dibantu..thanks

    ReplyDelete
  69. Hallo master FLYIN DVB,saya mau tanya,tv saya LG LED 32",trouble nya waktu posisi tv off standby( lampu indikator power masih menyala merah ) & mau saya nyalakan dengan tombol power remote ,tiba² lampu indikator mati & tidak muncul gambar / suara.mohon solusinya master, terimakasih

    ReplyDelete
  70. Mas tv saya Led merk sanyo semua normal.. Tapi ada satu canel tv yg suaranya tersendat sendat

    ReplyDelete
  71. Salam master. . .mohon bantuanya. . .

    Sya punya tv led samsung seri j5100 problemnya tampilan gambar normal tp ada kyk flash kedip2 gtu. . .kira2 solusinya gimana. . .mksih

    ReplyDelete
  72. Salam boss flyin.

    Maaf mau tanya.
    Saya punya 2 tv led merk polytron.
    Tv yg pertama sering mati sendiri, dan harus menunggu beberapa saat sampai lampu indikator berkedip kedip baru bsa di nyalakan lagi. Bgitu sterusnya.
    bagian apa yg rusak dan bgaimana cara memperbaikinya?

    Kemudian tv yg k dua.
    Remot tdak brfungsi. Pdahal remot d pake d tv yg satunya bsa brfungsi.
    Apakah ada yg rusak pada sensor tv dan cara memperbaikinya.?

    Trimakasih . Salam hormat

    ReplyDelete
  73. Aslm
    Apa kbr kang flyn?
    Tv saya cm stanby mas?,ga bs start,pijit remot/manual tetep ga bisa start.barang x kang flyn punya fw'y utk changhong 40c1600a,mw coba di flash,barang x normal lg kang?..

    ReplyDelete
  74. Aslm
    Apa kbr kang flyn?.tv saya changhong cm stanby,pijit remot/panel ga bs start.apakah kang flyn pny frime ware'y?,btw seri'y changhong 40 c1600a.mw nyoba" di flash,barang x bs normal lagi kang?

    ReplyDelete
  75. aslkum,mf master kl tv led sony 48R550C Gejalanya awal menghidupak keluar tulisan SONY stelah 1-2 detik hilang langsung keluar garis vertikal ditengah sebnyak 3/4 baris 1-2 detik layar kekuningan..terus layar lngsung putih kebiruan..untuk suara Tv ada...dpindah2 chenel suara jelas...tp Gambarny tidak ada...Mohon Solusi..Tks

    ReplyDelete
  76. Ikut nyimak gan... Sangat bermanfaat nih.

    ReplyDelete
  77. Maaf bos mau tnya tombol switch error seperti ditekan trus gmn cara perbaiki sy sudah gnti mb baru tetep saja..

    ReplyDelete
  78. Mau minta advis mengena tv led toshiba 29PB201EJ gambar slowmotion, blur, warna hijau dominan dan gambar tidak penuh kalau pakai siaran tv serta suara juga sama terputus putus jadinya. Terima kasih

    ReplyDelete
  79. Numpang tanya saya punya tv led toshiba 29pb201ej tampilan gambar tidak penuh kalau pake siaran tv dan gambarnya blur, slowmotion, warna hijau dominan serta suara terputus putus. Bagian apakah yg rusak, terima kasih untuk jawabannya.

    ReplyDelete
  80. mas,,,saya punya tv led CHANGHONG LED42C2000 kalo stanby tegan PSU normal...trus klo startup tegangannya drop...mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  81. Mas tivi saya kalau habis di matiin lewat tmbol on off atau remot kalau dihidupin lagi susah lama hidup nya harus dipencet terus,tapi kalau matiinnya di cabut soket daya nanti kalau di colokin lagsung hidup apanya ya?? Mohon di bantu..

    ReplyDelete
  82. Maaf mas,tv saya polytron 24' tiba tiba mendadak mati total dan lampu standby juga mati,kira2 apa ya,mohon infonya mas

    ReplyDelete
  83. Mat malam bang.. sy punya leD TV Lg 32 inch.. kondisi tidak bisa hidup. Ketika dicok ke listrik lampu stanby menyala beberapa detik danlangsung mati, bgm cara mengatasinya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  84. Permisi gan ...
    TV lcd philips 32 inch tahun 2006 udah hidup tiba2 mati trus hidup lagi. Kadang remot ngga respon
    Mohon pencerahanya gan ...
    Terimakasih

    ReplyDelete
  85. Bos tv ane lampu led berkedip biru merah trus menunya hilang timbul tnpa pencet remot, mohon bantbantuanbos

    ReplyDelete
  86. Permisi bang,sy mau tanya,sy puny Tv toshiba 42",pas sy nyalakan normal,tp setelah beberapa saat tv mati,tp ledny nyala,remot pun ga bisa digunakan,dan muncul gambar status USB kelebihan arus,harap cabut peralatan USB,padahal ga ada USB yg terpasang,jd bagaimana solusinya bang,mohon bantuannya bang

    ReplyDelete
  87. Sore gan mau tanya.sya pnya tv led 32 polytron dgn kerusakan ada suara tidak ada gambar.teg inverter drop sudah sya action gnti mosfet smd sama ic drive teg belum naik trs sya psang modul stepup teg sudah normal tp backlight gk mau nyala padahal backlight gk ada yg mati.solusinya apa ya gan.mohon pencerahan.trima ksih

    ReplyDelete
  88. Permisi gan mau tanya.backlight protek itu masalahnya dari apa yah.apa dari mainboard atau backlight mohon pencerahan gan

    ReplyDelete
  89. Malam gan mau tanya backlight protek itu faktornya apa ya gan.mohon bantuannya

    ReplyDelete
  90. Kira2 tv led merk apa yg kerusakannya minim

    ReplyDelete
  91. Selamat siang Master...
    saya punya tv sony KDL32R300B,,,lampu indikator kedip 4 kali.
    mohon pencerahan kerusakan ada di Inverter atau di LED blacklight?
    untuk inverter tegangan 0,5-19,5 volt normal smua,

    ReplyDelete
  92. Trima flyin DVB jadi mendadak teknisi tv

    ReplyDelete
  93. Tanya master saya ada tv led changhong, kadang normal kadang sepert cd rusak mulai dari osd nya sampai gbrnya suara juga hilang , jadi rusaknya tidak menentu tlng fivantu.master ,trims

    ReplyDelete
  94. Salam sukses admin,saya punya tv polytron PLM 32T25 konslet di transistor kode nya c291j,udah ganti dua kali tetep aja klo di nyalain konslet lagi,letak komponen nya persis dekat kabel penghubung ke lcd,kira2 apa nya ya pak admin yg rusak nya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, kemungkinan Mas Sarman salah mengganti komponen, komponen tersebut namanya IGBT.Jadi tidak akan kuat kalau diganti menggunakan FET.

      Atau kalau memang sudah benar menggantinya dengan IGBT, coba periksa lilitan perit DC to DC inverternya, bisa saja sudah dalam keadaan terbakar akibat konlset di IGBT tadi. Semoga membantu.

      Delete
  95. Mau tanyak mas.. Penyebab tv yg lampu supley nya menyala.. Setelah di hidupkan layar tdk mau hdp sma sekali atupun tdk ada yg mengeluarkan suara.. Mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas.Itu namanya standby atau biasa disebut dengan istilah gagal booting. Penyebab bisa karena adanya tegangan yang tidak masuk kesalah satu rangkaian, atau bisa saja karena software di televisi tersebut memang rusak.

      Sebaiknya dibawa keahlinya saja mas

      Delete
  96. pak, LED TV LG saya suara ada dan normal tp gambar ngeblok warna merah, abu2, hijau secara bergantian. knp ya pak, mohon petunjuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kerusakan ada dibagian TCON, coba bersihakan dulu socket-socket penghubung dari Motherboard ke Tcon nya.

      Delete
  97. Assalamualaikum
    Mohon bantuannya pak. TV led samsung klo dinyalakan pakai remote atau manual responnya lambat. Terus muncul nomor saluran tv saja tapi tidak ada gambar atau suara. Solusinya bgmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, maaf baru sempat balas.

      Kemungkinan tegangan 3.3 volt bermasalah, periksa komponen-komponen elko diregulator dan periksa juga IC dengan ID bodi 1117.

      Delete
  98. Mau tanya master saya ada masalah pada tv LG knapa ya lampu stanbye nya pas di colokin ko cuman berkedip doang nyalanya sbntar trus mati..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya salahsatu komponen yang konslet atau tegangan kurang dari semestinya. Pengalaman saya untuk LG biasanya ada IGBT yang rusak.

      Delete
  99. Gan .tv saya LG LED 32inch .lampu merah nyala tp klu mau di hidupkan harus berulang - ulang harus nunggu 5 mnt baru nyala .apa yg harus di ganti dan perkiraan brpa rupiah yg saya klurkan ??mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya itu kerusakan ringan mas, perkiraan saya dari gejala yang sampean sebutkan itu karena elko-elko dibagian regulator mengalami kekeringan. Boleh diservis sendiri dengan cara mengganti elko-elko diseputaran power suplay regulator.

      Delete
  100. assalamualaikum, tv led 42 lg saya layarnya ada garis vertikal putih, semula garisnya kecil di satu titik dengan lebar kurang lebih 2 titik. kelamaan garis tsb menjadi lebar dan muncul garis lain di tempat yang lain, kasus seperti itu bagian mananya yang rusak ? masihkah bisa untuk diperbaiki? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, itu menunjukan kerusakan pada panel, bisa dilakukan 2 cara, yaitu mengganti panelnya atau bisa dengan cara cut panel.Tapi cara kedua itu sifatnya untung-untungan, bisa jadi bagus walau tetap akan meninggalkan sedikit cacat berupa garis scanning yang agak besar. Bisa juga malah rusak parah panelnya.

      Delete
  101. Betul kalau konslet sampai KWH listrik turun, itu kerusakan di daerah CPU, coba periksa dulu dioda penyearahnya..

    ReplyDelete
  102. Mz, saya punya LED TV samsung 40 ada bayang hitam ukuran 30x70cm dikiri atas dan sepertinya makin melebar, pdhal TV jarang dpake plg max cuman 20jam/mg, kira2 bisa dperbaiki apanya yak

    Trus ada TV Plasma 42 Samsung yg juga ada bintik2 merah klo dikasi gbr putih, plg kliatan klo dicolokin ke laptop dan kasi bgron putih, mudah2an sih ga musti ganti panel yak

    Thanks mz Flyin DVB...

    ReplyDelete
  103. Selamat sore gan, mau tanya tv led samsung saya tiba2 jadi berbayang dan terbelah padahal posisi tdk ada antena atau parabola, gambar juga bersemut, awal dinyalakan ada cahaya putih,,,,apakah krn TCONny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro Gilang maaf baru sempat balas, untuk masalah agan sebaiknya kirim email pada saya dengan menyertakan foto dari kerusakan tv nya ya. Mudah2n saya bisa bantu.

      flyin.dvb@gmail.com

      Delete
  104. Malam mas, mau tanya. Saya punya led samsung 32inch. Jika dihidupkan indikator menyala, tapi gambar atau suara tidak keluar. Sebelumnya kalo dinyalakan keluar sampai logo samsung lalu mati lagi, sekarang sama sekali ga ada suara atau gambar tapi indikator kedip kedip, lalu standby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya TV mas mengalami masalah protek BL, sebaiknya dibawa saja ke ahlinya agar kerusakan tidak bertambah parah.

      Delete
  105. Mas klo sensor yg di tv-nya rusak gmn? Soalnya sya sudah beli remote yg aslipun gbisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang perlu diperbaiki. Kemungkinan kerusakan hanya karena ada kapasitor filter vcc untuk tegangan sensor remot aja yang short.

      Delete

Post a Comment

Komentar dari unknown, komentar link, komentar diluar topik tidak akan disetujui dan dipublikasikan. Terimakasih.

Subscribe Our Newsletter