Cara Mendapatkan Penghasilan Uang Dari Youtube

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube - Siapa sih yang tidak mau setiap bulan bisa mendapatkan uang dari Google Adsense hanya dengan menjadi youtuber atau pengunggah video ke youtube? tentu banyak yang mau, apalagi Google Adsense sebagai saranan untuk memonetisasi channel dan video youtube menjanjikan penghasilan bagi setiap publishernya cukup besar, atau bisa dibilang belum ada PPC lain yang berani membayar publishernya sebesar yang diberikan oleh Google Adsense.

Dan yang lebih menggembirakan lagi bagi para pencari uang lewat jalur internet terutama dari youtube, syarat untuk menjadi youtuber dan memonetisasi channel videonya ke Google Adsense itu terbilang mudah, cukup dengan memiliki sebuah email lalu membuat channel di youtube dan mulai mengupload video-video berkualitas lalu mengaktifkan monetisasi videonya dan setelah disetujui maka Anda akan mulai mendapatkan penghasilan dari dari youtube.

Cara Mendapatkan Penghasilan Uang Dari Youtube

Apakah benar semudah itu? iya memang benar, tapi tentunya ada beberapa ketentuan yang harus di jalankan dan patuhi agar channel youtube Anda bisa di monetisasi dengan Google Adsense dan bisa mulai mendapatkan penghasilan. Agar lebih jelas silahkan simak penjelasan berikut.

Syarat agar channel dan video youtube bisa di monetisasi dengan Adsense

1. Buat video yang sesuai dengan kebijakan layanan youtube

Mungkin beberapa bulan kebelakang hampir semua kategori video bisa di monetisasi, baik itu yang mengandung unsur kekerasan, p0rn0grapi, view produk dan lain-lain. Tapi paska krisis youtube yang melanda Google belum lama ini menimbulkan kebijakan baru, yaitu hanya beberapa kategori saja yang bisa mendapat izin monetisasi dari Google.

Agar lebih jelas silahkan baca: Kebijakan layanan Youtube.

2. Mengaktifkan monetisasi video

Setelah Anda membuat channel dan mengunggah video yang memenuhi syarat dan ketentuan youtube, silahkan aktifkan monetisasi videonya agar bisa di tinjau dan mendapatkan persetujuan monetisasi dari Google Adsense.

3. Mendapatkan 10rb tayangan video

Berbeda dengan beberapa bulan kebelakang yang ketika channel youtube selesai dibuat, tanpa harus mengunggah dulu video, channel youtube sudah bisa diaktifkan monetisasinya. Tapi kebijakan baru dari Google sekarang berbeda, channel youtube harus memiliki atau mendapatkan dulu 10.000 tayangan baru bisa menayangkan iklan Google Adsense.

4. Jangan melakukan pelanggaran

Banyak youtuber yang demi mengejar 10rb tayang video melakukan berbagai pelanggaran, seperti menggunakan teknik scam agar videonya tersebut mendapat view yang banyak padahal bukan asli dari manusia. Ingat sistem youtube sekarang sudah sangat baik dan canggih, bahkan pihak Google langsung mengirimkan team untuk memantau setiap channel dan video, apabila ada yang melanggar kebijakan maka fitur monetisasinya akan langsung dinonaktifkan.

Itu adalah syarat-syarat mutlak agar channel dan video youtube Anda bisa di monetisasi dengan Google Adsense.

Apakah upaya Anda cukup sampai disitu lalu sudah bisa mendapatkan uang dan penghasilan yang banyak atau paling tidak memenuhi ambang batas pembayaran Google Adsense setiap bulan? Tentu saja belum cukup, karena masih banyak usaha yang harus Anda jalankan agar keinginan mendapatkan penghasilan dari youtube bisa terwujud dan maksimal.

Cara mendapatkan penghasilan uang dari youtube

Saya anggap Anda telah lolos dari berbagai persyaratan dan fitur monetisasi video telah aktif sepenuhnya dengan tanda iklan sudah tayang di video Anda. Dan sekarang masuk ke upaya agar channel youtube Anda bisa menghasilkan uang yang maksimal.

1. Perbanyak video yang menarik

Semakin banyak video yang Anda unggah maka akan semakin besar kemungkinan mendapatkan penonton, dan semakin banyak yang menonton video Anda maka secara otomatis penghasilan Anda akan menjadi maksimal. Karena sistem PPC youtube berbeda dengan blog dan admob, sekalipun tidak ada satu orang pun yang mengklik iklan di video Anda akan tetap mendapatkan klik.

2. Buat video-video berdurasi panjang

Semakin panjang durasi video akan menghasilkan tayangan yang lebih lama dari setiap pengunjung, dengan begitu maka CTR akan semakin tinggi, secara otomatis pula penghasilan Anda akan semakin meningkat, dan yang lebih penting lagi dengan video yang berdurasi panjang akan meningkatkan popularitas dari channel video youtube Anda.

3. Promosikan channel video youtube

Untuk mendapatkan viewer yang banyak tentu tidak cukup dengan rajin mengupload video-video baru saja, tapi harus ada langkah lain yang harus Anda lakukan, yang diantaranya adalah dengan mempromosikan channel video youtube Anda dengan berbagai cara. Bisa dengan promosi gratis ke sosial media dan forum-forum yang memiliki pembahasan sesuai dengan niche video Anda, bisa juga melakukan promosi berbayar dengan cara beriklan seperti dengan cara beriklan di Google Adword.

4. Tingkatkan refutasi channel video youtube Anda

Semakin bagus refutasi sebuah channel youtube maka akkan berpotensi selalu ditampilkan oleh youtube di halaman teratas youtube. Untuk meningkatkan refutasi channel bisa dengan cara aktif menjawab setiap komentar di video Anda dan rajin memfilter atau menghapus komentar-komentar yang berbau pelanggaran seperti komentar yang menawarkan saling subscribe dan komentar yang mengandung link ke alamat yang melanggar kebijakan youtube.

5. Libatkan SEO pada channel dan video youtube Anda

SEO itu bukan hanya untuk blog, youtube juga membutuhkan SEO, bahkan bisa dibilang lebih sulit dari SEO blog, karena dalam hal tingkat persaingan jauh lebih besar daripada konten online di blog.

Beberapa teknik SEO terbaik untuk Youtube diantaranya:
  • Meriset kata kunci
  • Menggunakan judul sesuai kata kunci
  • Menambahkan judul kedalam deskripsi video
  • Menambahkan judul kedalam tag video

6. Tetap konsisten menerbitkan video

Nomer 6 ini yang tergolong agak sulit, karena biasanya kalau saya perhatikan banyak youtuber yang karena video-videonya jarang mendapat viewer menjadi hilang semangat dan menjadi tidak konsisten lagi. Padahal segala bentuk usaha tentu ada prosesnya masing-masing, termasuk dalam membangun channel youtube agar bisa menghasilkan uang butuh waktu dan kesabaran juga konsistensi yang tinggi.

Demikianlah cara mendapatkan penghasilan atau cara menghasilkan uang dari youtube dengan Google Adsense yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan satu harapan saya semoga artikel ini bermanfaat dan jadi motivasi bagi Anda dan juga saya sendiri. Salam.
Klik disini untuk membuka komentar

2 comments

Saya baru baru ini fokus ke YT. Itu juga karena beberapa video serta channel saya bisa berkembang dengan cepat mas. Padahal banyak juga channel saya lainnya jauh berbeda dengan channel yang satu ini. Channel lain susah meningkatkan view padahal videonya sudah lumayan. Sementara channel yang satu ini hanya ada 10 video, akan tetapi sudah dapat diandalkan. Tapi itu dia, sudah kena angin badai, tinggal sekali lagi punah lah. Berharap bisa bertahan dan dapat merasakan hasil di internet sebagaimana orang lain dapatkan mas.

Balas

Kepengen punya chanel youtube...

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER