Cara Mempercepat Booting Komputer dan Laptop

Cara mempercepat booting komputer dan Laptop - Semakin banyak aplikasi dan software yang terinstal pada perangkat komputer tentu akan semakin lambat ketika komputer melakukan booting, apalagi kalau software atau aplikasi yang terinstal tersebut di izinkan untuk berjalan ketika startup atau ketika komputer dihidupkan. Selain itu besarnya kapasitas RAM memang jadi tolak ukur untuk kestabilan kinerja sebuah perangkat komputer, maka dari itu sebaiknya kita lebih pintar-pintar mengatur space RAM agar kinerja komputer tetap stabil.

Hal yang paling umum yang bisa menyebabkan komputer lambat ketika booting adalah minimnya kapasitas RAM karena terpakai untuk menjalankan aplikasi-aplikasi atau software yang di izinkan untuk berjalan pada startup tersebut. Hal ini mungkin karena tidak sengaja akibat kurang pengetahuan tentang komputer.

Lalu bagaimana cara mempercepat booting komputer atau laptop itu?

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar booting komputer laptop anda menjadi lebih cepat. Dan disini saya akan berbagi tips ringan saja yang patut Anda coba, dan jangan lupa untuk memberikan feedback tentang hasil setelah melakukan tips dari saya ini lewat kolom komentar yang ada di akhir artikel.

Simak baik-baik!.

1. Disable semua program yang berjalan disaat startup

Semakin banyak program atau aplikasi yang berjalan pada startup maka sudah pasti akan membuat booting komputer menjadi lambat. Untuk itu sangat disarankan untuk mendisable aplikasi-aplikasi tersebut agar space RAM bisa sepenuhnya digunakan untuk booting.

Cara mendisable aplikasi yang berjalan pada startup adalah sebagai berikut:
  • Windows + R lalu ketik msconfig maka akan muncul jendela seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mempercepat Booting Komputer dan Laptop

  • Lalu klik Startup lalu klik Disable all lalu apply.
  • Selanjutnya kalau windows meminta untuk reboot silahkan reboot dulu.
  • Sampai disitu berarti semua program atau aplikasi yang berjalan otomatis pada startup sudah dimatikan.

2. Mengoptimalkan ukuran RAM dan jumlah core processor untuk booting

Caranya sebagai berikut:
  • Masuk lagi ke msconfig seperti langkah diatas lalu klik Boot lalu klik Advanced Options lalu ceklist pada Number Of Processors lalu pilih yang paling besar nilainya
  • Selanjutnya ceklist pada Maximum Memori lalu gunakan ukuran maksimal dari memori yang ada pada komputer atau laptop anda dan klik OK untuk menyimpan setingan.

Cara Mempercepat Booting Komputer dan Laptop

  • Kalau semua langkah sudah dilakukan silahkan reboot komputer atau laptop anda, dan rasakan booting komputer akan lebih cepat dari biasanya.

3. Bersihkan temporary file

Temporary file adalah berkas sampah yang berasal dari cache ketika Anda menjalankan aplikasi-aplikasi atau program software yang ada diperangkat komputer. Tujuan dibentuknya temporary file oleh windows adalah supaya ketika Anda hendak menjalankan lagi aplikasi tersebut akan jauh lebih cepat daripada memulai proses baru.

Namun terlalu banyak temporary file justru akan menguras ukuran RAM, karena temporary file ini disimpan di RAM. Untuk itu agar komputer tetap cepat saat melakukan booting alangkah baiknya untuk menghapus temporary file tersebut.

Cara menghapus temporary file adalah sebagai berikut:
  • Klik Windows + R atau klik start lalu klik pada RUN
  • Selanjutnya ketik %tmp% lalu OK.
  • Crop semua berkas yang muncul lalu delete. Biasanya akan tersisa satu atau dua berkas itu abaikan saja.
  • Setelah selesai silahkan reboot kembali komputer Anda.

Demikianlah cara sederhana mempercepat booting komputer atau laptop yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga: Cara menampilkan menu RUN di Windows 7.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER