Wednesday, June 29, 2016

Cara Membuat Judul dan URL Yang Baik dan Benar Untuk Blog

Artikel ini merupakan pelengkap dari artikel yang berjudul cara membuat blog menggunakan platform blogspot khusus pemula. Dimana pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat Judul dan URL yang baik dan benar untuk blog.

Judul dan URL blog adalah identitas dari blog itu sendiri. Oleh sebab itu dalam menentukan sebuah judul dan URL blog harus dipertimbangkan secara matang, jangan asal judul dan jangan asal URL, tapi harus mengandung kalimat dan kata kunci yang sesuai dengan niche atau tema yang akan Anda bahas di blog Anda nantinya.

Artikel Terkait: Cara menentukan niche yang bagus untuk blog.

Cara Membuat Judul dan URL Blog

Agar mudah dimengerti saya akan menjelaskan secara terpisah antara judul dan URL.

1. Judul Blog

Judul atau title sama dengan nama dan tanda tangan resmi dari blog itu sendiri, sebagai contoh blog saya ini diberi nama Flyin DVB. Dimana siapapun yang mengetik kalimat Flyin DVB baik di mesin pencari Google, Bing, Yahoo dan lain-lain akan muncul blog saya, tidak mungkin akan muncul blog lain.

Mungkin menurut para pakar blogger, nama Flyin DVB yang saya gunakan tidak menentukan sebuah niche yang umum, karena nama yang saya gunakan termasuk kedalam golongan niche privacy. Dimana saya harus membangun branding dulu untuk nama Flyin DVB sebelum memutuskan untuk digunakan nama blog.

Apakah ini suatu kesalahan? tentu saja bukan, Anda pun boleh menggunakan nama bebas termasuk kalau mau menggunakan nama sendiri atau nama asli Anda. Yang terpenting adalah bagaimana usaha Anda nantinya dalam membangun branding Anda.

Tapi hal ini akan menjadi tantangan sulit bagi Anda apabila menggunakan judul atau nama blog kalau langsung membangun branding dari awal. Maka dari itu sya sarankan dalam membuat judul atau nama blog sebaiknya gunakan yang sesuai dengan niche blog Anda nantinya.

Sebagai contoh, Anda akan membuat blog yang membahas seputar Blog dan SEO, sebaiknya gunakan judul misalnya Tips Blogging dan SEO. Dalam membuat judul jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek, jumlah huruf ideal untuk nama sebuah blog adalah antara 10 sampai 25 karakter.

2. URL Blog

URL blog itu sama dengan alamat atau address, seperti contoh blog saya ini alamatnya http://www.flyin-dvb.com karena saya sudah menggunakan domain sendiri tidak menggunakan domain blogspot lagi. Nah kalau anda membuat blog di blogspot akan mendapatkan akhiran domain seperti blogspot.com untuk global dan blogspot.co.id untuk lokal.

Pertanyaanya, apakah Anda bebas menentukan alamat blog Anda? tentu saja bebas, hanya saja kalau Anda menggunakan blogspot sebagai domain utamanya, maka akhiran dari alamat blog Anda akan tetap blogspot.com atau blogspot.co.id. Misalnya Anda akan menggunakan teknik KOD (Keyword On Domain) kalau nama blog Anda Tips Blogging dan SEO maka alamat blog Anda nantinya menjadi tipsbloggingdanseo.blogspot.com atau tips-blogging-dan-seo.blogspot.com.

Atau Anda bisa menentukan sendiri sesuai dengan keinginan Anda selama alamat yang akan Anda gunakan tersedia di database blogspot.

Kesimpulan: Dalam membuat judul atau nama atau title blog bebas terserah keinginan Anda tapi usahakan agar sesuai dengan niche yang akan anda bahas. Dan untuk URL atau alamat blog Anda juga bebas menentukannya sendiri, tapi usahakan untuk tidak terlalu menyimpang dengan judul blog.

Saya rasa cukup lengkap pembahasan tentang cara membuat judul dan URL blog yang baik dan benar yang bis saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Dengan mengikuti tips yang saya berikan diatas semoga blog Anda nantinya menjadi blog yang populer bagi kalangan pengguna internet. Sekian dan terima kasih.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon