Pentingnya Melakukan Backup System Windows

Pentingnya melakukan backup System Windows dan cara membuatnya - Anda tidak akan pernah tau kapan komputer atau laptop kita mengalami masalah seperti gagal booting atau tiba-tiba blue screen dan truble lainnya. Sementara data-data dan software penting berada di hardisk C. Karena sebab itulah alangkah pentingnya melakukan backup sistem sebelum kejadian tersebut menimpa komputer atau laptop Anda.

Walaupun masih ada cara lain yaitu melakukan instal ulang tapi menurut saya itu bukanlah solusi terbaik. Instal ulang hanya langkah terakhir kalau cara-cara lain sudah tidak bisa di lakukan. Nah untuk mengatasi agar jangan sampai komputer atau laptop terpaksa harus di instal ulang dan harus rela kehilangan file dan data-data penting, ada baiknya Anda meng-antisipasinya terlebih dahulu sebelum kejadian tersebut menimpa komputer atau laptop Anda.

Salah satu cara agar ketika terjadi hal yang tidak di inginkan terjadi pada komputer kita adalah dengan membackup system setiap selesai melakukan instalasi software. Agar ketika komputer mengalami masalah bisa dengan mudah Anda kembalikan menggunakan file backup yang sudah dibuat tersebut. Walau pekerjaan tersebut memakan waktu yang tidak sebentar, tapi itu lebih baik daripada nanatinya anda stress apabila tiba-tiba komputer bermasalah sementara kita tidak bisa mengembalikan system ke saat sebelum kejadian itu karena tidak memiliki backup system,

Dengan kata lain melakukan backup system dan data adalah hal yang wajib di lakukan oleh setiap pemilik komputer atau laptop, seperti contoh yang biasa saya lakukan ketika selesai melakukan instal ulang adalah menginstal software-software dan aplikasi wajib yang harus di miliki oleh perangkat komputer. Nah setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah membackup system, tujuannya agar ketika terjadi masalah tidak perlu repot-repot lagi melakukan instal ulang.

lalu bagaimana cara membuat file backup system windows tersebut? caranya sangat mudah, silahkan simak penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Cara membuat file backup di windows

  • Langkah pertama kita menuju ke hardisk C tempat biasanya kita menginstal windows dan aplikasi-aplikasi lainnya.
  • Lalu klik kanan pada drive C tersebut dan pilih Properties, agar lebih jelas perhatikan gambar berikut:

Pentingnya Melakukan Backup System Windows

  • Selanjutnya akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini

Pentingnya Melakukan Backup System Windows

  • Silahkan Klik tab Tools maka akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini

Pentingnya Melakukan Backup System Windows

  • Lalu klik Back up now seperti yang di tunjukan oleh tanda panah pada gambar di atas, maka akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini

Pentingnya Melakukan Backup System Windows

Gambar di atas ada dua pilihan yang di tunjuk oleh tanda panah.
  • Pilihan pertama adalah membuat system backup pada drive selain C.
  • Pilihan kedua adalah membuat system backup pada DVD, saya sarankan untuk membuat kedua nya, tapi tentunya tidak sekaligus, lakukan dulu pilihan pertama, klik Create a system image maka akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini

Pentingnya Melakukan Backup System Windows

  • Secara otomatis system windows akan mencari drive mana yang di anggap cukup dan cocok untuk menyimpan file back up tersebut, jadi dalam tahap ini kita tinggal menunggu nya saja sampai system menujukan drive yang cocok seperti pada gambar di atas, otomatis system memilih drive E yang memiliki ukuran paling besar.
  • langkah selanjut nya klik Next maka akan muncul jendela baru seperti pada gambar di bawah ini

Pentingnya Melakukan Backup System Windows

  • Langkah selanjutnya anda tinggal klik Next maka akan muncul jendela baru seperti pada gambar di bawah ini

Pentingnya Melakukan Backup System Windows

  • Terakhir klik Start backup dan tunggu sampai proses nya selesai, proses ini memakan waktu cukup lama tergantung berapa banyak system yang terinstal di drive C tersebut.

Lalu langkah kedua adalah membuat system repair disk, atau membuat file repair yang akan di simpan pada kaset DVD.

Caranya  sebagai berikut:
  • Anda masuk lagi ke gambar no 4 pada artikel ini, disitu ada dua pilihan, pilihan yang pertama sudah selesai di lakukan sekarang pilihan yang kedua yaitu membuat system repair di kaset DVD.
  • Silahkan klik Create a system repair disc maka akan muncul jendela baru seperti pada gambar di bawah ini

Pentingnya Melakukan Backup System Windows

  • Dan terakhir tinggal klik Create disc lalu tunggu sampai proses nya selesai.

Demikianlah 2 cara membuat file backup dan system repair windows yang tujuannya untuk jaga-jaga kalau terjadi masalah pada system operasi anda, Semoga bisa membantu.

Baca Juga: Beberapa kegunaan dari USB Flashdisk.
Klik disini untuk membuka komentar

1 comment

trimakasih pak Flyin.ini angat membantu bagi saya yang baru blajar mengenal duia komputer.di tunggu coretan_coretan selanjut nya

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER