Beberapa Kegunaan Dari USB Flashdisk

Flashdisk atau USB Flashdisk pasti sudah banyak yang mengetahui tentang fungsi dan kegunaannya. Bagi sebagian orang USB Flashdisk hanya dijadikan alat untuk menyimpan data seperti file-file, film, musik dan dokumen-dokumen penting saja. Itu tidak salah karena USB Flashdisk sendiri memang diciptakan untuk menyimpan dan menyalin data yang tidak ada bedanya dengan Hardisk. Yang membedakan antara USB Flashdisk dan Hardisk hanya pada ukuran dan kecepatan data transfer saja.

Beberapa Kegunaan USB Flashdisk


Lalu apa saja kegunaan dari USB Flashdisk?

Sangat banyak kegunaan atau manfaat dari USB Flashdisk selain dijadikan alat penyimpanan data yang belum tentu semua orang mengetahuinya.

Diantaranya:

1. Berguna untuk mengunci dan membuka komputer secara otomatis

Mengunci dan membuka komputer secara otomatis bagaimana? ketika usb flashdisk dicolokan ke komputer maka komputer akan terbuka dengan sendirrinya, dan ketika usb flashdisk dicabut dari komputer maka komputer akan terkunci dengan sendirinya. Lho kok bisa? sangat bisa, tapi tentunya anda perlu sebuah software agar USB Flashdisk bisa digunakan untuk membuka dan mengunci komputer secara otomatis.

Lalu software apa yang harus digunakan? salah satu software yang cukup familiar untuk menjadikan USB Flashdisk sebagai pengunci dan pembuka komputer secara otomatis adalah Predator.

Kalau anda penasaran ingin mencobanya silahkan instal predator di komputer atau laptop anda, predator tersedia dalam dua pilihan yaitu predator untuk windows 32 bit dan predator untuk windows 64 bit, kalau anda belum memiliki softwarenya bisa anda bisa mendownloadnya dari link dibwah ini.

Instal dan ikuti pentunjuk cara menggunakannya.

2. USB Flashdisk berguna untuk meningkatkan kecepatan komputer

Kegunaan lain dari USB Flashdisk adalah bisa digunakan untuk mempercepat kinerja komputer. Lalu caranya bagaimana? mungkin sudah banyak yang tau yaitu dengan memanfaatkan aplikasi bantuan yang disebut ReadyBoost, kenapa komputer atau laptop bisa lebih cepat dengan menggunakan ReadyBoost? karena readyboost akan membaca cache file yang sering dibuka oleh komputer dari USB Flashdisk, maka secara otomatis kecepatan komputer akan meningkat.

Baca Juga: Optimalkan kinerja komputer dengan ReadyBoost.

3. USB Flashdisk bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi portabel

Kegunaan lain dari USB Flashdisk ini adalah bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi portabel atau aplikasi yang tidak perlu di instal.  Apa saja aplikasi portabel itu? diantaranya seperti openoffice dimana ini adalah office suite yang mampu mencakut beberapa pengolah data, lalu presentasi, paket menggambar dan database yang tersedia juga sebagai aplikasi portable.

4. Untuk membuat Bootable USB Windows

Apa itu Bootable USB Windows? Bootable USB Windows adalah sebuah alat untuk melakukan instalasi Windows, seperti instal Windows XP, Windows 7 dan Windows 10. Dengan menjadikan USB Flashdisk menjadi Bootable USB Windows maka proses intalasi akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kaset CD dan DVD.

Baca Juga: Cara membuat bootable USB Windows yang benar dan aman.

5. Untuk melakukan Flasing Receiver Digital

Bagi sebagian orang yang hobi oprek-oprek perangkat receiver digital, USB Flashdisk ini sangat penting keberadaannya buat mereka. Karena proses Flashing seperti upgrade system receiver paling mudah adalah dengan menggunakan USB Flashdisk.

6. Untuk menginstal Antivirus PC

Mungkin terdengar asing, tapi perlu Anda ketahui kalau saat ini produsen atau pengembang antivirus telah mengembangkan sistem instalasi dari hanya bisa di instal langsung diperangkan komputer, sekarang menginstal antivirus bisa lewat USB Flashdisk. Tujuannya agar tidak menguras RAM dan space Hardisk di komputer.

Baca Juga: Panduan cara instal antivirus Avast premier dengan 22 fitur canggih didalamnya.

7. Menyimpan Backup Windows

Untuk mengantisipasi terjadi kerusakan secara tiba-tiba pada software komputer maka setiap pengguna komputer diwajibkan membuat file backup Windows. File backup itulah yang nantinya akan digunakan untuk mengembalikan system ke sebelum terjadi masalah. Dan media paling bagus untuk menyimpan file backup Windows tersebut adalah USB Flashdisk, karena sifatnya tidak mudah rusak dibandingkan dengan menyimpan file backup di piringan DVD yang mudah tergores atau pecah.

Baca Juga: Pentingnya melakukan backup system Windows.

Demikianlah beberapa manfaat dan kegunaan dari USB Flashdisk selain untuk media penyimpanan data yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kalau pembaca punya pengalaman tentang kegunaan lain dari USB Flashdisk, silahkan berbagi informasi kepada kami lewat kolom komentar yang disediakan.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER