Pentingnya Defragmentasi Hardisk

Satu dari seribu cara memaksimalkan kinerja sebuah perangkat komputer desktop atau laptop adalah rutin melakukan defragmentasi Hardisk. Karena Hardisk merupakan komponen utama tempat tersimpan dan terinstalnya semua perangkat lunak dan file-file yang biasa digunakan sehari-hari. Kalau Hardisk rusak atau bermasalah maka bisa dipastikan kinerja komputer akan terganggu bahkan bisa menimbulkan terhenti sama sekali.

Pentingnya Defragmentasi Hardisk

Kenapa melakukan defragmentasi Hardisk sangatlah penting?

Karena penggunaan komputer sehari-hari seperti browsing-browsing, buka tutup file, melakukan pekerjaan tulis menulis dan lain-lain  bisa membuat file file yang berada didalam hardisk berpindah posisi atau terpecah atau yang dalam bahasa komputernya disebut fragment. Apabila programnya terpecah atau fragmented maka akan membuat proses dan kinerja komputer menjadi lambat.

Melakukan defragmentasi Hardisk bukanlah hal yang sulit, tapi banyak orang awam yang belum atau memang tidak tahu bagaimana cara melakukan defragmentasi atau menyusun kembali file fragment/terpecah tersebut. Oleh sebab itu pada artikel ini saya akan sedikit memberikan cara-cara yang benar dalam melakukan defragmentasi hardisk agar hasilnya benar-benar baik dan sempurna.

Langkah sebelum defrag hardisk agar hasilnya maksimal:

  • Hapus dulu file-file yang tidak di butuhkan, ini akan menjadikan performa komputer meningkat secara keseluruhan.
  • Bersihkan history chace file dari browser-browser yang sering kamu gunakan, misalnya mozilla firefox google chrome, opera browser, yandex dan lain-lain, masing-masing browser memiliki fiturnya sendiri untuk menghapus temporary file chace dan langkah kerjanya hampir sama.
  • Kosongkan dulu recycle bin komputer anda, agar file-file sampah tidak mengganggu atau memberatkan system dalam proses defragmentasi nanti.
  • Disk cleanup atau bersihkan dulu hardisk dari kotoran-kotoran file yang rusak atau junk file, cara melakukan disk cleanup bisa menggunakan software pihak ketiga atau bisa juga menggunakan tools bawaan windows sendiri, caranya klik start lalu klik all program lalu klik Accessories lalu pilih System tools lalu pilih Disk cleanup atau bisa juga menggunakan software auto logics dll.
  • Check dulu hardisk menggunakan chdsk untuk memperbaiki hardisk yang eror sebelum melakukan proses defragmentasi.
  • Backup dulu system untuk menjaga hal yang tidak di inginkan ketika proses defragmentasi nanti, caranya klik Start lalu pilih Accessories lalu pilih System tools lalu pilih System restore.
  • Disable dulu windows pagefile, caranya klik Start lalu Control pannel lalu System lalu Advanced lalu klik pada tab Performance lalu klik Setting dan pada Virtual memori klik Change dan pilih NO untuk pilihan Pagefile klik Set.

Kalau semua langkah di atas sudah di lakukan, sekarang tutup semua program, termasuk internet dan lain-lain, biarkan windows dalam keadaan Free akses atau standby.

Berikut ini cara defrag hardisk di windows 7:

1. Klik Start lalu di kolom pencarian agar mudah tuliskan Disk Defragmenter lalu klik icon Disk Defragmenter yang muncul maka akan mucul tab seperti gambar berikut ini


2. Pilih satu persatu drive yang ada di dalam tab tersebut lalu klik Analyze disk, biarkan proses analyzer sampai selesai, nanti akan muncul berapa persen tingkat fragment dari masing-masing drive lalu langkah selanjutnya adalah meng-klik Defragment disk.

3. Tunggu sampai prosesnya benar-benar selesai, ini memerlukan waktu yang cukup lama tergantung tingkat fragment dari hardisk kita.

4. Setelah proses selesai silahkan reboot komputer / laptop anda.

Nah sekarang rasakan kalau komputer/laptop anda akan menjadi lebih ringan dari sebelumnya, hal ini bisa sangat terasa ketika membuka program-program yang biasa kita jalankan.

Demikianlah penjelasan tentang pentingnya melakukan defragmentasi Hardisk serta panduan lengkap tentang cara defragmentasi Hardisk yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

Baca Juga: Hardisk C tiba-tiba penuh dan cara mengatasinya.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER