Kerusakan umum TV POLYTRON dan Digitec

Sahabat teknisi yang berbahagia, jumpa lagi dipembahasan seputar kerusakan umum beberapa merk TV. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang kerusakan umum TV Polytron dan juga Digitec. Dimana kedua merk televisi ini keluar dari produsen yang sama, menggunakan rangkaian yang sama, otomatis jenis kerusakannya juga akan sama.

Kerusakan umum TV POLYTRON

Walau polytron dan digitect ini merupakan produk lokal atau produk dalam negeri, tapi dalam segi kualitas dan kuantitas tidak kalah bersaing dengan tv luar seperti tv keluaran eropa. Apalagi kalau dibandingkan dengan tv buatan cina, jelas polytron dan digitec berada jauh diatasnya.

Namun yang namanya rangkaian elektronik tentu akan mengalami yang namanya rusak, begitu juga untuk tv polytron dan digitec. Justru bagi teknisi ini adalah berkah, yang penting ketika menemukan kerusakan sudah siap langkah untuk mengatasinya.

Lalu apa saja kerusakan umum pada TV merk polytron dan digitec tersebut? Silahkan simak artikel ini sampai tuntas.

Kerusakan umum TV POLYTRON/DIGITEC

Menurut pengalaman saya, kerusakan yang paling umum terjadi pada tv merk polytron dan digitect ada 6 jenis kerusakan. Yang diantaranya:
  1. Regulator telat naik (biasa terjadi untuk polytron/digitec type 3in1).
  2. Protect.
  3. Lampu power berkedip.
  4. Gambar tinggal bagian bawah.
  5. Suara berdengung di sertai gambar kelihatan ada garis berjalan dari atas ke bawah juga sebaliknya.
  6. Gambar membesar dan melengkung (untuk tv model slim/ultra slim).

Dan untuk mengatasi keenam jenis kerusakan tersebut tentu diperlukan kejelian serta ketepatan dalam mengambil langkah perbaikan. Karena kalau salah dalam menanganinya khusus rangakain polytron dan digitec ini agak lebih rentan rusak parah dibanding dengan tv lain.

1. Regulator telat naik (biasa terjadi untuk polytron/digitec type 3in1)

Pasti banyak diantara sobat yang pernah mengalaminya, dan kalau belum menemukan solusi apabila menemukan kerusakan polytron dengan gejala regulator telat naik, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:
  • Cabut dioda zener 4.7 volt 2A yg menghubungkan basis FET ke ground
  • Biasanya dalam keadaan dingin dioda zener tersebut mengalami kebocoran.

2. Protect

Masalah kedua adalah protect. Tidak mau kalah dengan tv bermerk lain seperti Sharp dan LG, polytron dan digitec juga menerapkan system protect untuk tv yang sudah menggunakan ic osilator jenis STV 2247, 2286 dan TV yang sudah menggunakan IC tunggal jenis HBT.

Nah untuk mengatasi masalah protect pada TV polytron dan digitec silahkan baca dengan teliti penjelasan dibawah ini:
  • Kenali jenis protect sambil mengukur tegangan keluaran regulator dan keluaran dari FBT, kalau semua tegangan normal, di pastikan kerusakan ada pada elko pembangkit tegangan 5volt untuk pin protect ic, elko ini mengambil arus bolak balik dari output vertikal yang di teruskan oleh dioda jenis IN 4148 untuk menghasilkan tegangan 5volt, kerusakan kering nya elko bisa menyebabkan kurangnya tegangan 5volt bahkan bisa sampai hilang sama sekali.
  • Rusaknya sirkuit vertikal bisa meyebabkan tv protect, periksa keluaran tegangan 12+ dan 12- (tv21") 14+ 14- (tv 29") kalau di ukur kurang dari semestinya, cek dioda penyearah, cek elko regulator vertikal, kalau semuanya normal coba ganti ic vertikal nya.

3. Lampu power berkedip

Untuk gejala lampu berkedip tidak bisa dikategorikan kejenis protect, walau memang ada diantaranya lampu berkedip setelah TV menyala dulu, tapi kejadian tersebut sangat jarang dijumpai.

Nah kalau sobat menemukan kerusakan baik pada TV polytron atau digitec dengan gejala lampu indikator power berkedip, silahkan ikuti langkah dibawah ini:
  • Cek tegangan 5v A untuk keperluan ic program, kalau kurang periksa resistor dan transistor regulator 5v A.
  • Untuk polytron type terbaru tegangan 5v di ambil dari output regulator 38volt, cek elko pada titk 38volt.
  • Untuk polytron type lama tegangan 5v di ambil dari tegangan 50volt output regulator, cek elko di titik 50 volt.
  • FBT bermasalah juga bisa menyebabkan lampu power berkedip, pengalaman penulis yang paling sering di jumpai, rusaknya optocoupler dan ic 431 yang menyebabkan lampu power berkedip, ada juga yang di sebabkan oleh rusaknya ic HBT nya.

4. Gambar tinggal bagian bawah

Untuk kerusakan gambar hanya tersisa bagian bawah saja semetara untuk bagian atas melipat atau blank biasanya terjadi pada TV Polytron dan digitec yang menggunakan IC Vertikal jenis TDA 8174. Karena kalau yang sudah menggunakan IC jenis ST 9132 atau LA 78041 kerusakan pada bagian vertikal akan menyebabkan protect.

Nah kalau sobat menemukan kerusakan dengan gejala seperti yang saya jelaskan diatas, langkah untuk mengatasinya sebagai berikut:
  • Solder ulang semua rangakain vertikal lalu cek apakah TV sudah normal.
  • Ganti dioda IN 4004 dibagian inverting input vertikal.

5. Suara berdengung di sertai gambar kelihatan ada garis berjalan dari atas ke bawah juga sebaliknya

Menurut saya untuk kerusakan yang satu ini karena adanya kegagalan pada pengadaan komponen dalam perakitan TV Polytron dan digitec. Karena penyebabnya adalah elko power suplay regulator mengalami kering padahal umur TV masih tergolong baru. Hal ini jarang terjadi pada TV polytron dan digitec model lama......

6. Gambar membesar dan melengkung (untuk tv model slim/ultra slim)

Kerusakan gambar membesar atau melengkung pada TV polytron dan digitec jenis slim atau ultra slim diakibatkan oleh rusaknya rangkaian PIN CUSHION. Untuk mengatasinya silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:
  • Cek Kapasitor2 di bagian Horizontal, cek dioda PIN CUSHION nya dan Transistor amplifier nya yang biasa menggunakan transistor D313.

Demikianlah penjelasan mengenai kerusakan umum yang biasa terjadi pada TV Polytron dan digitec. Mungkin kurang lebihnya bisa kita diskusikan lewat kolom komentar yang disediakan

Baca juga: Titik protect umum pada TV Polytron.
Klik disini untuk membuka komentar

7 comments

thanks for sharing, goodluck

Balas

mantap kang, sangat membantu, oh iya saya butuh komponen dioda pin chusion kira2 dimana ya yang jual

Balas

Tv sayaa pokytron minimax. Ketika di clokin ke listrik mcb langsung turun. Kira kerusakannya apa saja yang harus di cek. Terimakaaih

Balas

Bisa dioda penyearah dibagian regulator, bisa FET nya mas.

Balas

Tv led saya susah on nya apa penyebabnya terima kasih

Balas

Periksa elko-elko diseputaran rangkaian regulator mas, kemungkina sudah kering sehingga tegangan menjadi kurang dari yang seharusnya..

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER