10 Aplikasi Yang Harus Ada Di PC Anda

Aplikasi yang wajib ada terinstal di PC - PC atau Perangkat Komputer yang meliputi Desktop dan Laptop kalau di ibaratkan seperti rumah yang wajib di isi dengan perabotan sebagai pelengkap atau penyempurna, dimana setiap perabotan tersebut memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing agar komputer menjadi sebuah perangkat yang benar-benar berfungsi dan berguna dengan sebaik-baiknya.

Aplikasi Yang Harus Ada Di PC

Komputer adalah sebuah perangkat keras yang memiliki ruang bebas untuk perangkat lunak, dengan perangkat komputer kita melakukan apa saja. Seperti melakukan pekerjaan kantor, tulis menulis, menggambar, edit-mengedit, baca-baca, membuat berbagai software yang sering di cari orang, untuk browsing, untuk bermain game dan masih banyak lagi.

Nah untuk itu maka setiap perangkat komputer wajib di isi dengan aplikasi yang mendukung untuk semua itu, dan disini saya akan memberikan masukan tentang aplikasi apa saja yang wajib ada dan apa fungsinya di komputer desktop atau laptop Anda.

Nah lalu apa saja aplikasi yang wajib ada dan terinstal disetiap perangkat komputer itu? Silahkan simak daftarnya dibawah ini.

10 Aplikasi yang wajib terinstal di komputer atau laptop:

1. AntiVirus

Antivirus adalah sistem keamanan yang dirancang untuk selalu menjaga komputer dari berbagai tindak kejahatan. Tanpa sistem keamanan yang bekerja secara realtime tentu kita harus extra ketat menjaga komputer kita. Maka dari itu setiap perangkat komputer wajib memiliki atau terinstal sebuah antivirus yang bagus.

Baca Juga: 10 Daftar antivirus terbaik saat ini dan sepanjang masa.

2. Browser

Browser adalah perangkat lunak untuk sarana kita mencari berbagai informasi yang ada di internet. Bahkan bukan hanya untuk sekedar browsing dan mencari informasi saja, kalau kita pintar menyiasatinya browser bisa di jadikan sebagai sarana untuk membuka usaha seperti bisnis online dan lain.

Ada banyak sekali browser yang bisa kita gunakan, dan hampir rata-rata bagus dengan fitur-fitur istimewa, seperti:
  1. Mozilla firefox
  2. Google Crome
  3. Opera Browser
  4. Yandex
  5. IE Internet explorer
  6. Ucweb

Dan masih banyak lagi browser-browser baru yang hadir seiring berjalannya waktu mengikuti kemajuan tekhnologi di masa depan.

Baca juga: 6 Browser untuk PC terbaik sepanjang masa.

3. Microsof office

Microsoft Office adalah perangkat lunak yang memiliki fitur sangat lengkap dan canggih, yang di dalamnya terdapat berbagai aplikasi pendukung, di antaranya:
  • Word atau microsoft word. Word atau lebih ngetrenya di sebut microsoft word, fungsinya untuk menulis tugas dan pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah, pekerjaan surat menyurat yang ada kaitanya dengan instansi pemerintahan dan banyak lagi kegunaan dari microsoft word itu sendiri.
  • Excel atau microsoft Excel. Excel memiliki multi fungsi, bisa untuk pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah membuat aplikasi-aplikasi seperti aplikasi raport, aplikasi simpan pinjam, dan banyak lagi kegunaan dari microsoft excel.

3. Notpade c++

Notpade c++ adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi yang sangat banyak, apalagi kalau anda seorang programmer, denga adanya notpade akan memudahkan kita dalam menulis code-code pemograman, baik itu pemograman delphi, java, visual studio script HTML dan banyak lagi kegunaan dari Notpade c++ ini.

4. Pemutar musik

Pemutar musik adalah perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh semua pengguna komputer, pasti fungsi dari pemutar musik sudah sangat di ketahui oleh semua pengguna komputer, yaitu untuk memainkan musik berbagai format.

5. Pemutar video

Pemutar video wajib di miliki oleh semua pengguna komputer, walau di dalam oprations system itu sendiri sudah memliki perangkat pemutar video dan musik, tapi seiring dengan kemajuan tekhnologi tentu kita di wajibkan mengikuti kemajuan yang ada, banyak sekali fitur-fitur video yang muncul saat ini, dan untuk memutarnya kita di wajibkan memiliki aplikasi yang mendukung format dari video itu sendiri.

6. Game/permainan

Game bisa di bilang cukup wajib ada di komputer, agar jika kita mengalami kejenuhan dalam bekerja, cara yang paling simple melepas kejenuhan adalah dengan bermain Game.

7. downloader

downloader adalah perangkat lunak agar kita bisa mengambil file dari internet ke komputer kita, karena tidak selamanya kita punya banyak pulsa atau kuota atau jaringan internet untuk mengakses file-file yang kita butuhkan di internet, dengan adanya aplikasi downloader di komputer kita tentu akan lebih mempermudah kita mengakses data dengan cara offline, yaitu membuka file-file yang sebelumnya sudah kita download.

8. Pembersih hardisk, atau disk cleaner

disk cleaner berfungsi sebagai pembersih hardisk dari sampah-sampah yang tidak di butuhkan, semakin rajin kita membersihkan hardisk, maka semakin awet kompurter kita.

9. Pembersih cache browser

Pembersih cache browser berfungsi membersihkan data singgahan agar browser kita tetap terasa ringan, semakin banyak cache di browser akan semakin memperlambat browsing kita, walau sebenarnya ada keuntungan dari cache itu itu sendiri, dengan adanya cache di browser tentu kita akan lebih cepat membuka kembali halaman singgahan yang pernah kita akses sebelumnya.

10. backup data/system

Ini mungkin yang paling penting, kita tidak akan pernah tau kapan komputer kita akan mengalami kerusakan parah, tersambai petir misalnya, alangkah sangat di sayangkan apabila tiba-tiba data-data penting di komputer kita harus hilang, tapi dengan adanya backup data, setidaknya kerugian kita hanya di hardware, tidak sampai ke inti dari apa gunanya kita punya komputer.

Demikianlah saran dari saya tentang aplikasi-aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna komputer, selebihnya dengan berjalannya waktu tentu anda sendiri bisa memilih, aplikasi apa saja yang sangat penting ada di dalam komputer.

Baca Juga: Pentingnya melakukan defragmentasi Hardisk.
Klik disini untuk membuka komentar

6 comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER