Sabtu, Desember 02, 2017

5 Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Tags

Pasti Anda sedang mengalami Smartphone Android Anda tiba-tiba menjadi lemot, untuk membuka aplikasi-aplikasi sangat sulit bahkan kebanyakan gagal. Anda tidak usah terlalu khawatir karena itu masalah umum untuk sebuah Android. Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan penyebab smartphone Android lemot dan cara untuk mengatasinya.

Untuk pengguna Android yang awam ketika mengalami masalah yang saya sebutkan di atas terkadang bikin gugup dan ingin segera memeriksakannya ke tukang servis HP, padahal kebanyakan masalah-masalah seperti itu bukan dari hardware yang rusak tapi dari masalah kecil yang Anda sendiri pun asal mau pasti bisa memperbaikinya.

Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Lalu apa penyebab Smartphone Android lemot dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada umumnya ada 5 hal yang menyebabkan Android lemot antara lain:
  1. Terlalu banyak aplikasi terinstal
  2. Aplikasi ada yang crash
  3. Kartu memoriTerjangkit virus
  4. Kartu memori eksternal rusak
  5. Sistem Android Error

1. Terlalu banyak aplikasi terinstal

Terlalu banyak aplikasi yang terinstal bisa menyebabkan Androd menjadi lemot, hal tersebut karena kapasitas RAM tidak cukup untuk menunjang berjalannya semua aplikasi. Mungkin pada awal-awal Anda menginstal aplikasi tidak begitu terasa berpengaruh, tapi semakin lama aplikasi-aplikasi itu dipakai maka akan menyebabkan penuhnya kapasitas RAM, dengan membersihkan RAM saja tidak cukup karena akan terulang lagi tanpa Anda sadari, maka sebaiknya hapus saja aplikasi-aplikasi yang tidak penting.

2. Aplikasi ada yang crash

Mungkin Anda ingat ketika terakhir menginstal sebuah aplikasi lalu tiba-tiba Android Anda menjadi lambat bahkan bisa sampai hank, hal tersebut sering saya alami sendiri. Dan untuk mengatasinya bersihkan dulu cache dari aplikasi tersebut lalu hapus atau unsintal aplikasinya, setelah itu silahkan restart Android Anda, semoga masalah langsung teratasi.

Artikel Terkait: Cara yang benar menghapus cache dan menguninstal aplikasi Android.

3. Kartu memori terjangkit virus

Android merupakan perangkat keras yang lumayan mudah disusupi virus, apalagi kalau Anda sering mendownload dan menginstal aplikasi dari internet. Banyak sekali aplikasi yang beredar di internet yang sudah mengandung virus, dan biasanya karakter virus akan mencari ruang besar untuk menyebarkan penyakitnya, dalam hal ini kartu memori lah yang sering terjangkit virus.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan scaning virus dalam keadaan kartu memori terpasang di Android, atau agar lebih sempurna sebaiknya buka saja scan di komputer, setelah selesai silahkan pasangkan lagi dan semoga masalah langsung bisa terselesaikan.

4. Kartu memori eksternal rusak

Ini adalah masalah yang sangat umum, rusaknya kartu memori bisa menyebabkan Android tiba-tiba lemot, apalagi kalau hampir keseluruhan aplikasi terinstal di kartu memori eksternal, bahkan sekalipun tidak ada aplikasi yang terinstal di kartu memori, kalau kartu memorinya rusak tetap akan menyebabkan Android lemot. Untuk mengatasinya silahkan perbaiki atau ganti kartu memori dengan yang baru dan kualitasnya bagus.

5. Sistem Android error

Ini bukan tidak mungkin, bahkan sering terjadi terutama pada Android yang jarang di update, apabila sistem Android mengalami error akan menyebabkan kinerja Android terganggu dan lemot. Untuk mengatasinya Anda harus rela melakukan hard reset atau reset total agar sistem Android Anda kembali menginstal sistem bawaanya yang masih bagus.

Nah itulah 5 penyebab smartphone Android lemot dan cara mengatasinya. Kalau dengan cara di atas tidak mampu menyelesaikan masalah Anda, maka jalan terakhir adalah membawanya ke servis center atau ke tukang perbaiki HP terdekat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon