Jumat, Desember 01, 2017

Cara Mendaftarkan Blog ke Google, Bing dan Yandex Webmaster Tools

Cara mendaftarkan blog ke Google, Bing dan Yandex webmaster tools adalah pelengkap dari artikel cara membuat blog menggunakan blogspot untuk pemula yang menginginkan blog yang dibuatnya tersebut bisa muncul di pencarian internet. Karena dengan mendaftarkan blog ke tiga webmaster tool yang saya sebutkan berarti sama saja dengan mendaftarkan blog nya ke mesin pencari yang ada dsi internet.

Mendaftarkan blog ke webmaster merupakan syarat wajib yang harus dilakukan oleh setiap pemilik blog, karena selain itu merupakan cara agar blog cepat terindeks di setiap mesin pencari, juga berguna untuk mengontrol dan mengetahui baik buruknya kinerja blog tersebut.

Artikel Terkait: Cara agar judul postingan muncul di pencarian Google.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google, Bing dan Yandex

Baik langsung saja ke panduan lengkapnya cara mendaftarkan blog ke tiga webmaster tools paling populer yaitu Google, Bing dan Yandex.

#1. Cara mendaftarkan blog ke Google webmaster tools

Pertama-tama silahkan kunjungi Google Webmaster menggunakan browser pc atau hp Anda. Kalau dalam keadaan tidak sedang menggunakan akun Gmail, maka Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu.

Setelah berhasil Login, Anda akan langsung disuruh membuat sebuah properti, kalau Anda pertama kali menggunakan Google webmaster. Selanjutnya silahkan buat properti dan masukan url dari blog Anda. Ini harus lengkap dengan awalan http atau https tergantung jenis awalan yang digunakan oleh blog Anda.

Membuat properti baru di Google webmaster tools

Setelah selesai mengisi url dari blog yang mau Anda daftarkan, langkah selanjutnya mengklik tombol Tambah. Sampai disitu Anda sudah berhasil mendaftarkan blog ke Google webmaster.

Catatan penting: Kalau blog Anda masih menggunakan template bawaan blogger, maka di Google webmaster Anda tidak perlu lagi melakukan verifikasi dengan memasang kode verifikasi Google, karena sudah terverifikasi secara otomatis. Tapi kalau Anda sudah menggunakan template pihak ketiga atau template selain bawaan blogger, maka Anda diwajibkan untuk memverifikasi kepemilikan blog secara manual.

Yaitu dengan cara mengambil kode verifikasi kepemilikan situs atau blog lalu memasangkannya di template blog setelah kode <head> atau sebelum kode </body> lalu menyimpan setelan template dan selanjutnya mengklik tombol verifikasi yang ada di Google webmaster tools. Apabila sudah muncul tulisan berhasil berarti Anda sudah sukses mendaftrakan blog Anda ke Google webmaster Tools.

Apakah cukup sampai disitu? Belum, karena masih ada satu langkah lagi yaitu mengirim sitemap ke Google webmaster. Yang tujuannya adalah agar setiap kali Anda membuat postingan baru maka secara otomatis akan mengirim sinyal ke Google melalui sitemap tersebut. Dan selanjutnya Google akan memasukan setiap URL baru ke mesin indeksnya.

Untuk mengirim sitemap ke Google webmaster adalah dengan cara mengklik properti situs yang Anda buat tadi lalu klik tombol TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS yang berada di pojok kanan atas properti tersebut. Selanjutnya silahkan masukan sitemap dari situs blog Anda dengan format sitemap.xml pada kolom yang disediakan.

Cara mengirim sitemap ke google webmaster tools

Selanjutnya silahkan klik pada tombol kirim. Nah sampai disitu Anda sudah berhasil mendaftarkan blog dan mengirim sitemap ke Google webmaster.

Artikel Terkait: Panduan lengkap cara menggunakan Google webmaster tools.

#2. Cara mendaftarkan blog ke Bing webmaster tools

Mendaftar blog ke Bing webmaster hampir sama dengan mendaftarkan blog ke Google webmaster, hanya saja Anda harus memiliki sebuah akun microsoft.

Artikel Terkait: Cara membuat akun microsoft (Segera Hadir).

Pertama-tama silahkan login ke Bing webmaster tools menggunakan akun microsoft Anda. Setelah masuk ke beranda Bing webmaster, maka Anda akan langsung melihat kolom pengisian ADD SITE, silahkan isi dengan URL dari blog Anda dan selanjutnya klik tombol ADD.

Cara mendaftarkan blog ke Bing webmaster tools

Setelah mengklik tombol ADD, maka Anda akan disuruh memasang kode verifikasi situs dari Bing, silahkan pasang seperti kode verifikasi dari Google webmaster tools yaitu antara setelah kode <head> atau sebelum kode </body>. Setelah selesai memasang kode verifikasi Bing, selanjutnya silahkan klik tombol verifikasi dan kalau sudah muncul tulisan success berarti pendaftaran blog Anda sudah berhasil.

Selanjutnya sama seperti mendaftarkan blog ke Google, yaitu mengirim sitemap ke Bing webmaster, dan untuk format sitemapnya pun tidak beda tetap menggunakan sitemap.xml. Nah setelah mengirim sitemap ke Bing, biasanya tidak instan seperti Google, tapi akan pending dan menunggu 1 hari sampai 3 hari. Tapi yang jelas asal Anda sudah melakukan cara-cara yang saya sebutkan diatas, berarti Anda sudah berhasil mendaftarkan blog dan mengirim sitemap ke Bing webmaster tools.

#3. Cara mendaftarkan blog ke Yandex webmaster tools

Pertama-tama silahkan login ke Yandex webmaster tools menggunakan akun Google, akun facebook, akun twiitter atau menggunakan akun Yandex.

Artikel Terkait: Cara membuat akun Yandex (Segera Hadir).

Setelah masuk ke beranda Yandex webmaster silahkan klik tombol ADD Site.

Cara mendaftarkan blog ke Yandex webmaster tool

Lalu pada form selanjutnya silahkan masukan URL dari blog Anda. Kalau blog Anda menggunkan http, cukup masukan dari www.situs anda.com saja. kecuali kalau blog Anda menggunakan https, dalam mengisi form pendaftaran blog harus lengkap dengan https nya.

Cara menambahkan URL blog ke Yandex

Selanjutnya klik Add, maka Anda akan dibawa ke form baru yang menyuruh Anda untuk memasang kode verifikasi kepemilikan situs di Yandex. Caranya sama seperti di Google dan Bing, yaitu memasang kode tersebut di template blog setelah kode <head> atau sebelum kode </body>. Setelah selesai memasang kodenya, silahkan klik tombol check yang ada di form verifikasi kode Yandex.

Setelah berhasil selanjutnya adalah mengirim sitemap ke Yandex webmaster tools, caranya dengan mengklik menu Indexing yang ada di dashboard Yandex webmaster, lihat kebagian bawah ada tulisan Sitemap Files, klik tulisan tersebut dan isi kolom sitemap yang muncul.

Tapi cara mengirim sitemap ke Yandex webmaster agak sedikit berbeda dengan webmaster tool yang lain, yaitu harus menulis lengkap dari mulai awalan URL blog, sebagai contoh "https:// www . contoh .blogpsot .com/sitemap.xml"

Cara mengirim sitemap ke yandex webmaster tools

Nah sampai langkah tersebut, berarti Anda sudah berhasil mendaftarkan blog dan mengirim sitemap ke Yandex webmaster tools.

Saya rasa cukup jelas pembahasan tentang cara mendaftarkan blog ke Google, Bing dan Yandex webmaster tools yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kalau ada yang kurang Anda mengerti silahkan layangkan pertanyaan lewat kolom komentar yang disediakan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon