Selasa, November 28, 2017

3 Pilar SEO Yang Harus Diketahui Khusus Pemula

Ketika seseorang memutuskan untuk membuat sebuah website atau Blog, tentu memiliki harapan kalau website atau blognya tersebut menjadi terkenal dan menjadi yang terbaik di pencarian internet. Dan untuk mencapai semua itu, jalan yang mereka tempuh adalah SEO atau Search Engine Optimization. Semua orang percaya kalau SEO adalah langkah paling strategis dan juga gratis yang bisa mengantarkan sebuah website atau blog ke puncak kepopuleran.

Artikel Terkait: Cara mendapatkan peringkat terbaik di Google terbukti berhasil.

3 Pilar penting dalam SEO yang harus diketahui

Tapi tahukan Anda, sebelum masuk ke seluk beluk aturan atau strategi spesifik yang digunakan saat Anda melakukan SEO, Anda harus memahami dulu 3 pilar pentingnya dulu. Kalau kita kembali ke awal algoritma penelusuran mesin pencari Google, Anda pasti ingat dengan yang disebut PageRank. Karena PageRank adalah algoritma asli mesin pencari Google yang dibangun pertama kali.

Dulu para pelaku SEO berlomba-lomba meningkatkan PageRank, mereka membuat puluhan bahkan ratusan situs hanya untuk memberikan link balik ke website atau blognya tersebut, karena mereka percaya kalau semakin banyak link yang menuju ke website nya akan cepat meningkatkan PageRank. Teknik yang mereka gunakan hanya sebatas meningkatkan relevansi link saja. Dengan begitu sudah bisa berhasil mencapai apa yang mereka inginkan.

Tapi hari ini beda dengan beberapa tahun kebelakang. Bukan berarti relevansi link sudah tidak berlaku, justru penilaian Google terhadap sebuah situs tetap mengacu pada link relevan, walau beberapa kali Google mengelak tapi fakta yang berlaku tetap seperti itu. Google menggunakan sebuah teknologi LSI (Latent Semantic Indexing) untuk keragaman kata kunci dan akan menunjukan situs-situs yang memiliki kepadatan link paling relevan.

Saya sangat yakin, siapapun Anda yang membaca keterangan diatas akan mulai berpikir kalau ternyata yang disebut PageRank itu masih ada, hanya saja disembunyikan dengan metode yang berebeda. Kita perlu melakukan hal yang lebih cerdas dalam membangun link relevan agar website atau blognya mendapat kepercayaan dari mesin pencari untuk menjadi rujukan LSI tersebut.

Nah untuk memulai semua itu Anda wajib tahu 3 pilar penting sebagai dasar atau fondasinya. Anda harus yakin, kalau 2013 dimana Google mengukur situs berdasarkan PageRank, hari inipun tetap seperti itu, walau peraturannya dibuat seolah berbeda, tapi pilarnya tetap sama. Dan berikut ini adalah 3 pilar penting dalam SEO yang wajib Anda ketahui:

3 Pilar SEO

1. Otoritas
Otoritas berkaitan erat dengan kualitas dan jumlah link relevan yang dibangun dari waktu ke waktu. Semakin banyak otoritas yang dimiliki oleh sebuah situs web maka akan semakin banyak link yang bisa diteruskan ke websitenya tersebut. Untuk mengukur otoritas sebuah website atau blog Anda bisa menggunakan sebuah alat seperti MozBar dan lain-lain. Semakin tinggi otoritas dari sebuah website atau blog, maka dialah yang akan medominasi mesin pencarian.

Apakah teknik curang untuk menaikan tingkat otoritas sebuah link masih ada? Saya tidak bermaksud menyuruh Anda melakukan itu, saya hanya ingin mengatakan kalau teknik seperti itu masih ada. Bahkan dilakukan bukan hanya oleh situs-situs kecil, tapi ribuan situs besar tetap melakukan hal itu untuk memenagkan otoritas dari mesin pencari.

Kalau anda tidak percaya, silahkan ketik kata kunci "Rules for Dominating Online Search Results" di pencarian Google, lalu lihat apa yang Anda temukan?

Teknik meningkatkan otoritas situs

Saya tidak dapat menampilkan semua situs yang mendongkrak otoritas dari contoh yang ada pada gambar diatas, silahkan Anda telusuri sendiri lalu klik semua tautan yang ada dibawah situs target. Dan kalau mau silahkan lakukan cara seperti itu untuk meningkatkan otoritas situs Anda.

2. Konten
Sudah jelas kalau pilar SEO salah satunya dan bisa dibilang paling penting adalah konten. Tanpa memiliki konten yang cukup, Anda tidak mungkin bisa berbuat banyak. Semakin banyak konten yang berkualitas maka akan semakin mudah dalam membangun otoritas link, mereka tidak akan protes dengan cara-cara Anda dalam membangun otoritas walaupun dengan langkah curang.

Bahkan mereka belum tentu sadar kalau situs yang mereka kunjungi hanya sebatas link rujukan. Karena ketika mereka mengklik link tersebut akan menemukan konten yang sesungguhnya yang menurut mereka sangat bermanfaat.

Artikel Terkait: Apa itu konten SEO, Panduan cara membuat konten SEO untuk pemula.

3. Umur pengindeksan
Pilar ketiga atau yang terakhir dari SEO adalah umur indeks untuk sebuah konten dan link. Pemeringkatan sebuah halaman posting tidak langsung bagus pada awal-awal konten tersebut diterbitkan. Anda perlu melakukan rekam jejak mengenai link atau tautan yang bisa mengarah ke konten tersebut, setelah itu harus ada upaya untuk memaksimalkannya.

Makanya Anda jangan heran kalau tiba-tiba banyak konten lama yang muncul di pencarian internet paling atas, karena para pelaku SEO akan terus melakukan perbaikan berdasarkan tautan terbanyak yang mengarah ke konten tersebut. Dan kalau hari ini Anda membuat konten tapi tidak muncul dengan kata kunci yang anda targetkan lalu anda mengatakan gagal, itu karena Anda tidak tahu tentang pilar penting dari SEO.

SEO itu tidak bisa lepas dari 3 pilar penting yang saya sebutkan diatas yaitu otoritas, konten dan umur indeks, lalu akan memulai dari umur indeks, konten dan otoritas. Kalau Anda sudah mengerti dan memahami tentang apa yang saya maksud dengan 3 pilar penting dari SEO, maka Anda boleh memulai melakukan SEO dari saat ini juga.

Nah itulah 3 pilar penting dari SEO yang wajib diketahui terutama oleh pemula sebelum memutuskan untuk menggunakan SEO sebagai strategi spesifik dalam meningkatkan popularitas website atau blognya. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon