Selasa, November 28, 2017

Fungsi Cara Kerja dan Kegunaan Optocoupler

Sebagai seorang teknisi elektronik tentu mengenal komponen penting dalam rangkaian elektronik yang disebut Optocoupler. Tapi belum tentu semua teknisi paham betul tentang apa yang disebut Optocoupler. Oleh sebab itu dalam artikel ini saya akan membahas secara rinci tentang apa itu Optocoupler, cara kerjanya seperti apa, fungsi dan kegunaan Optocoupler untuk apa saja.


Apa itu Optocoupler?

Optocoupler, atau disebut juga sebagai Opto-isolator atau Photo-coupler, adalah komponen elektronik yang menghubungkan dua rangkaian listrik terpisah dengan menggunakan antarmuka optik atau cahaya lampu IMPRA LED yang dibungkus dengan piranti elektronik menyerupai IC.

Cara kerja Optocoupler

Cara kerja dari Optocoupler tidak ada beda dengan sebuah transformator (Trafo), yaitu ada bagian primer dan ada bagian skunder, dimana bagian skunder ditentukan oleh bagian primer. Ini yang dimaksud dengan menghubungkan dua rangkaian elektronik terpisah. Kalau trafo menggunakan piranti besi sebagai induksi agar bagian skunder mengeluarka arus sesuai yang ditentukan oleh bagian primer. Sementara Optocoupler menggunakan besaran cahaya Impra LED yang memberi sinyal terhadap basis Phototransistor.

Sebagai contoh apabila arus yang mengalir dari anoda impra LED adalah sebesar 12 volt yang katodanya di groundkan, dan kaki kolektor dari phototransistor dialiri arus 12 volt maka di kaki emitor phototransistor akan mengalir juga tegangan 12 volt. Itu hanya perumpamaan cara kerja saja, karena pada dasarnya Optocoupler bisa digunakan menghantarkan sinyal selain muatan DC sintesis.

Kegunaan dari Optocoupler

Dalam rangkaian elektronik kebanyakan Optocoupler digunakan untuk pengatur regulator dan saklar listrik dari dua rangkaian terpisah, yang tujuannya agar tidak ada kontak langsung antara bagian primer dengan skunder. Anda pasti sering menemukan sebuah Optocoupler yang bagian primer berada diluar daerah AC sementara bagian skundernya berada dibagian dibagian daerah AC.

Yang lebih jelasnya kegunakan dari optocoupler adalah membuat induksi menggunakan besaran cahaya agar phototransistor bekerja sebagaimana sebuah transistor.

Mungkin itu saja penjelasan singkat tentang apa itu Optocoupler, cara kerja dan kegunaan dari optocoupler. Apabila ada yang merasa kurang jelas, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar yang disediakan. Terima kasih sudah membaca dan semoga ada manfaatnya.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon