Senin, November 20, 2017

10 Cara Meningkatkan Trafik ke Situs Blog Anda Terbukti Ampuh

Silahkan Anda bertanya kepada semua pemilik situs atau blog yang selalu sepi pengunjung tentang apa yang paling mereka inginkan. Pasti jawaban mereka adalah: Saya ingin tau bagaimana cara meningkatkan trafik blog, agar blog saya tidak sepi lagi. Lalu tanya lagi, memangnya apa yang akan terjadi apabila blog memiliki banyak pengunjung? Sudah pasti bisnis yang sedang saya jalankan akan lancar. Karena yang menentukan keberhasilan sebuah blog baik dalam menjalankan bisnis maupun menjalankan media perikalanan seperti Google Adsense, adalah kalau situs tersebut sudah memiliki trafik yang tinggi.

Ada banyak cara meningkatkan trafik atau pengunjung ke sebuah Blog. Namun masih banyak yang belum tau tentang apa yang harus dilakukannya, termasuk Anda tentunya. Tapi tunggu jangan putus asa dulu, karena pada artikel ini saya akan menjelaskan kepada Anda tentang 10 cara ampuh untuk meningkatkan trafik blog yang mencakup 2 hal, yaitu cara berbayar dan juga cara yang gratis.

Cara Meningkatkan Trafik ke Situs Blog

1. Menggunakan jasa periklanan

Saya yakin banyak yang setuju kalau salah satu cara meningkatkan trafik blog adalah dengan menggunakan jasa periklanan. Karena jika Anda menggunakan layanan periklanan, entah itu iklan mesin pencari atau layanan periklanan di media sosial. Keduanya memiliki potensi yang sama akan mendatangkan banyak trafik ke blog anda.

Kalau anda beriklan di mesin pencarian maka situs Anda akan ditampilkan terlebih dahulu sebelum situs yang tidak menggunakan layanan periklanan, dan kalau Anda beriklan di media sosial maka situs Anda akan di iklankan ke berbagai pengguna yang sesuai dengan target ataun niche Blog Anda.

Artikel Terkait: Cara memilih niche yang bagus dan tepat untuk Blog.

Untuk beriklan di mesin pencarian Anda bisa menggunakan layanan iklan Google Adwords., dan untuk beriklan di media sosial Anda bisa menggunakan iklan Facebook atau yang biasa disebut FB Ads.

Karena setiap layanan periklanan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, Anda harus pintar memilih layanan mana yang akan Anda gunakan. Dengan catatan, kalau Anda menggunakan jasa periklanan untuk meningkatkan trafik, biayanya sangat mahal, tapi ... jika anda pintar memilih, maka hasilnya akan sepadan dengan modal yang dikeluarkan.

2. Dapatkan trafik dari media sosial

Jika Anda ingin mendapatkan banyak trafik dari media sosial, menurut saya ini lebih banyak cara gratisnya daripada cara yang berbayar. Dan untuk satu cara ini tidak perlu membuat konten yang terlalu di optimisasi. Karena anda bisa menawarkan konten secara langsung kepada calon pembaca, dengan syarat anda harus proaktif mengikuti keinginan mereka.

Baca juga: Sumber trafik non organik untuk meningkatkan visitor Blog.

Ada 3 media sosial yang paling diminati oleh pemilik situs untuk meningkatkan trafik, yakni Google+, Facebook, dan Twitter. Dan dari tiga media sosial yang saya sebutkan, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Misalnya, jika Anda rajin berbagi di Google+ dan Facebook, ini akan membantu situs Anda untuk tampil di penelusuran web juga.

Artikel Terkait: Cara mendapatkan trafik non organik dari Google +, Facebook, Twitter dan Pinterest.

3. Gunakan judul artikel yang menarik perhatian

Tanpa judul yang menarik, isi konten yang panjang dan kaya makna belum tentu bisa memancing pengunjung untuk masuk ke situs Anda. Tunggu jangan protes dulu, anda akan mengatakan kalau yang mendominasi search engine adalah konten yang memiliki cukup kata. Itu benar, tapi .... apakah minat calon pengunjung akan kuat jika judul artikel yang muncul kurang menarik perhatian?

Apalagi jika Anda akan menggunakan media sosial sebagai tempat promosi, mereka akan lebih tertarik untuk mengklik judul link yang menarik. Anda harus sering melihat situs besar dalam membuat judul konten, tentunya Anda sendiri yang sebagai pencipta akan tertarik membacanya.

4. Maksimalkan SEO on-page

Jangan dulu berpikir bahwa SEO sudah mati. Tolong pertimbangkan, apa yang paling sering ditampilkan oleh mesin pencari dari halaman postingan Anda? Terkadang hanya gambar, terkadang lebih sering meta deskripsi, terkadang juga artikel yang berhubungan dengan judul. Jadi jangan sampai Anda lupakan atau sengaja menghilangkannya dari setiap postingan. Sampai saat ini, mesin pencari masih mengandalkan gambar yang relevan, deskripsi singkat dan jelas, serta artikel terkait yang relevan dengan konten.

Lupakan hal seperti menyebarkan kata kunci di mana-mana, ini adalah cara yang tidak praktis untuk diterapkan saat ini. Jika Anda punya ide untuk membuat banyak kata kunci, mengapa tidak Anda cukup membuat banyak judul daripada harus menyebarkan kata kunci di setiap paragraf? Ini justru akan memperburuk arti isi dari konten yang sebenarnya.

Artikel Terkait: SEO: Search Engine Optimization dan panduan lengkapnya.

5. Gunakan kata kunci ekor panjang

Semua ahli SEO akan setuju jika trafik yang paling banyak berkontribusi dari search engine adalah dari artikel yang menggunakan kata kunci ekor panjang. Apalagi jika Anda tidak tertarik menggunakan jasa periklanan mesin telusur. Karena kata kunci pendek lebih didominasi oleh situs yang menggunakan layanan periklanan.

Wajib Baca: Cara lengkap untuk riset kata kunci terbukti ampuh.

6. Dapatkan trafik dari Guest Blogging

Guest Blogging atau mengunjungi dan mengomentari situs yang topiknya serupa atau sama dengan topik yang dibahas di situs Anda masih merupakan salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan trafik Blog. Meski cara ini cukup melelahkan, dan belum tentu kunjungan anda bisa mendapatkan kunjungan balik, tapi saya harus jujur kalau 20% trafik ke Blog saya didapat dengan cara Guest Blogging.

Tapi ingat, Anda harus tahu etika dalam melakukan Guest Blogging. Jangan pernah berkomentar yang menyimpang dari topik yang ada, apalagi kalau dengan sengaja meninggalkan link aktif. Bukan kunjungan kembali yang akan dapat, justru sebaliknya, komentar dan situs anda akan dianggap spam oleh pemilik situs yang anda kunjungi.

7. Undang orang lain untuk mengunjungi situs Anda

Anda seharusnya tidak merasa malu, ketika Anda selesai berkomentar atau saat Anda bergaul dengan banyak orang di media sosial, jika Anda melihat topik jika topik yang tepat ada di situs Anda, katakan kepada mereka, "tolong kunjungi situs saya untuk menjawab masalah ini. " Saya sangat yakin jika lebih banyak orang akan tertarik untuk mengikuti undangan Anda daripada yang bersikap acuh tak acuh.

Jika Anda tidak mampu menyuruh orang lain untuk mempromosikan barang dagangan Anda (dengan beriklan), maka Anda sendiri harus berteriak menjajakan barang dagangan Anda.

8. Perbaiki struktur data situs anda

Jangan meremehkan masalah struktur data, karena mereka terkait erat dengan engine crawlers. Anda mungkin mengatakan hal terbesar tentang cara membuat konten untuk mendapatkan banyak trafik, namun jangan berharap banyak, masuk ke indeks dan muncul di penelusuran jika ada masalah dengan struktur data situs Anda.

Untuk mengecek dan memperbaiki struktur data, silahkan kunjungi: https://search.google.com/structured-data/testing-tool?hl=id .

9. Pastikan Situs Anda Responsif

Sebaiknya Anda tahu, jika pengguna PC desktop sangat kecil bila dibandingkan dengan pengguna ponsel, memastikan situs Anda sudah responsif itu sangat penting. Karena mereka akan menyesal dan tidak mau kembali jika situs Anda tidak nyaman di akses oleh perangkat mobile.

Jadi dalam membuat situs atau blog pastikan menggunakan template yang full responsif jika diakses via desktop dan juga mobile. Di internet, banyak yang menawarkan pilihan template berbayar dan juga gratis yang sudah full responsif. Anda bisa memilih diri sendiri, dan semuanya hampir tidak ada yang jelek.

Bahkan untuk pengguna platform blogger sekarang tidak perlu repot mencari template yang responsif. Karena para pengembang blogger telah menyediakan beberapa pilihan template yang menarik dan juga telah disesuaikan baik untuk desktop maupun mobile.

10. Prioritaskan kecepatan situs

Di beberapa negara, kecepatan internet tidak begitu bagus. Bahkan Google memprediksi pengguna internet dengan kecepatan 3G (lebih lambat) akan berlaku hingga 2021. Untuk itu jangan sampai calon pengunjung ke situs Anda pergi karena terlalu lama memuat konten halaman, kecepatan situs harus diprioritaskan.

Artikel Terkait: Cara meningkatkan kecepatan loading blog.

Nah sekarang saya ingin bertanya, dari 10 cara untuk meningkatkan trafik blog yang saya jelaskan diatas, apa yang telah anda lakukan? dua cara? tiga cara? atau belum sama sekali? segera laksanakan semua saran saya, dan tunggu beberapa waktu ke depan, situs anda akan dibanjiri banyak pengunjung dari berbagai penjuru. Terimakasih telah membaca, dan semoga aktivitas blogging anda selalu menyenangkan

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon